Peran Media Sosial Dalam Dakwah Islam Nahdlatul Ulama (Instagram @Nuonline_Id)

Andika Romadani, Yasser Fikry

Abstract


Abstract. The emergence of new media as a result of the development of information and communication technology is an interesting matter for further study. The reason for choosing the @nuonline_id Instagram account as a case study for this research is because the @nuonline_id Instagram account is an account that is officially managed by the Nahdlatul Ulama (PBNU) Executive Board under the NU Online Editor. This study aims to examine more deeply the role and development of Instagram in Islamic da'wah. This research uses a qualitative approach with descriptive research type. The theory used refers to mass communication theory and Laswell's formula, where researchers seek answers from who (Who), say what (Says what), through what channel (In which channel), to whom (To whom), and with what effect (With what effect). Data collection methods used is in-depth interviews with online NU Islamic editors, @nuonline_id instagram account managers, and @nuonline_id Instagram account followers. The results of this study indicate that the role of Instagram in preaching Islam is as an extension of the Nahdlatul Ulama to reach the widest possible community. In addition, this study also shows the importance of openness to information and communication technology even in the religious sector

Keywords: Instagram, @nuonline_id, Nahdlatul Ulama, Da’wah

Abstrak. Munculnya media baru sebagai hasil dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menjadi hal yang menarik untuk dikaji lebih dalam. Alasan dipilihnya akun instagram @nuonline_id sebagai studi kasus penelitian ini adalah karena akun instagram @nuonline_id merupakan akun yang dikelola secara resmi oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di bawah Redaksi NU online. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam mengenai peran serta perkembangan instagram dalam dakwah islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teori yang digunakan mengacu teori komunikasi massa serta formula Laswell, dimana peneliti mencari jawaban dari siapa (Who), berkata apa (Says what), melalui saluran apa (In which channel), kepada siapa (To whom), dan dengan efek apa (With what effect). Metode pengumpulan datayang digunakan adalah wawancara secara mendalam dengan narasumber Redaktur Keislaman NU online, pengelola akun instagram @nuonline_id, dan pengikut (followers) akun instagram @nuonline_id. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa peran instagram dalam dakwah islam yaitu sebagai perpanjangan tangan dari Nahdlatul Ulama untuk menjangkau masyarakat seluas-luasnya. Selain itu, penelitian ini juga memperlihatkan pentingnya keterbukaan terhadap teknologi informasi dan komunikasi bahkan dalam sektor keagamaan.

Kata kunci: Instagram, @nuonline_id, Nahdaltul Ulama, dan dakwah


Keywords


Instagram, @nuonline_id, Nahdaltul Ulama, dan dakwah

Full Text:

PDF

References


Aziz, Moh. Ali. 2017. Ilmu Dakwah. 6th ed. Jakarta: KENCANA.

Basit, Abdul. 2013. “Dakwah Cerdas Di Era Modern.†03.

Bush, R. 2003. “Islam and Civil Society in Indonesia: The Case of the Nahdlatul Ulama.â€

Bush, Robin. 2009. Nahdlatul Ulama and the Struggle for Power within Islam and Politics in Indonesia. Pasir Panjang: ISEAS Publishing.

Cahyani, Riska Indah. 2018. “PERAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM AKUN AKHYAR TV DALAM PENYEBARAN DAKWAH.â€

Caropeboka, Ratu Mutialela. 2017. Konsep Dan Aplikasi Ilmu Komunikasi. 1st ed. YOGYAKARTA: ANDI.

Japarudin. 2012. “Media Massa Dan Dakwah.†Jurnal Dakwah XIII(1).

Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. 1st ed. Jakarta: KENCANA.

Kusuma, Rr. Chusnu Syarifa Diah. 2020. “Dampak Media Sosial Dalam Gaya Hidup Sosial (Studi Kasus Pada Mahasiswi Pendidikan Administrasi Perkantoran FE UNY).†Jurnal Efisiensi-Kajian Ilmu Administrasi Edisi Februari 17(1):15–33.

Nafis, M. Cholil. 2008. Masalah Garis Perbatasan Nahdlatul Ulama: Hujjah Aqidah Dan Amaliyah Kaum Nahdliyyin. Jakarta: Nahdlatul Ulama.

Pirol, Abdul. 2018. Komunikasi Dan Dakwah Islam. 1st ed. edited by Sulaeman Jajuli. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Puntoadi, Danis. 2011. Menciptakan Penjualan Melalui Sosial Media. 1st ed. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Ramlah. 2015. Meretas Dakwah Di Kota Palopo. 1st ed. SLEMAN: CV BUDI UTAMA.

Sarwono, Billy K., Muhammad Heychael, R. A. Wulandari, Ika Putriana, Turnomo Rahardjo, Boby Guntarto, and Irwansyah. 2018. Komunikasi Massa. 3rd ed. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Sendjaja, Sasa Djuarsa, Turnomo Raharjo, Tandiyo Pradekso, and Ilya R. Sunarwinadi. 2018. Teori Komunikasi. 3rd ed. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Setiadi, Ahmad. 2016. “Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektifitas Komunikasi.â€

Sumadi, Eko. 2016. “Dakwah Dan Media Sosial: Menebar Kebaikan Tanpa Diskrimasi.†Perkembangan Media Sebagai Sarana Dakwah 4(1).

Suprapto, Tommy. 2009. Pengantar Teori Dan Manajemen Komunikasi. 1st ed. Jakarta: PT. BUKU KITA.

Watie, Dwi. 2011. “Komunikasi Dan Media Sosial (Communications and Social Media).†III(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.27218

Flag Counter   Â