Pengelolaan Informasi Sepakbola Melalui Podcast

Daniel Oktario, Nila Nurlimah

Abstract


Abstract. The birth of new technology has an impact on various aspects of life. With the development of technology also gave birth to new forms of media, for example, podcasts. One of the media that has started to use podcasts is Simamaung, previously this media in conveying information had never used podcasts. This is also unique because currently the majority of people prefer to consume information by watching rather than listening. For some of these things, this research is intended to find out. (1) What are the reasons why Simamaung uses podcasts to spread his information. (2) How is the Simamaung podcast production process. (3) How to make Simamaung's podcast interesting and the information conveyed well. This research uses a qualitative research method with Robert K. Yin's case study approach through data collection techniques by interview, observation, and literature study. The object of this research is the management of football information through podcasts, with the subject being the key informants of three Simamaung podcast staff who directly manage this podcast. The supporting sources for comparison in this study are one Simamaung podcast listener. The results of the research are as follows: (1) There are several reasons why Simamaung uses podcasts to share information, including podcasts. This is an innovation from content that has been created in advance but has fewer enthusiasts, the Spotify platform is currently in demand, as an alternative for fans of the Persib Bandung football club in getting information and the desire to try something new from the Simamaung staff. The Simamaung podcast production process consists of several stages, namely, research or data search, agreement with resource persons, podcast recording, curation or editing, and teaser creation. (3) In order for the podcast to be interesting and the information conveyed well even though it is only in the form of audio, Simamaung does several ways including, selecting podcast themes and resource persons, audio quality, being guided by experienced hosts or broadcasters, and also making video podcasts.

Keywords : Management, Podcast, Audio, Simamaung.

Abstrak. Lahirnya teknologi baru berdampak pada berbagai aspek kehidupan. Dengan semakin berkembangnya teknologi juga melahirkan bentuk-bentuk media baru, contohnya adalah podcast. Salah satu media yang mulai memanfaatkan podcast adalah media Simamaung, sebelumnya Simamaung belum pernah memanfaatkan podcast. Selain itu hal ini juga menjadi keunikan karena pada saat ini mayoritas masyarakat lebih senang mengkonsumsi informasi dengan cara menonton daripada mendengarkan. Atas beberapa hal tersebut, penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui (1) Alasan apa yang membuat Simamaung memanfaatkan podcast untuk menyebarkan informasinya (2) Bagaimana proses produksi podcast Simamaung (3) Bagaimana cara agar podcast Simamaung menarik dan informasinya tetap tersampaikan dengan baik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus milik Robert K. Yin melalui teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan studi pustaka. Objek penelitian ini adalah pengelolaan informasi sepakbola melalui podcast, dengan subjek yang menjadi key informan adalah tiga staf podcast Simamaung yang melakukan langsung pengelolaan podcast ini. Adapun narasumber pendukung untuk menjadi perbandingan dalam penelitian ini yaitu satu orang pendengar podcast Simamaung. Hasil dari penelitian sebagai berikut: (1) Ada beberapa alasan yang membuat Simamaung memanfaatkan podcast untuk menyebarkan informasinya diantaranya adalah podcast. Ini merupakan inovasi dari konten yang telah dibuat lebih dulu namun sepi peminat, sedang diminatinya platform Spotify, sebagai alternatif bagi penggemar klub sepakbola Persib Bandung dalam mendapatkan informasi dan adanya keinginan untuk mencoba sesuatu yang baru dari staf media Simamaung. (2) Proses produksi podcast Simamaung terdiri dari beberapa tahap yakni, riset atau pencarian data, perjanjian dengan narasumber, perekaman podcast, kurasi atau pengeditan, dan pembuatan teaser. (3) Agar podcastnya menarik dan informasinya tetap tersampaikan dengan baik walaupun hanya berbentuk audio Simamaung melakukan beberapa cara diantaranya, pemilihan tema podcast dan narasumber, kualitas audio, dipandu oleh host atau penyiar yang sudah berpengalaman, dan juga dibuatnya podcast berbentuk video.

Kata Kunci : Pengelolaan, Podcast, Audio, Simamaung.


Keywords


Pengelolaan, Podcast, Audio, Simamaung

Full Text:

PDF

References


Effendy, Onong Uchjana. (2009). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Fidler, Roger. (2003). Mediamorfosis: Memahami Media Baru. Yogyakarta: Bentang Budaya.

Kovach, Bill., Tom Rosenstiel. (2006). Sembilan Elemen Jurnalisme. Jakarta: Yayasan Pantau.

Lister, Martin. Jon Dovey. (2003). New Media: A Critical Introduction. New York: Routledge.

Lister, Martin. Jon Dovey. (2009). New Media: A Critical Introduction. New York: Routledge.

Wardana, Ega. 2009. Sukses Menjadi Penyiar Radio Profesional. Yogyakarta: Andi.

Yin, R.K. (1996). Studi Kasus Desain & Metode. Depok: Rajawali Pers.

Fadilah, E., Yudhapramesti, P., & Aristi, N. (2017). Podcast sebagai Alternatif Distribusi Konten Audio. Kajian Jurnalisme, 1(1).

Kusnandar, Viva B. (2019). Hanya 13% Masyarakat yang Masih Mendengarkan Radio. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/10/23/hanya-13-persen-masyarakat-yang-masih-mendengarkan-radio.

Meisyanti. Kencana, Woro. (2020). Platform Digital Siaran Suara Berbasis On Demand. Jurnal Komunikasi dan Media vol.4

Namira, Izza (2019). 7 Fakta Perkembangan Podcast di Indonesia, Makin Banyak Penggemarnya. 31 Mei 2019. https://www.idntimes.com/tech/tre nd/izza-namira-1/perkembanganpodcast-di-indonesia/full.

Nurlimah, Nila. Rena Puji. (2019). Mediamorfosis di Era Digital. Artikel Ilmiah.

Sugiya, Aritasius (2012). “Strategi Transformasi Konvergensi Media. Studi Kasus Grand Strategy Harian Kompasâ€. https://docplayer.info/32341830-Strategi-transformasi-konvergensi-media-studi-kasus-grand-strategy-harian-kompas.html

Zaenudin, Ahmad. (2017). Hikayat Podcast. 11 Agustus 2017. https://tirto.id/hikayat-podcastcufm.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.26174

Flag Counter   Â