Strategi Public Relations Dalam Mengubah Citra Persatuan Menembak Indonesia

Amanda Kartikasari, Poppy Ruliana

Abstract


Abstract. The problem occurred in the Indonesian Shooting Association, where during the training (shooting school) there was an accidental accident, namely a stray bullet into the area of the House of Representatives building which is located right in front of the Senayan shooting range. This accident resulted in the emergence of various issues and opinions that entered and could damage Perbakin's image. The purpose of this study is to describe the Public Relations strategy proposed by Cultip and Center (2006) which begins with defining the problem, planning and programming, taking action and communication, and evaluating. The approach used is qualitative using descriptive methods. Data collection techniques were carried out through the observation stage, in-depth interviews with informants, namely the Secretary General of Perbakin, this study used in-depth interviews, documentation studies, and searches through the website to obtain information and data related to this research. Key informants in this research were the Secretary General of the Indonesian Shooting Association and To balance information, the informants used were Secretary staff, Public Relations Officer (PRO) of the Indonesian Shooting Association, and Canteen Guard. Data analysis is carried out through data sequences, organizing them into patterns, categories, and sequences of data. The results illustrate that the cyclical relations strategy planning process can change Perbakin's image. In other words, the stages of the public relations strategic planning process can support research.

Keywords: Communication, Public Relations, Public Relations Strategy, Image, Perbakin

Abstrak. Permasalahan terjadi di Persatuan Menembak Indonesia, dimana pada saat pelaksaan latihan (sekolah menembak) terjadi kecelakaan tanpa disengaja yaitu peluru nyasar ke area gedung Dewan Perwakilan Rakyat yang bertempatan persis didepan lapangan tembak senayan. Dengan adanya kecelakaan tersebut mengakibatkan timbulnya berbagai isu dan opini yang masuk dan dapat merusak citra Perbakin. Tujuan penelitian  ini adalah untuk mendeskripsikan strategi Public Relations yang dikemukakan oleh Cultip dan Center (2006) yang diawali dengan mendefinisikan masalah,perencanaan dan pemerograman,mengambil tindakan dan komunikasi, serta evaluasi. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan menunggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilalukan melalu tahap observasi,wawancara mendalam dengan informan yaitu Sekjen Perbakin, penelitian ini menggunakan wawancara mendalam, studi dokumentasi, dan penelurusan melalui website untuk memperoleh informasi dan data yang terkait penelitian ini.Key informan dalam peneliti ini adalah Sekjen Persatuan Menembak Indonesia dan untuk menyeimbangkan informasi, informan yang digunakan adalah staff Sekertaris, Public Relations Officer (PRO) Persatuan Menembak Indonesia, dan Penjaga Kantin. Analisa data dilalukan melalui urutan data, mengorganisasikanya kedalam suatu pola, katagori, dan sautan urutan data. Hasil penelitian menggambarkan bahwa proses perencanaan strategi relations yang bersifat siklias dapat mengubah citra Perbakin. Dengan kata lain tahapan proses perencanaan strategi public relations dapat mendukung penelitian.

Kata kunci :  Komunikasi, Public Relations, Strategi Public Relations, Citra, Perbakin


Keywords


Komunikasi, Public Relations, Strategi Public Relations, Citra, Perbakin

Full Text:

PDF

References


Effendy, Onong Uchjana. Ilmu Komunikasi teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007.

Grant, Robert M. 1999. Analisis strategi kontemporer Konsep. Yogyakarta: Erlangga,

Jatmiko, Rammad Dwi. Manajemen Stratejik. Malang: UMM Press, 2003.

Poppy Ruliana, 2016. Komunikasi Organisasi Teori dan Studi Kasus . EDISI KEDUA. Depok, Jawa Barat: PT RAJAGRAFINDO PERSADA,

Wasesa, Agung Silih. Strategi Public Relations. Jakarta: Gramedia, 2006.

Winardi. Strategi Pemasaran. Bandung: Mandar Maju, 1989.

Ambarwati, K. (2009). Peran dan Strategi Public Relations dalam Membangun Citra. 1–83.

Ridha, W. (2014). Strategi Public Relations Dalam Membangun Citra Perusahaan Pada Excellent Islamic School ( Exiss ) a Ba Ta.

Winda Rahma Sari. (2018). Strategi public relations dalam membangun citra lembaga pada badan wakaf al- qur’an skripsi.

Cula shooting club. febuari 5, 2017. http://culashootingclub.com/2017/02/05/perbakin/.

Perbakin kota malang. Perbakin kota malang. http://perbakin-kotamalang.or.id/?page_id=114.

(http://www.konikotamalang.org/p/nama-cabor-persatuan-penembak-indonesia.html 2017)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.27200

Flag Counter   Â