Strategi Public Relations dengan Komunikasi Interpersonal Mengenai Minat Belajar Anak

Aulia Maulida, Sigit Pramono Hadi

Abstract


Abstract. Shinkenjuku tutoring is a mathematics tutoring using learning methods from Japan. The tutoring, which has been under the banner of PT Benesse Indonesia since the end of 2014, carries the slogan "Understanding is Fun". This study aims to find out how the Public Relations Strategy with Interpersonal Communication regarding children's learning interests at shinkenjuku Bintaro sector 9 Tangerang. This research is included in qualitative research with the type of research used is eksplanative and the object of research is the interpersonal communication of the tutor to students to describe the communication process that is intertwined in order to increase children's learning interest. The research method uses a qualitative approach. Data collection techniques used were observation, in-depth interviews, and using documentation related to 1 main tutor who was a key informant, and 4 freelance tutors as informants. Data were analyzed using Credibility theory with the dimensions of Competence, Attitude, Objectives, Personality, and Dynamics. Based on the results of research data obtained by researchers through interviews with key informants and informants, the results of this study indicate that Interpersonal communication carried out on the competency dimension is to increase the credibility of tutors and children's learning interest and the trust of parents.

Keywords: Competency Dimensions, Interpersonal Communication, Public Relations Strategies.

Abstrak. 

Bimbingan belajar shinkenjuku adalah bimbingan belajar matematika menggunakan metode pembelajaran dari Negara Jepang. Bimbingan belajar yang berada di bawah naungan PT Benesse Indonesia sejak akhir tahun 2014 ini mengusung slogan “Mengerti itu Menyenangkanâ€. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi Public Relations dengan Komunikasi Interpersonal mengenai minat belajar anak di shinkenjuku Bintaro sektor 9 Tangerang. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatif dan objek penelitiannya adalah komunikasi interpersonal tutor kepada murid untuk menggambarkan proses komunikasi yang terjalin agar meningkatkan minat belajar anak. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan menggunakan dokumentasi terkait dengan 1 tutor utama yang menjadi key informan, dan 4 orang tutor freelance menjadi informan. Data dianalisis dengan menggunakan teori Kredibilitas dengan dimensi Kompetensi, Sikap, Tujuan, Kepribadian, dan Dinamika. Berdasarkan dari hasil data penelitian yang diperoleh peneliti melalui wawancara kepada key informan dan informan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi Interpersonal yang dilakukan pada dimensi kompetensi adalah untuk meningkatkan kredibilitas para tutor dan minat belajar anak serta kepercayaan dari orang tua.

Kata Kunci : Dimensi Kompetensi, Komunikasi Interpersonal, Strategi Public Relations.


Keywords


Kata Kunci : Dimensi Kompetensi, Komunikasi Interpersonal, Strategi Public Relations.

Full Text:

PDF

References


Agus M. Hardjana. (2003). Komunikasi Intrapersonal dan Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Cangara, H. H. (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Frank Jefkins. (2005). Public Relations. Jakarta: Erlangga.

H. Syaiful Rohim, M. S. (2009). Teori Komunikasi Perspekif, Ragam, dan Aplikasi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Prof. Dr. Soleh Soemirat, M. D. (2006). Dasar-Dasar Public Relations. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Ruslan Rosady. (2003). Medote Penelitian PR dan Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wiryanto. (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Wacana Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi.

(https://shinkenjuku.co.id/apa-itu-shinkenjuku/)

(https://shinkenjuku.co.id/top-message/)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.27264

Flag Counter   Â