Peran Produser “Indika Pagi†di Indika FM Jakarta untuk Mempertahankan Minat Pendengar

Rai Galih Djabar, Medo Maulianza

Abstract


Abstract. This research was conducted to determine the role of a producer in maintaining the interest of listeners in the midst of the development of digital platforms for listening to music that exist today. In this study, researchers used a qualitative research approach and data collection techniques for this study using in-depth interviews. Interviews were conducted with 3 informants, namely Producer as key informant, Program Director as informant 1 (one), and Broadcasters as Informant 2 (two). The results of this study indicate that the role of the producer in maintaining the listeners' interest is very important. A producer must exchange ideas or ideas with the existing team. Brainstorming is done to determine a theme that will be discussed every day so that it remains updated, because in addition to listening to radio music, it must also provide updated information and also interesting segments so that listeners are not bored or bored because it is in accordance with the Indika FM format, namely music and talk.
Keywords: Role of Producer, Indika FM, Maintaining Listener's Interest, Radio

Abstrak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran seorang Produser dalam mempertahankan minat pendengar di tengah perkembagan digital platform untuk mendengarkan musik yang ada pada saat ini. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan data untuk penelitian ini menggunakan dilakukan dengan wawancara yang mendalam.  Wawancara dilakukan dengan 3 informan yaitu Produser sebagai key informan, Program Director sebagai informan 1 (satu), dan Penyiar sebagai Informan 2 (dua).  Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa peran Produser dalam mempertahakan minat pendegar sangatlah penting. Seorang produser harus melakukan tukar pikiran atau ide dengan tim yang ada. Tukar pikiran dilakukan untuk menentukan tema yang akan dibahas setiap harinya sehingga tetap update, karena selain untuk mendengarkan musik radio juga harus memberikan info ter update dan juga segment segment yang menarik agar pendengar tidak jenuh atau bosan karena sesuai dengan format Indika FM yaitu music and talk.

Kata Kunci: Peran Produser, Indika FM, Mempertahankan Minat Pendengar, Radio


Keywords


Peran Produser, Indika FM, Mempertahankan Minat Pendengar, Radio

Full Text:

PDF

References


Ardianto, E., & Lukiati, K. (2004). Komunikasi Massa : Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Ardianto, K., & Siti, K. (2007). Komunikasi Massa. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Iskandar. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gaung Persada Press.

Krisyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: PT.Kencana Perdana.

M.Romli, & Syamsul, A. (2009). Dasar-Dasar Siaran Radio. Bandung: Nuansa.

McLeish, R. (2005). Radio Production. Oxford: Focal Press.

Morissan. (2005). Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio dan Televisi. Jakarta: Ramdina Prakasa.

Morissan. (2009). Teori Komunikasi Organisasi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Morrisan. (2008). Manajemen Media Penyiaran (Strategi Mengelola radio&televisi). Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Ningrum, F. (2007). Sukses Menjadi Penyiar, Scriptwritter, & Reporter. Jakarta: Penebar Plus.

Poerwandari, E. K. (2007). Pendekatan Kualitatif dalam penelitian psikologi. Jakarta: LPSP3 Universitas Indonesia.

Rachmat, J. (2003). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Romli. (2009). Dasar-dasar siaran radio. Bandung: Nuansa.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Tambaruka, A. (2012). Agenda Seting Media Massa. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Triartanto, & A. Ius Yudo. (2010). Broadcasting Radio: Panduan Radio dan Praktek. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Wibowo, F. (2012). Teknik Produksi Program Radio Siaran. Yogyakarta: Grasia Book Publisher.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.27241

Flag Counter   Â