Peran Produser Pada Produksi Program Religi Televisi

Kahfi Marshila Gempita Langit, Rosita Anggraini, Kresno Yulianto, Guntur F.P

Abstract


Abstract. This study aims to determine the role of producers in the production of the Hati Hati Indonesia program on iNews. In this study, researchers used a qualitative approach to the type of descriptive approach and with data collection techniques in in-depth interviews with 3 informants namely Producer, Creative and PA. The Cahaya Hati Indonesia Program on iNews airs on weekends every Saturday and Sunday at 12.00 WIB - 13.30 WIB. The background of the research is the role of the producer is needed in a television program, because the performance of a producer is the key to the success of the program. Even though the television station work system is a collective work, this is where the ability of a producer in the art of leading, organizing a work team is needed, which has expertise, different characters, different backgrounds. Uniting in one vision and program objectives is the responsibility of the producer. In the Cahaya Hati Indonesia program, the role of the producer is needed in coordinating all aspects from pre-production to production to post-production. And the producer must also be able to overcome the obstacles that exist from the beginning of production to the end of production. The results showed that the role of the producer in the production of the Cahaya Hati Indonesia program on iNews was very important for the production team and the program from pre-production, production to post-production. Keywords : Role of Producer, Television Program, Talk Show, Pre Production, Production, Post Production.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran produser pada produksi program Cahaya Hati Indonesia di iNews. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif dan dengan teknik pengumpulan data dalam  wawancara mendalam pada 3 informan yaitu Produser, Kreatif dan PA. Program Cahaya Hati Indonesia di iNews tayang pada akhir pekan setiap hari sabtu dan minggu tepatnya pada pukul 12.00 WIB – 13.30 WIB. Latar belakang penelitian tersebut adalah peran produser sangatlah dibutuhkan dalam suatu program acara televisi, karena kinerja seorang produser adalah kunci keberhasilan program. Meskipun sistem kerja stasiun televisi adalah kerja kolektif, namun disinilah dibutuhkan kemampuan seorang produser dalam seni memimpin, mengorganisasi tim kerja yang mempunyai keahlian, karakter yang berbeda-beda, latar belakang yang berbeda. Menyatukan dalam satu visi dan tujuan program menjadi tanggung jawab produser. Dalam program Cahaya Hati Indonesia peran produser sangatlah dibutuhkan dalam mengkoordinasikan semua aspek dari pra produksi, produksi, hingga pasca produksi. Dan produser juga harus bisa mengatasi kendala yang ada dari awal produksi hingga akhir produksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran produser dalam produksi program Cahaya Hati Indonesia di iNews sangat penting bagi tim produksi dan program acara tersebut dari pra produksi, produksi, hingga pasca produksi.

Kata Kunci : Peran Produser, Program Televisi, Talk Show, Pra Produksi, Produksi, Pasca.

Keywords


Peran Produser, Program Televisi, Talk Show, Pra Produksi, Produksi, Pasca

Full Text:

PDF

References


Ardianto, E. (2016). Metodelogi Penelitian Untuk Public Relations. Bandung: Simbiosa.

Ardianto, E., & Lukiati, K. (2007). Komunikasi massa suatu pengantar edisi revisi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Badjuri, A. (2010). Jurnalistik Televisi. Yogyakarta: Graha ilmu.

Bagong, S., & Sutinah. (2006). Metode Penelitian Sosial Berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta: Prenada Media Group.

Bungin, B. (2013). Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Cangara, H. (2005). Pengantar ilmu komunikasi. jakarta: PT Raja Grafindo.

Dr. Tjipto Subadi, M. (2006). Metode penelitian Kualitatif. Surakarta: Muhammadiyah University press Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Effendy, O. (2003). ilmu teori dan filsafat komunikasi. bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Latief, R., & Utud, Y. (2017). Menjadi Produser Televisi. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.

Mabruri, A. (2010). Manajemen produksi program acara televisi. Jakarta: PT. Grasindo.

Moleong, L. (2011). Metodologi Pnelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Morissan. (2008). Manajemen Media Penyiaran. jakarta: kencana premedamedia group.

Oktaviansyah, A., & Vera, N. (2014). PERAN PRODUSER DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI PROGRAM ACARA VARIETY SHOW THE NEW EAT BULAGA INDONESIA DI ANTV. The role of producers, the new eqt bulaga indonesia program in Antv, 5.

Pawito, P. (2007). Penelitian Komunikasi Kualitatif. jakarta: Lkis Pelangi Aksara.

Poerwandari, K. (2007). PSP3 Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Pendekatan Kualitatif Dalam Penelitian Psikologi.

Rachmat , K. (2014). Teknik Praktis Riset Komunikasi. jakarta: Guru Besar Sosiologi komunikasi.

Rahmawati, I. (2006). Berkarier di Dunia Broadcast Televisi & Radio. bekasi,jawa barat: Laskar aksara.

Sugiyono. (2005). Memehami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA.

Suprapto, T. (2006). Berkarier dibidang Broadcasting. yogyakarta: Media Pressindo.

Syukri, A. (1983). Dasar-Dasar strategi Dakwah Islam. Surabaya.

Utud, Y., & Latief, R. (2017). Menjadi Produser Televisi. Jakarta: PRENADAMEDIA.

Wibowo, & fred. (2007). Tknik Produksi Program Televisi. yogyakarta: Pinus Book Publisher.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.27179

Flag Counter   Â