HUBUNGAN ANTARA MEMBACA MAJALAH GITAR PLUS DENGAN PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI BIDANG MUSIK GITAR

Syaiful Harahap Hasbi, Aziz Taufik Hirzi

Abstract


Musik tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia, karena musik adalah presentasi gagasan manusia sebagai individu maupun masyarakat. Di antara seluruh alat musik yang terdapat di dunia saat ini, salah satu alat musik yang sangat sering digunakan adalah gitar. Seiring dengan banyaknya pengunaan alat musik gitar, semakin banyak pula sekolah-sekolah yang secara khusus mengajarkan cara menggunakan atau memainkan alat musik ini, salah satunya adalah Agung Guitar Course (AGC) Music School Bandung. Di samping materi dan pembelajaran yang diberikan di kelas, majalah-majalah musik yang secara khusus membahas tentang alat musik gitar juga dijadikan acuan oleh para tutor Agung Guitar Course (AGC) Music School Bandung untuk referensi para siswa-siswanya, dan salah satu dari majalah tersebut adalah majalah gitar plus. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara membaca majalah gitar plus dengan peningkatan motivasi belajar siswa di bidang musik gitar. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah komunikasi, komunikasi massa, media massa, terpaan media, teori belajar (operant conditioning) B. F. Skinner, dan motif penggunaan media. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan studi korelasional, yang bertujuan untuk meneliti hubungan di antara variabel-variabel dan sejauh mana variabel satu berkaitan dengan variabel lain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Agung Guitar Course (AGC) Music School Bandung. Pada penelitian ini teknik pengambilan sampel yang digunakan yakni Total Sampling dan sampel yang diambil berjumlah 20 orang. Hasil penelitian memperoleh nilai korelasi sebesar 0.322 dengan  0.35, yang berarti terdapat hubungan antara membaca majalah gitar plus dengan peningkatan motivasi belajar siswa Agung Guitar Course (AGC) Music School dalam bermain gitar.


Keywords


MAJALAH GITAR PLUS, MOTIVASI BELAJAR, KORELASIONAL.

References


Ardianto, Elvinaro dan L. Komala Erdinaya. 2005. Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Baharuddin, dan Wahyuni. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sagala, Syaiful. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran: Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar, Bandung: Alfabeta.

Effendy, Onong Uchjana. 1993. Ilmu, Teori & Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Cangara, Hafied. 2010. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.2169

Flag Counter   Â