Pengaruh Dian Sastro sebagai Celebrity Endorser terhadap Brand Image Samsung Galaxy S10

Indra Narapersada, Muhammad Darwinsyah

Abstract


Abstract. There are many options that companies choose in order to communicate with their publics, one of the options chosen by companies is advertising. One way for a brand to introduce its products and quickly respond to consumers by making a celebrity as an advertisement star on their products. This study aims to determine the effect of a celebrity endorser on brand image. The research methodology used is descriptive research with a quantitative approach. The population in this study were STIKOM Interstudi students who had seen the Samsung Indonesia Youtube advertisement for the Galaxy S10: The Power of Sharing version. The sampling technique in this study used purposive sampling method. Respondents in this study were 78 students. Data were collected using a questionnaire. The data analysis technique uses the SPSS application. This study found that the five dimensions of Celebrity Endorse namely Trustworthiness, Expertise, Respect and Similarity have a significant influence on Brand Image. And there are two most influential dimensions, namely similarity and trustworthiness which have the most significant influence on the Samsung Galaxy S10 brand image.

Keywords: Endorse, Celebrity Endorser, Brand Image, Youtube Ads

Abstrak.  Ada banyak pilihan yang dipilih oleh perusahaan agar bisa berkomunikasi dengan publiknya, salah satu pilihan yang dipilih oleh perusahaan ialah dengan kegiatan beriklan. Salah satu cara sebuah brand untuk memperkenalkan produknya dan cepat direspon konsumen dengan menjadikan seorang selebriti sebagai bintang iklan pada produknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara seorang celebrity endorser terhadap brand image. Metodelogi penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa STIKOM Interstudi yang pernah melihat iklan Youtube Samsung Indonesia versi Galaxy S10: The Power of Sharing. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Responden dalam penelitian ini sebanyak 78 orang Mahasiswa. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan aplikasi SPSS. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa dari kelima dimensi Celebrity Endorse yaitu Trustworthiness, Expertise, Respect dan Similarity memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Citra Merek. Serta terdapat dua dimensi yang paling berpengaruh yaitu similarity dan trustworthiness yang mempunyai pengaruh paling signifikan terhadap citra merek Samsung Galaxy S10.

Kata kunci: Endorse, Celebrity Endorser, Brand Image, Iklan Youtube


Keywords


Endorse, Celebrity Endorser, Brand Image, Iklan Youtube

Full Text:

PDF

References


Aaker. (2014). Citra Merek Sebuah Brand. www.hestanto.web.id/citra-merek-sebuah-brand/

Belch, G., & Belch, M. (2009). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspevtive. McGraw Hill.

Bungin, B. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif. Kencana.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 (7th ed.). Universitas Diponegoro.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management - 14/E, Harlow (Pearson Ed).

Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Erlangga.

Lamitasari, D. (2011). Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Respon Konsumen. In Studi Pada Iklan TV Samsung Versi Dian Sastro dan Nicholas Saputra. Universitas Indonesia.

Mukherjee, D. (2009). “Impact of Celebrity Endorsement on Brand Image.†Social Science Research Network Electronic Paper Collection. http://ssrn.com/abstract=1444814

Mursid, M. (2010). Manajemen Pemasaran. PT. Bumi Aksara.

Prabowo, A. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Brand Trust, Brand image, dan Kepuasan Pelanggan terhadap Brand Royalty pada Air Minum Aqua. In Studi kasus Pada Konsumen Air Mineral Aqua di Wilayah Tangerang Selatan. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Ridwan. (2005). Metode Teknik Manajemen Tesis. CV Alfabeta.

Royan, F. (2005). Marketing Celebrities. PT. Elex Media Komputindo.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2009). Consumer Behavior International Edition (7th ed.). Prentice Hall.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2010). Consumer Behavior.

Shimp, T. A. (2007). Integrated Marketing Communication in Advertising & Promotion (Internatio). McGraw Hill.

Singarimbun, M., & Effendi, S. (2012). Metode Penelitian Survei.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Bisnis Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.

Suhandang, K. (2005). Periklanan: Manajemen, Kiat dan Strategi. Nuansa.

Supranto, J., & Limakrisna. (2007). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Untuk Memenangkan Persaingan Bisnis. Mitra Wacana Media.

Tjiptono, F. (2015). Brand Management & Strategy. Andi.

Wijaya, A., & Sugiharto, S. (2015). Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Pemasaran, 9(1):16-22.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.27234

Flag Counter   Â