Peran Produser dalam Proses Produksi Karya Feature Televisi “Kurma(Kuliner Kaki Lima)â€

Ibnu Januar Syahputra, Muhammad Darwinsyah

Abstract


Abstract. The diversity of Indonesian specialties cannot be separated from the many different cultural diversity in each region in Indonesia. Especially street food which is currently thriving in Indonesia, especially in Jakarta. The purpose of the creator of the work in creating this program is to provide information as well as entertainment about a variety of street food. The creator of the work chose this final project in the form of a feature program, which is a category of travel and tourism features, as an effort to introduce Indonesian street food. In this program, the creator of the work acts as a producer, which is responsible for pre-production, production and post-production activities, the producer also coordinates the crew so that the production runs according to the shooting script, cooperates with the host, and directs the cameramen as desired. In this work there are 3 segments for 15-20 minutes. This work creator hopes that this program can be well received by the public and, from the results of the closed questionnaire, the average public is interested in this program, and the audience chooses the broadcast time at 10:00 am on Sundays. What is obtained from the creators of the work is that almost all people like street food which is affordable and taste is not inferior to luxury restaurants.

Keywords: Culinary, Indonesian street food, affordable prices

Abstrak. Keanekaragaman makanan khas Indonesia tidak luput dari banyaknya keanekaragaman budaya yang berbeda disetiap daerah di Indonesia. Terutama makanan kaki lima yang saat ini tumbuh subur di Indonesia terutama di Jakarta. Tujuan pencipta karya membuat program ini adalah untuk memberikan informasi dan juga hiburan mengenai makanan kaki lima yang beranekaragam. Pencipta karya memilih tugas akhir berbentuk program feature ini, yang merupakan kategori dari feature perjalanan dan wisata, sebagai salah satu upaya untuk memperkenalkan makanan kaki lima Indonesia.  Di program ini pencipta karya berperan sebagai produser yaitu yang bertanggung jawab atas kegiatan pra produksi, produksi sampai pasca produksi, produser juga melakukan koordinasi crew agar produksi berjalan sesuai dengan shooting script, bekerjasama dengan host,dan mengarahkan cameramen sesuai dengan yang diinginkan. Dalam karya ini terdapat 3 segmen selama 15-20 menit. ini pencipta karya berharap program ini dapat diterima dengan baik oleh khalayak dan, dari hasil kuisioner tertutup rata-rata masyarakat tertarik dengan program ini, dan khalayak memilih jam tayang pada pukul 10.00 pagi di hari minggu.yang didapat dari pencipta karya yaitu hampir semua masyarakat menyukai kuliner kaki lima yang dimana harga terjangkau dan juga rasa tidak kalah dengan restoran mewah.

Kata Kunci : Kuliner,kuliner kaki lima Indonesia,harga terjangkau


Keywords


Kuliner,kuliner kaki lima Indonesia,harga terjangkau

Full Text:

PDF

References


Ardianto. 2004. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Ardianto, Komala, Karlina. 2007. Komunikasi Massa. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Alwi, Iskandar. 2003.Pasar Modal : Teori dan Aplikasi.Jakarta : Nasindo.

Baskin. 2006. Jurnalistik Televisi. Bandung: Simbiosa.

Cangara. 2002. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Effendy. 2004. Ilmu Komunikasi Teori. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Fachruddin. 2012. Dasar-dasar Produksi. Yogyakarta: Pinus Book.

Kuswandi. 1996. Komunikasi Massa Sebuah Analisi Media Televisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Morissan. 2004. Jurnalistik Televisi Mutakhir. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Pawito. 2007. Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: Pelangi Aksara

Ridwan, Muhammad. 2005. Manajemen Baitul Maal Watamwil. Yogyakarta: UII press.

Sujatniko. 2014. Kamus IPS. Surakarta: Aksara Sinergi Media.

Sumadiria. 2005. Jurnalistik Indonesia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Syamsul. 2009. Jurnalistik Praktis Untuk Pemula. Jakarta: Rosda.

Sumadiria. 2005. Jurnalistik Indonesia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. & Sons, John Wiley. 1976. Interscience Publisher. New York: Cotton-Wilkinson.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.27230

Flag Counter   Â