Pengaruh Program Talkshow Mata Najwa di Trans7 terhadap Loyalitas Penonton

Muhammad Fathurrizqy A, Happy Prasetyawati

Abstract


Abtract. The objective of this study is to know the effect of media content and the effect of media that used for Mata Najwa Talkshow program in Trans7 on audience loyalty, and the effect of fulfillment needs on media content of  Mata Najwa Talkshow program in Trans7. The used theory of this study is Uses and Gratifications. This is a quantitative research. The type of this research is explanative. The used method of this study was a survey with questionnaire. This study consisted of 4 variables, that is Independent Variable Media Content (X1), Independent Variable Media Exposure (X2), Dependent Variable Loyalty (Y), and Antecendent Variable Fulfillment Needs (Z). In this study, the sampling technique is using the Non Probability Sampling with respondents based on the research from Nielsen Indonesia of Mata Najwa Talkshow in Trans7 viewer that count about 530.000 people at October 31 2019 and the sample amount is 100 respondents. The results of this study indicate that there is an effect between media content and media exposure variable on audience loyalty, and the effect between satisfactions for media content of Mata Najwa in Trans7.

Keywords: Loyalty, Mata Najwa, Satisfactions, Uses and Gratifications 


Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh isi media dan pengaruh penggunaan media pada program Talkshow Mata Najwa di Trans7 terhadap loyalitas penonton, serta pengaruh pemenuhan kebutuhan terhadap isi media program Talkshow Mata Najwa di Trans7. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uses and Gratifications. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitiannya eksplanatif. Metode yang digunakan metode survei dalam bentuk kuesioner. Penelitian ini terdiri dari 4 variabel, yaitu Variabel Independent Isi Media (X1), Variabel Independent Media Exposure (X2), Variabel Dependent Loyalitas (Y), dan Variabel Antecendent Pemenuhan Kebutuhan (Z). Pada penelitian ini pengambilan sampel menggunakan teknik Non Probabilty Sampling dengan responden berdasarkan hasil penelitian dari Nielsen Indonesia pada jumlah penonton program Talkshow Mata Najwa di Trans7 sebanyak 530,000 individu pada tanggal 31 Oktober 2019 dan sampel berjumlah 100 responden. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel isi media dan media exposure terhadap loyalitas penonton, serta pengaruh kepuasan terhadap isi media pada program Mata Najwa di Trans7. 

Kata Kunci: Loyalitas, Mata Najwa, Kepuasan, Uses and Gratification.

 


Keywords


Loyalitas, Mata Najwa, Kepuasan, Uses and Gratification

Full Text:

PDF

References


David, G. M. (2018). PENGARUH PROGRAM TALK SHOW “BROWNIS†DI TRANS TV TERHADAP KEPUASAN PENONTON. 325.

Kriyantono, R. (2014). Teknik Praktis Riset komunikasi - Rachmat Kriyantono, S.Sos., M.Si - Google Books. Kencana Prenada Media Group.

Makhmud, R. (2019). Hubungan Kualitas Siaran Dan Intensitas Menonton Siaran Terhadap Loyalitas Penonton (Studi Kasus Program Acara Kick Andy di Metro TV). Artikel, 4 No. 2(Vol. 4 No. 2 (2019): Value Journal of Management and Business).

Morissan. (2018). Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & Televisi.

Neuman, w L. (2011). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches, 5th Edition.

Rafie, B. T. (2018). Mata Najwa tayang lagi, tapi kali ini di Trans. Kontan.Co.Id. https://amp.kontan.co.id/news/mata-najwa-tayang-lagi-tapi-kali-ini-di-trans7

Rahmah, G. (2017). Najwa Shihab Umumkan Berhentinya Mata Najwa, Ini Kata Metro TV. Tempo.Co. https://nasional.tempo.co/read/898252/najwa-shihab-umumkan-berhentinya-mata-najwa-ini-kata-metro-tv/full&view=ok

Rakhmat, J. (2014). Metode Penelitian Komunikasi- Dilengkapi Contoh Analisis Statistik (16th ed.). Remaja Rosdakarya.

Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel - Variabel Penelitian. Alfabeta.

Rizky, S. A. (2016). Acara Di Televisi Dan Pemenuhan Informasi Pada Mahasiswa (Studi Korelasional Tentang Acara Wide Shot di Metro TV Terhadap Upaya Pemenuhan Informasi pada Mahasiswa Komunikasi FISIP USU). Student Papers, Studi Korelasional Tentang Acara Wide Shot di Metro TV Terhadap Upaya Pemenuhan Informasi pada Mahasiswa Komunikasi FISIP USU. http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/57721

Severin, W. J., James W. Tankard, J., & Haryanto, S. (2014). Teori Komunikasi: Sejarah,metode, dan terapan di dalam media massa (5th ed.). Kencana Prenadamedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.27175

Flag Counter   Â