Personal Branding Atta Halilintar sebagai Influencer Konten di Youtube

Enjang Damara Gandri, Gita Widiasanty

Abstract


Abstract. YouTube is one of the online video-based media with the most visitors in Indonesia. On the website alexa.com ranking site, on November 12, 2019 at 12:21, YouTube was ranked fourth below tribunnews.com. This ranking proves that YouTube is a site that is in demand by the public because of its large number of visitors. Including Atta Halilintar who is an Indonesian influencer and uses YouTube as a social media medium for personal branding so as to generate money and popularity. Researchers are interested in researching personal branding that is widely practiced by Indonesian youtubers. This study uses a qualitative approach with descriptive research type and then uses data collection using observation and documentation in the form of interviews with Atta Halilintar subscribers. Data analysis uses Spradley's domain analysis and research results are mostly carried out by Indonesian YouTubers to form personal brands that are informative, communicative, humorous, and interesting.

Keyword: Personal-Branding, Influencer, Social Media, YouTube.

Abstrak. YouTube merupakan salah satu media online berbasis video dengan pengunjung terbanyak di Indonesia. Pada situs peringkat Website alexa.com, pada tanggal 12 November 2019 pada pukul 12:21, YouTube berada di peringkat empat dibawah tribunnews.com. Peringkat tersebut membuktikan YouTube merupakan situs yang diminati masyarakat karena jumlah pengunjung yang cukup besar aktivitasnya. Termasuk Atta Halilintar yang merupakan influencer Indonesia dan menggunakan YouTube sebagai sarana sosial media untuk personal branding sehingga menghasilkan uang dan kepopuleran. Peneliti tertarik untuk meneliti personal branding yang banyak dilakukan youtubers Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kemudian menggunakan pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi berupa wawancara para subscibers Atta Halilintar. Analisis data menggunakan analisis domain Spradley dan hasil peneliatian banyak dilakukan oleh Youtuber Indonesia lebih membentuk brand personal yang informatif, communicative, humoris, dan menarik.

Kata Kunci: Personal-Branding, Influencer, Social Media, YouTube.


Keywords


Personal-Branding, Influencer, Social Media, YouTube.

Full Text:

PDF

References


Abazari, Z., & Brojeni, M. B. (2017). The Role of Harold Laswell Communication Theory in Librarianship and Information Science. International Academics Journal of Humanities, 4.

Adib, M., Hasiholan, T. P., Adheista, M., & Iqbal, M. (2020). Konvergensi Media Industri Televisi Indonesia Pada Program Acara Indonesian Idol X. DIALEKTIKA KOMUNIKA: Jurnal Kajian Komunikasi Dan Pembangunan Daerah, 8(1), 1–11.

Amalia, R. (2015). Efek tayangan on the spot terhadap pesan media massa bagi mahasiswa ilmu komunikasi universitas mulawarman. E-Journal Ilmu Komunikasi, 3(2), 30–42.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Ardoni, A. (2020). EVALUASI SUMBER INFORMASI DIGITAL: WIKIPEDIA. Shaut Al-Maktabah: Jurnal Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi, 12(1), 1–10.

Azhar, M. F., & Winduwati, S. (2020). Pembentukan Personal Branding K-pop Influencer Melalui Media Sosial Instagram (Studi Kasus pada Akun Instagram@ Kimdarlings). Prologia, 4(2), 354–361.

Azmi, M., Rafiuddin, M., Kamalanathan, S., & Safar, J. (2019). Media Sosial dan Generasi Muda Menurut Islam.

Burgess, J., & Green, J. (2018). YouTube: Online video and participatory culture. John Wiley & Sons.

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Jurnal Publiciana, 9(1), 140–157.

Fauzi, A. R., & Saputro, E. P. (2019). Penggunaan Line Sebagai Media Komunikasi Organisasi (Studi Kualitatif Deskriptif Media Sosial Line pada UKM di Universitas Muhammadiyah Surakarta). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Fitrah, M. (2018). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak (Jejak Publisher).

Hakim, H., Kholil, S., & Yusnadi, Y. (2019). The Messages of Islamic Communication at One Roof System (SAMSAT) Sibolga, Indonesia. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 2(2), 109–121.

Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur). Eksekutif, 15(1), 133–146.

Haroen, D. (2014). Personal branding. Gramedia Pustaka Utama.

Helianthusonfri, J. (2018). Yuk Jadi Youtuber. Elex Media Komputindo.

Hikmat, H. M. M. (2018). Jurnalistik: literary journalism. Kencana.

Ilieş, V. I. (2018). Strategic Personal Branding for Students and Young Professionals. Cross-Cultural Management Journal, 20(01), 43–51.

Iskandar, D. (2018). KONVERGENSI MEDIA: Perbauran Ideologi, Politik, dan Etika Jurnalisme. Penerbit Andi.

Krisna, M. B. (2018). Strategi Personal Branding Anji Manji Di Media Sosial Youtube. Universitas Multimedia Nusantara.

Kurniawan, D. E. (2017). Pengaruh Intensitas Bermain Game Online terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 3(1).

Maulida, R. (2017). STRATEGI PEMBERITAAN MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM MENGENAI CITRA KEPOLISIAN (STUDI KASUS PADA TIM MEDIA SOSIAL KEPOLISIAN RESOR BANDUNG) THE NEWS STRATEGY THROUGH SOCIAL MEDIA INSTAGRAM ABOUT POLICE IMAGE. UNIVERSITAS PASUNDAN.

Nisrina, R. M., & Juanim, H. (2019). PENGARUH BEAUTY VLOGGER SEBAGAI INFLUENCER MARKETING DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK L’OREAL DI COUNTER MATAHARI DEPARTEMENT STORE BANDUNG INDAH PLAZA (Survey Pada Pengunjung L’oreal di Counter Matahari Departement Store Bandung Inda. Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

Noor, M. F. (2014). Pengaruh Brand Image dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty King Thai Tea Bandung. Image: Jurnal Riset Manajemen, 3(2), 109.

Nurhadi, Z. F., & Kurniawan, A. W. (2018). Kajian Tentang Efektivitas Pesan dalam Komunikasi. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 3(1), 90–95.

Ravy, M. (2019). Strategi Komunikasi PT. Eigerindo Multi Produk Industri (Studi Deskriptif Mengenai Strategi Komunikasi PT Eigerindo Multi Produk Industri Melalui Kegiatan Mountain And Jungle Course). Universitas Komputer Indonesia.

Rembang, M. R., & Merentek, E. A. (2020). PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PASANGAN NIKAH USIA DINI DALAM MEMPERTAHANKAN HARMONISASI RUMAH TANGGA DI DESA KAUDITAN. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 2(3).

Rosenberry, J., & Vicker, L. A. (2017). Applied mass communication theory: A guide for media practitioners. Routledge.

Saputri, M. E., & Pranata, T. R. (2014). Pengaruh brand image terhadap kesetiaan pengguna smartphone iphone. Jurnal Sosioteknologi, 13(3), 193–201.

Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wijaya, H. (2018). Analisis Data Kualitatif Ilmu Pendidikan Teologi. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

https://alexa.com/akses

https://katadata.co.id/berita/2018/07/14/2018-jadi-musim-panen-influencer-media-sosial (Akses 12 November 2019)

https://id.wikipedia.org/wiki/Atta_Halilintar (Akses 12 Desember 2019)

https://id.noxinfluencer.com/youtube-channel-rank/top-100-id-all-youtuber-sorted-by-subs-weekly (Akses 19 April 2019)

https://www.youtube.com/about/ (Akses 12 April 2020)

https://id.wikipedia.org/wiki/Media_sosial (Akses 12 April 2020)

https://id.wikipedia.org/wiki/YouTube (Akses 12 april 2020)

https://academy.getcraft.com/id/blog/yang-perlu-diketahui-seputar-youtube-influencer-marketing (Akses 12 April 2020)

https://translate.google.com/translate?u=https://en.wikipedia.org/wiki/Microblogging&hl=id&sl=en&tl=id&client=srp&prev=search (Akses 24 Oktober 2020)

https://id.wikipedia.org/wiki/Second_Life (Akses 24 Oktober 2020)

https://www.niagahoster.co.id/blog/apa-itu-influencer/(Akses 25 Oktober 2020)

https://www.dictio.id/t/bagaimana-cara-melakukan-pengujian-validitas-data-dalam-penelitian-kualitatif/118513 (Akses 25 Oktober 2020)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.27186

Flag Counter   Â