Peran Produser Dalam Produksi Program Televisi Dokumenter “Home of Nusantaraâ€

Anjar Hardy Laksana, Suhendra Atmaja

Abstract


Abstract. For many various program on television, a documentary has become less attractive to Indonesian community, this has been displaced by various other programs which produced by television stations in Indonesia. Eventhough the market needs various programs that can educate and incrase awareness of the potential of their people. Therefore, the work’s creator want to presentan informative program at once to be instructive for viewers. This program is a social-cultural documentary program about the natural wealth and cultural diversity of Indonesia.This program is entitled “Home Of Nusantaraâ€, which is a program that shows a variety of benefical shows for all ages in which have a variety of natural potential and local wisdom of the Indonesia nation. This program will be aired with a total duration of 30 minutes. The program “Home Of Nusantara†will be aired once a week every Sunday at 20.00 WIB in Kompas TV. The creator of the work has consideration of hoosing the time and placing the program on Kompas TV station. This is because Kompas TV has a psychographic characteristic of the audience the matches the target audience of “Home Of Nusantaraâ€. In the creation of this work, the creator acts as a producer, which has the role of managing production, and implementing good, efficient, and on target production management. In addition, the role of the producer in this work is in charge of the entire production process, including looking for ideas to produce, supervising during production, and the finalization after production. The work’s creator optimism that program “Home Of Nusantara†can be alternative program that can provide information and provide motivation for Indonesian people.

Keywords: Television, TV Programme, Producer’s Work, Documentary, Indonesian Potential. 

Abstrak. Dari sekian banyak Program acara di televisi, dokumenter mulai sedikit diminati oleh masyarakat Indonesia, tergeser program-program acara lain oleh stasiun televisi di Indonesia. Padahal masyarakat membutuhkan berbagai program yang mampu mengedukasi dan meningkatkan kesadaran akan potensi bangsanya sendiri. Oleh karena itu, Pencipta karya ingin menyajikan sebuah program yang informatif sekaligus edukatif bagi pemirsa. Program ini merupakan program dokumenter sosial budaya tentang kekayaan alam dan ragam budaya Indonesia. Program ini berjudul “Home Of Nusantara†,yaitu sebuah program yang menampilkan tayangan-tayangan bermanfaat bagi semua umur yang didalamnya berisikan berbagai potensi alam, kearifan lokal bangsa Indonesia. Program ini akan ditayangkan dengan total durasi 30 menit. Program acara “Home Of Nusantara†ditayangkan satu minggu sekali setiap hari Minggu pukul 20.00 WIB, di stasiun televisi Kompas TV. Pencipta karya memiliki pertimbangan memilih waktu dan menempatkan program pada stasiun Kompas TV. Hal ini dikarenakan Kompas TV memiliki karakteristik psikografis pemirsa yang sesuai dengan target audience “Home Of Nusantaraâ€. Dalam penciptaan karya ini, pencipta karya berperan sebagai produser, dimana memiliki peran untuk memanajemen produksi, dan menerapkan manajemen produksi yang baik, efisien, dan tepat sasaran. Selain itu, peran produser dalam karya ini bertanggung jawab atas seluruh proses produksi, termasuk saat mencari ide untuk di produksi, mengawasi pada saat produksi, dan tahap finalisasi setelah produksi. Dalam penciptaan karya ini, pencipta karya berharap, program “Home Of Nusantara†ini dapat menjadi alternatif pilihan program yang dapat memberikan informasi sekaligus dapat memberikan motivasi bagi masyarakat Indonesia.

Kata Kunci: Televisi, Program TV, Peran Produser, Dokumenter, Potensi Indonesia.


Keywords


Televisi, Program TV, Peran Produser, Dokumenter, Potensi Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Alwie, rahayu deny danar dan alvi furwanti, Prasetio, A. B., & Andespa, R. (2010). PROGRAM DOKUMENTER TELEVISI “PANTI SOSIAL KARYA WANITA.†Jurnal Ekonomi Volume 18, Nomor 1 Maret201, 2(1), 41–49.

Ayu. (2018). Milik Indonesia yang Diakui Negara Lain. Era.Id. https://www.era.id/read/KmUlkq-milik-indonesia-yang-diakui-negara-lain

Bachri, S. (2018). Sebuah Program Dokumenter Sosial Budaya “Telenesia.â€

Bawazir, N. (2017). Buruknya Konten Acara dalam Program Siaran Televisi Pada Zaman Sekarang Ini. Www.Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/emmabawazier/596f48e44fc4aa0904432382/buruknya-konten-acara-dalam-program-siaran-televisi-pada-zaman-sekarang-ini?page=allhttps://www.kompasiana.com/emmabawazier/596f48e44fc4aa0904432382/buruknya-konten-acara-dalam-program-siara

Dewi, D. S., & Adi, A. E. (2016). Perancangan Program Televisi Feature Tentang Produk Ramah Lingkungan Di Bandung. E-Proceeding of Art & Design, 3(3), 415–422.

Fachruddin, A. (2010). Dasar-Dasar Produksi Televisi, Produksi Berita, Feature, Laporan Investigasi, Dokumenter dan Teknik Editing. Kencana.

Kuswita, H. (2014). Perencanaan Dan Produksi Program Televisi Pendidikan Di Televisi Edukasi. Komunikologi, 11(2), 85–95.

Nizomi, K. (2018). LITERASI MEDIA (Analisis Isi Terhadap Tayangan Televisi Pesbukers). JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi), Vol.3 No.1(1), 85–102.

Tambunan, J. (2015). Indonesia Kaya Akan Sumber Daya Alam Namun Miskin Sumber Daya Manusia. Www.Fwatcher.Fwi.or.Id. http://fwatcher.fwi.or.id/indonesia-kaya-akan-sumber-daya-alam-namun-miskin-sumber-daya-manusia/

Timotius. (2014). Apa Beda Kata “House†dan “Home� Inggrisku.Net. http://inggrisku.net/2014/08/apa-beda-kata-house-dan-home/#.XvGZqygzbIV

Tristania R.A.P. (2015). MEDIA EXPOSURE ON THE PEOPLE OF INDONESIA-MALAYSIA BORDER REGION. 16(2), 88–101.

Tsabit M, dkk, V. B. N. K. F. S. A. S. (2018). Penerapan Proses Kerja Dalam Penyiaran Media Televisi. Jurnal Abdimas Bsi, 1(3), 5. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala/article/viewFile/4893/2929

Widyantoko, Y. E., Setiabudi, D., & Winata, I. N. (2014). Video Dokumenter Televisi “Koboy Melukis Pusaka Jawa.†Interaksi Online; Vol 2, No 1: Januari 2014. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/4392

Zoebazary, I. (2010). Kamus Istilah Televisi & Film. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Zulkifli, M., Pradekso, T., & Widagdo, M. B. (2013). PRODUKSI PROGRAM ACARA “MUSICAHOLIC†EDISI SPESIAL TALK SHOW METAL SEBAGAI PRODUCER. Interaksi Online; Vol 1, No 4: Oktober 2013. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/3600




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.27253

Flag Counter   Â