Hubungan Efektivitas Belajar Online melalui Aplikasi dengan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Pasawahan

Vicky Laksana Putra, Yenni Yuniati

Abstract


Abstract.The internet has many benefits and can be used by all humans, both in terms of business, education, health, science, social politics, and various other information. The use of the internet is supported by the existence of an application where this application can communicate remotely not only listening to sounds but we can look at each other. These applications are like Line, WhatsApp, Zoom, and so on. Because of the Covid-19 Virus, people's activities are disrupted, causing people to rake in office, school, entertainment, shopping, and so on in their respective homes so they don't get infected by the Covid-19 Virus. The existence of this learning activity becomes E-Learning or Online learning. Researchers examined the relationship between the effectiveness of online learning through applications and the learning motivation of SMA Negeri 1 Pasawahan students which coincided in Purwakarta Regency. The method used by researchers is quantitative research methods, with a correlational study approach. With these activities, whether the teacher as a communicator for students can provide effective learning activities. This study uses the theory of psychology of Communicators Carl Hovland and Wlater Weiss. The results of this study indicate that there is a relationship between the effectiveness of online learning through applications and the learning motivation of SMA Negeri 1 Pasawahan students, the average number of eight dimensions is 74.33%, which means that it is included in the category. both are in the range of scores ranging from 68.01 to 84.00. This means that learning motivation in SMA 1 Pasawahan students is well maintained, so that the learning system for students continues to run enthusiastically. There is a relationship between the effectiveness of learning through online with indicators of credibility, attraction, and power on learning motivation for SMA Negeri 1 Pasawahan students. 

KeyWords: Online Learning, Pandemic Period, Effectiveness, Communicator.

Abstrak. Internet memiliki banyak manfaat dan dapat digunakan oleh semua manusia, baik dari segi bisnis, pendidikan, kesehatan, ilmu pengetahuan, sosial politik, dan berbagai informasi lainnya. Penggunaan internet di dukung dengan adanya sebuah aplikasi adanya aplikasi tersebut dapat melakukan komunikasi dengan jarak jauh tidak hanya mendengarkan suara akan tetapi kita dapat menatap satu sama lain. Aplikasi tersebut seperti Line, WhatsApp, Zoom, dan lain sebagainya. Karena  adanya Virus Covid-19 membuat aktivitas masyarakat terganggu, membuat masyarakat menggerjtelah tugas kantor, sekolah, hiburan, melakukan berbelanja, dan lain sebagainya dilakukan rumahnya masing-masing agar tidak tertular oleh Virus Covid-19. Adanya hal tersebut kegiatan belajar menjadi belajar E-Learning atau Online. Peneliti meneliti mengenai hubungan Efektivitas Belajar Online Melalui Aplikasi dengan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Pasawahan yang bertepatan di Kabupaten Purwakarta. Metode yang digunakan peneliti yaitu metode penelitian kuantitatif, dengan pendekatan studi korelasional. Dengan adanya kegiatan tersebut maka apakah Guru sebagai komunikator bagi siswanya dapat memberikan kegiatan belajar yang efektiv. Penelitian ini menggunakan Teori psikologi Komunikator  Carl Hovland dan Wlater Weiss Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat, hubungan antara Efektivitas Belajar Online Melalui Aplikasi dengan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Pasawahan, jumlah rata-rata dari delapan dimensi 74,33% artinya masuk dalam kategori baik berada pada kisaran rentang skor 68.01-84.00. Artinya Motivasi Belajar pada siswa SMA 1 Pasawahan tetap terjaga dengan baik, sehingga system pembelajaran bagi siswa tetap berjalan dengan antusias. Terdapat hubungan antara efektivitas belajar melalui online dengan indikator kredibilitas, Atraksi,dan kekuasaan terhadap motivasi belajar pada Siswa SMA Negeri 1 Pasawahan.

Kunci Kata : Belajar Online, Masa pandemi, Efektivitas, Komunikator.

 


Keywords


Belajar Online, Masa pandemi, Efektivitas, Komunikator (Online Learning, Pandemic Period, Effectiveness, Communicator)

Full Text:

PDF

References


Rahmat, Jalaludin.2018. Psikologi Komunikasi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media

Mahnun, Nunu, 2018. “Implementasi Pembelajaran Online dan Optimalisasi Pengolahan Pembelajaran Berbasis Online di Perguruan Tinggi Islam dalam Mengwujudkan Word Class University†Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan, Vol. 1, No. 1, April 2018

Muhajang, Pangestika, 2018. “Pengaruh Literasi Informasi Terhadap Efektivitas Belajar Siswa†Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol. 2, No.2, 2018, Hal 15-22

Mulyana, Deddy dan Solatun. 2007. Metode Penelitian Komunikasi: Contoh-Contoh Penelitian Kualitatif Dengan Pendekatan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya

Purwanto, Agus, DKK, 2020. “Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar†Jurnal Ilmiah Pendidikan Volume 2 Nomor 1 (2020) ISSN Online : 2716-4446

Ilmu Komunikasi.†Vol. 1, No. 10, Ganjil, Tahun Akademik 2015/2016

Mappeasse, Yusuf, 2009. “Pengaruh Cara dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Programmable Logic Controller (PLC) Siswa Kelas III Jurusan Listrik SMK Negeri 5 Makasar†Jurnal MEDTEK Vol. 1, No. 2, Oktober 2009

Rohmawati, Afifatu, 2015. “Efektivitas Pemberlajaran†Jurnal Pendidikan Dini Vol. 9, No. 1, April 2015




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.25993

Flag Counter   Â