Peran Sutradara dalam Tahapan Pra Produksi Film Pendek “Theater of Stateâ€

Mario Parasi Sijabat, Muhammad Darwinsyah

Abstract


Abstract. There are few kinds of films, which are short film, documenter film, and long movie. The owner has decided to make a short film called  “Theater of Stateâ€. That film was started by a great idea if a successfulness in democratic that we have seen from the media it does not like what it has been shown.  In this film tells us about a named as a Jek who  wants to overturn the goverment as his revenge, to support his plan Jek is trying to make a scenario by gathering all the politicus. In the other side the president is having a scenario  to get back his power with his strategy to show his show.  This  film  is  showing  the  scenes  that  can  lead  the  audiences  to  get  in  into  a  hostage  that created by Jek’s subordinates, from that moment the shadow of the semiotics was created, then the plot  from  this  history  are  produced  to  be  a  short  film,  because  those  idea  are  having  casuality multiple  interpretations  of  audiences’  perspective,  so  this  short  film  as  a  representative  of  the concept and meaning (dramatic). When this film is prosessed, this film has been through 3 more steps,  pre  production,  production  and  post  production.  Pre  production  is  a  planning  process  and preparing the productions needs. Productions is a process that happends in the reality, start from the recording,  stirring,  and  the  setting area.  After  the productions  the are few steps more  which  are sewing the pictures, voices and colour grading.

Key Words  : Short Movie, Director, Theater Of State, Fiction.

Abstrak. Film  memiliki  beberapa jenis yaitu Film  Pendek,  Film  Dokumenter,  dan Film  Panjang.  Pencipta karya memutuskan untuk membuat film pendek berjudul “Theater Of Stateâ€. Film tersebut berawal dari gagasan jika seandainya sebuah kesuksesan dalam berdemokrasi yang selama ini dilihat oleh khalayak dari media massa ternyata tidak seperti apa yang di tampilkan. Di dalam Film Theater of State juga menceritakan tentang seseorang bernama jek yang ingin menggulingkan pemerintahan atas dasar balas dendam, untuk melancarkan rencananya itu jek mencoba membuat sebuah siasat skenario dengan mengumpulkan partai oposisi. Dilain sisi presiden mempunyai skenario untuk bisa berkuasa kembali dengan siasat sebuah pertunjukan layaknya sebuah pertunjukan. Film pendek ini juga  menyajikan  adegan  yang  dapat  membawa  penonton  masuk  ke  dalam  sebuah  ketegangan penyandraan yang dilakukan oleh anak buah jek, dari situlah gambaran dramatisme dari alur cerita ini  kemudian diproduksi menjadi sebuah film dalam versi film pendek   karena itu rangkaian ide cerita  mempunyai  hubungan  kausalitas  dan  multitafsir  dari  perspektik  khalayak,  sehingga  film pendek ini sebagai representatif dari konsep dan makna (semiotika). Proses pembuatan karya film pendek ini melalui tiga tahap yaitu pra produksi, produksi dan pasca produksi dengan menjalankan tugasnya.  Pra  produksi  merupakan  proses  perencanaan  dan  persiapan  produksi  sesuai  dengan kebutuhan.  Produksi  merupakan  proses  yang  terjadi  di  lapangan  yaitu  pengambilan  gambar, pengadegangan, dan pembuatan tempat. Pasca produksi adalah tahap penjahitan gambar, suara dan, penyesuaian warna pada gambar.

Kata Kunci : Film Pendek, Sutradara, Theater Of State, Fiksi.


Keywords


Film Pendek, Sutradara, Theater Of State, Fiksi.

Full Text:

PDF

References


Ayawaila, G. R. (2008). Dokumenter : dari Ide sampai Produksi. FFTV- JKT PRESS.

Fajar Prihattanto. (2018). Urip Iku Urup. Arga Pustaka.

Genta adiprakasa. (2012). Produksi Film dan Studio Film. 14–63.

BAHRI, A. N. (2019). Bahan Ajar Dasar-Dasar Broadcasting Oleh : Andini Nur Bahri Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitasislam Negeri Medan. 1–66.

Computers in Human Behavior, 63(May), 9–57. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.05.008

Yusuf, Y., & Ulumul, J. (2012). BAB I PENDAHULUAN A . Latar Belakang Masalah. 4, 1–18.

Gilang prihantoro. (2012). Film Sebagai Media Komunikasi Massa Komunikasi secara etimologis. 1982, 6–26.

Gogali, V. A. (2017). Analisis Kemampuan Teknis Dan Team Work Dalam Peningkatan Kualitas Film Pendek Pada Event Broadcasting Award Mahasiswa Broadcasting Bsi Di Jakarta. Jurnal Komunikasi, VIII(1), 4. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index .php/jkom/article/view/2328

Iswara, K. A. (2018). Penyutradaraan Dalam Pembuatan Film Fiksi Bergenre Psycho Thriller Berjudul “ Delusi .†13. http://repository.dinamika.ac.id/id/e print/2859/1/14510160020-2018- COMPLETE.pdf

Juliansyah, M. F., Hendiawan, T., Ds, S., Sn, M., Sudaryat, Y., Sn, S., & Sn, M. (2015). Penyutradaraan Film Fiksi Pendek “Samar†The Directing Of Short Fiction Film “Samar.†2(2), 433–439.

Novitasari, L. (2015). Pentad analisis pada film. Jurnal Ilmu Komunikasi ASPIKOM, 2(4), 224–234.

Nugroho, M. B. (2013). Film Sebagai Bentuk Komunikasi Massa. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO978110 7415324.004

Oliver, J. (2013). Landasan Teori Film. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Permana, R. S. M., Puspitasari, L., & Indriani, S. S. (2019). Industri film Indonesia dalam perspektif sineas Komunitas Film Sumatera Utara. ProTVF, 3(2), 185. https://doi.org/10.24198/ptvf.v3i2.23667

Prakosa Gotot. (2008). Antologi Film Pendek, Film Eksperimental Dan Film Dokumenter. Jakarta Yayasan Seni Visual Indonesia.

Sobur Alex. (2016). Semiotika Komunikasi. PT Remaja Rosdakarya.

Sugiarto, E. (2019). UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.27195

Flag Counter   Â