Analisis Kegiatan Off – Air Radio Hot 93,2 FM Dalam Meningkatkan Efektivitas Loyalitas Pendengar
Abstract
Abstract. This research is to analyze the effectiveness of off air activities Hot 93.2 FM in increasing the loyalty of listeners and radio media as a means of disseminating information to the public, to keep radio media as the choice of society, new innovations must be carried out. Listener behavior is often determined based on broadcast programs played on one of the frequencies, so the quality of the broadcast program needs to be studied in order to increase the number of radio listeners consisting of various segmentations. Actually, off-air promotion is a radio station promotion that uses a medium other than radio broadcasts, off-air promotion activities can take the form of: print advertisements, outdoor home media, sponsorship of an event, direct mail, telemarketing, television advertisements, and websites. This study uses a qualitative approach that analyzes the off air radio activities Hot 93.2 FM in increasing the effectiveness of listener loyalty. This study uses the interview method with several sources who have a role in providing information on this research. Off-air promotion activities can bring the relationship closer to listeners' loyalty in three stages, namely: the courtship, the relationship and the marriage which can generate good listener loyalty. The result of the research shows that there has been a fairly high level of loyalty, listeners have felt the closeness to HOT 93.2 FM broadcasters and other ranks.
Keywords: Radio, Off-air, Listener, Loyalty
Abstrak. Penelitian ini untuk menganalisis efektivitas kegiatan off air Hot 93,2 FM dalam meiningkatkan loyalitas pendengar dan media radio sebagai alat menyebar luaskan informasi ke khalayak masyarakat, untuk menjaga media radio agar tetap menjadi pilihan masyarakat maka inovasi baru harus tetap dilakukan. Perilaku pendengar kerap kali ditentukan berdasarkan program siaran yang diputar di salah satu frekuensi, sehingga kualitas program siaran tersebut perlu dikaji untuk dapat meningkatkan jumlah pendengar radio yang terdiri dari berbagai segmentasi. Sebenarnya, off-air promotion merupakan promosi stasiun radio yang menggunakan medium selain siaran radio, kegiatan off-air promotion dapat berbentuk: Iklan cetak, media griya luar, sponsor suatu acara, direct mail, telemarketing, iklan televisi, dan website. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menganalisis kegiatan off air radio Hot 93,2 FM dalam meningkatan efektivitas loyalitas pendengar. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dengan beberapa narasumber yang memiliki peran dalam memberikan informasi terhadap penelitian ini. Kegiatan off –air promotion dapat mendekatkan hubungan kepada loyalitas pendengar dengan tiga tahapan, yaitu: the courtship, the relationship dan the marriage yang dapat menghasilkan loyalitas pendengar yang baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sudah terciptanya loyalitas yang cukup tinggi, pendengar sudah merasakan kedekatan dengan para penyiar HOT 93.2 FM dan juga jajaran-jajaran lainnya.
Kata Kunci:Â Radio, Off-air, Pendengar, Loyalitas
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adytia, D. (2012). Hubungan Partisipasi Pendengar dalam Event Off-Air dan Partisipasi Interaksi Pendengar melalui Social Media Online dengan Frekuensi Mendengarkan Radio 105,2 SSFM. 66, 37–39.
Ardianto, E. (2015). Komunikasi massa suatu pengantar. Simbiosa Rekatama Media.
Astuti, S. I. (2008). Jurnalisme radio.
Simbiosa Rekatama Media. Belch. (2014). Advertising and
Promotion : An Integrated Marketing Communications Perspektive. McGraw - Hill.
Brown, S. (2000). Customer Relationship Management : a Strategic imperative in the world of e - Business. Wiley.
Bruce mims. (2014). Keith’s Radio Station. Routledge.
Eastman. (2000). Research in Media Promotion. Routledge.
Elvinaro. (2007). Karakteristik Media
Haningtyas, A. (2018). Peran Public Relations Dalam Meningkatkan Citra Hotel Grand Sahd Jaya - Jakarta Melalui Speciali Event Sunrise Yoga From The Skyline. Jurnal Riset Komunikasi.
Kusumawardhani, A. (2014). Hubungan Partisipasi Pendengar dalam Event Off-Air dan Partisipasi Interaksi Pendengar melalui Social Media Online dengan Frekuensi Mendengarkan Radio 105,2 SSFM. 1, 1–15.
Masduki. (2001). Dasar - dasar Jurnalistik Radio. Gramedia Pustaka Utama.
Morrisan. (2012). Metode Penelitian Survey. Kencana Prenada Media Group.
Riyanto, R. (2017). Efektivitas Media Internet Terhadap kepuasan Khalayak Media.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif R&D. alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.27209
  Â