Pengaruh Tayangan Reality Show Mistik "Menembus Mata Batin" ANTV terhadap Perilaku Generasi Z

Aloysius Raditya Devanto, Muhammad Darwinsyah

Abstract


Abstract. This study focuses on the behavior of adolescents in watching mystical reality shows. The show that was examined in this research was "Menembus Mata Batin" on ANTV which became a television program that invites viewers to understand the mystical world in television entertainment programs. The purpose of this study was to determine how much influence the mystical reality show "Penetrating the Inner Eye ANTV" has on adolescent behavior in the Catholic Church of Santo Barnabas Pamulang, South Tangerang. This study uses a quantitative method with a statistical approach and correlational analysis. Test data analysis is using the SPSS test. The analysis obtained is divided into two parts, namely the description and statistical tests (infrential). After completing all the data, the results of the effect of mystical reality show on adolescent behavior can be obtained. The results showed that mystical reality shows influenced Z-generation behavior. This means that the higher the television broadcast (X) not influential it is on Z-generation behavior. The percentage of Z- generation behavior shown is 11% influenced by television shows, while the remaining of Z- generation behavior is influenced by variables outside of this study.

Keywords: mystical impressions, reality show, behavior, Z- generation.

Abstrak. Penelitian ini memfokuskan pada perilaku remaja dalam menonton tayangan reality show mistik. Tayangan yang diteliti pada penelitian ini adalah “Menembus Mata Batin†di ANTV yang menjadi suatu tayangan program televisi yang mengajak para pemirsa untuk memahami dunia mistik dalam program entertainmen televisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tayangan reality show mistik “Menembus Mata Batin ANTV†terhadap perilaku remaja di Gereja Katolik Santo Barnabas Pamulang, Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan statistik dengan analisis korelasional. Uji analisis data menggunakan uji SPSS. Analisis yang diperoleh dibagi menjadi dua bagian, yaitu deskripsi dan uji statistik (infrensial). Setelah melengkapi seluruh data, dapat diperoleh hasil pengaruh tayangan reality show mistik terhadap perilaku remaja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tayangan reality show mistik tidak mempengaruhi perilaku generasi-Z. Hal itu berarti semakin tinggi tayangan televisi (X), maka semakin berpengaruh terhadap perilaku generasi-Z. Persentase perilaku generasi-Z yang ditunjukkan 11% dipengaruhi oleh tayangan televisi, sedangkan sisanya 89% perilaku generasi Z dipengaruhi oleh variabel di luar penelitian ini.

Kata Kunci : Tayangan Mistik, Reality Show, Perilaku, Generasi Z.

Keywords


Tayangan Mistik, Reality Show, Perilaku, Generasi Z.

Full Text:

PDF

References


Anggoro, P. P., Simorangkir, N P., Murtiningrum, D., & Situmorang, D.

D. B. 2020. “Kemampuan Generasi Z Dalam Mengatasi Hambatan Relasi (Move on) Menurut Pendekatan Gestalt.†Jurnal Program Studi Bimbingan Dan Konseling March, 30. Chou, H. P. 2012. Cyber Smart Parenting.

Jakarta: Visi Anugerah Indonesia. “Https://Kbbi.Web.Id/Perilaku.†2013.

2013. https://kbbi.web.id/perilaku.

I’anatut, Thoifah. 2015. Statistika Pendidikan Dan Metode Penelitian Kuantitatif. Malang: Madani.

I, Musfialdy & Anggraini. 2020. “Kajian Sejarah Dan Perkembangan Teori Efek Media.†Jurnal Komunikasi Dan Bisnis 3 (1): 3—42.

Kumalasari, Nur dan Niken Febrina Ernungtyas. 2020. . “. 2020 ‘Televisi Dan Remaja: Implikasi Televisi Pada Interaksi Sosial, Pembelajaran Dan Politik Remaja.’ 10.01 .†KOMUNIDA: Media Komunikasi Dan Dakwah 10 (01): 66–85.

Kurniawan, R. 2014. “Imitasi Budaya Pada Tayangan Televisi Di Indonesia.†Dimensi 11 (2).

Lestari, Utri Indah, Undang Suryatna, Ali Alamsyah Kusumadinata. 2018. “Pengaruh Menonton Tayangan FTV Kuasa Ilahi Terhadap Perilaku Masyarakat.†Jurnal Komunikatio 4 (1). https://doi.org/10.30997/jk.v4i1.

“No Title.†2018. 2018. https://lokadata.id/artikel/mengapa- orang-suka-reality-show.

Nopiyanto, I dan Maharani D. 2017. “Pengaruh Tayangan Anak Jalanan Terhadap Perubahan Perilaku Remaja.†Jurnal Inovasi 11 (1).

Nurhalima, T. 2018. “Pengaruh Komunikasi Massa Terhadap Audiens.†Jurnal Simbolika 4 (1): 24–31.

“Pilihan Film Generasi Z.†n.d. https://tirto.id/tirto-visual-report- masa-depan-di-tangan-generasi-z- ctMM.

Rachmat, Kriyantono. 2013. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rohmah, Nurliya. N. M. 2020. “Perilaku Sosial Remaja Dan Tayangan Televisi (Analisis Teori Kultivasi).†Al-I’lam: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam 3 (2): 17–40.

Romadhani, Putri. 2019. “Pengaruh Tayangan Reality Show Karma ANTV Terhadap Sikap Masyarakat Pada Hal Mistik (Studi Kuantitatif RT 003/005 Desa Srimahi Kecamatan Tambun Utara Kabupaten Bekasi).†Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

Santosa, E. T. 2015. Raising Children in Digital Era. Elex Media Komputindo.

Saragih, J. F. B. 2012. “Fenomena Bermain Generasi Z Dan Hubungannya Dengan Eksistensi Ruang Bermain Terbuka Di Lingkungan Perumahan Sederhana.†ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications 3 (1): 8–14.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Cetakan Ke:15. Jakarta: Rineka Cipta.

Syas, Muthamainnah. 2020. “Komodifikasi Mistis Dalam Program RealityShow Pencarian Jodoh Garis Tangan Di ANTV.†Jurnal Scriptura 10 (2).

Tapscott, Don. 2013. Grown Up Digital Yang Muda Yang Mengubah Dunia. Jakarta: Gramedia.

Ulum, F., & Setiadi, G. 2020. “Peranan Teori Kultivasi Terhadap Perkembangan Komunikasi Massa Di Era Globalisasi.†Al-Ittishol: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam 1 (1): 60–65.

Vera, N & Ridwan M. 2019. “Mistisisme Dalam Program Televisi (Analisis Resepsi Pemirsa Pada Program Menembus Mata Bathin Di ANTV) ; Vol 8, No 2 (2019);†KOMUNIKATIF 8 (2): 121–31.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.27205

Flag Counter   Â