Peran Sutradara dalam Tahapan Pra Produksi Film Pendek “Theater of Stateâ€
Abstract
Abstract. There are few kinds of films, which are short film, documenter film, and long movie. The owner has decided to make a short film called “Theater of Stateâ€. That film was started by a great idea if a successfulness in democratic that we have seen from the media it does not like what it has been shown. In this film tells us about a named as a Jek who wants to overturn the goverment as his revenge, to support his plan Jek is trying to make a scenario by gathering all the politicus. In the other side the president is having a scenario to get back his power with his strategy to show his show. This film is showing the scenes that can lead the audiences to get in into a hostage that created by Jek’s subordinates, from that moment the shadow of the semiotics was created, then the plot from this history are produced to be a short film, because those idea are having casuality multiple interpretations of audiences’ perspective, so this short film as a representative of the concept and meaning (dramatic). When this film is prosessed, this film has been through 3 more steps, pre production, production and post production. Pre production is a planning process and preparing the productions needs. Productions is a process that happends in the reality, start from the recording, stirring, and the setting area. After the productions the are few steps more which are sewing the pictures, voices and colour grading.
Key Words : Short Movie, Director, Theater Of State, Fiction.
Abstrak. Film memiliki beberapa jenis yaitu Film Pendek, Film Dokumenter, dan Film Panjang. Pencipta karya memutuskan untuk membuat film pendek berjudul “Theater Of Stateâ€. Film tersebut berawal dari gagasan jika seandainya sebuah kesuksesan dalam berdemokrasi yang selama ini dilihat oleh khalayak dari media massa ternyata tidak seperti apa yang di tampilkan. Di dalam Film Theater of State juga menceritakan tentang seseorang bernama jek yang ingin menggulingkan pemerintahan atas dasar balas dendam, untuk melancarkan rencananya itu jek mencoba membuat sebuah siasat skenario dengan mengumpulkan partai oposisi. Dilain sisi presiden mempunyai skenario untuk bisa berkuasa kembali dengan siasat sebuah pertunjukan layaknya sebuah pertunjukan. Film pendek ini juga menyajikan adegan yang dapat membawa penonton masuk ke dalam sebuah ketegangan penyandraan yang dilakukan oleh anak buah jek, dari situlah gambaran dramatisme dari alur cerita ini kemudian diproduksi menjadi sebuah film dalam versi film pendek  karena itu rangkaian ide cerita mempunyai hubungan kausalitas dan multitafsir dari perspektik khalayak, sehingga film pendek ini sebagai representatif dari konsep dan makna (semiotika). Proses pembuatan karya film pendek ini melalui tiga tahap yaitu pra produksi, produksi dan pasca produksi dengan menjalankan tugasnya. Pra produksi merupakan proses perencanaan dan persiapan produksi sesuai dengan kebutuhan. Produksi merupakan proses yang terjadi di lapangan yaitu pengambilan gambar, pengadegangan, dan pembuatan tempat. Pasca produksi adalah tahap penjahitan gambar, suara dan, penyesuaian warna pada gambar.
Kata Kunci : Film Pendek, Sutradara, Theater Of State, Fiksi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ayawaila, G. R. (2008). Dokumenter : dari Ide sampai Produksi. FFTV- JKT PRESS.
Fajar Prihattanto. (2018). Urip Iku Urup. Arga Pustaka.
Genta adiprakasa. (2012). Produksi Film dan Studio Film. 14–63.
BAHRI, A. N. (2019). Bahan Ajar Dasar-Dasar Broadcasting Oleh : Andini Nur Bahri Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitasislam Negeri Medan. 1–66.
Computers in Human Behavior, 63(May), 9–57. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.05.008
Yusuf, Y., & Ulumul, J. (2012). BAB I PENDAHULUAN A . Latar Belakang Masalah. 4, 1–18.
Gilang prihantoro. (2012). Film Sebagai Media Komunikasi Massa Komunikasi secara etimologis. 1982, 6–26.
Gogali, V. A. (2017). Analisis Kemampuan Teknis Dan Team Work Dalam Peningkatan Kualitas Film Pendek Pada Event Broadcasting Award Mahasiswa Broadcasting Bsi Di Jakarta. Jurnal Komunikasi, VIII(1), 4. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index .php/jkom/article/view/2328
Iswara, K. A. (2018). Penyutradaraan Dalam Pembuatan Film Fiksi Bergenre Psycho Thriller Berjudul “ Delusi .†13. http://repository.dinamika.ac.id/id/e print/2859/1/14510160020-2018- COMPLETE.pdf
Juliansyah, M. F., Hendiawan, T., Ds, S., Sn, M., Sudaryat, Y., Sn, S., & Sn, M. (2015). Penyutradaraan Film Fiksi Pendek “Samar†The Directing Of Short Fiction Film “Samar.†2(2), 433–439.
Novitasari, L. (2015). Pentad analisis pada film. Jurnal Ilmu Komunikasi ASPIKOM, 2(4), 224–234.
Nugroho, M. B. (2013). Film Sebagai Bentuk Komunikasi Massa. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO978110 7415324.004
Oliver, J. (2013). Landasan Teori Film. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Permana, R. S. M., Puspitasari, L., & Indriani, S. S. (2019). Industri film Indonesia dalam perspektif sineas Komunitas Film Sumatera Utara. ProTVF, 3(2), 185. https://doi.org/10.24198/ptvf.v3i2.23667
Prakosa Gotot. (2008). Antologi Film Pendek, Film Eksperimental Dan Film Dokumenter. Jakarta Yayasan Seni Visual Indonesia.
Sobur Alex. (2016). Semiotika Komunikasi. PT Remaja Rosdakarya.
Sugiarto, E. (2019). UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.27195
  Â