OBJEKTIVITAS BERITA PEMILU PRESIDEN RI 2014 (Analisis Isi Atas Objektivitas Berita Pemilu Presiden RI 2014 dalam Berita Online Tempo.co dengan Detik.com)

Siti Hanifa, Tia Muthiah Umar

Abstract


ABSTRACT

The objectivity of news regarding  presidential election is very important, moreover news about Indonesia Presidential Election of 2014. This research focused on online media, which must obey similar standard of objetctivity like print or traditional media. Media called this political event as "Democracy Party". Mass media used as the object of this research is  Online Media: Tempo.co and Detik.com. Standard of objectivity has a very broad value, and often used for solving problems which involving unfair treatment. The theory used to analyze the objectivity is Westerstahl’s theory consisted of four cathegories (Truth, Relevance, Balance, and Neutrality). 10 samples were analyzed from two media (Tempo.co and Detik.com). The result shows that news regarding Indonesia’s Presidential Election of 2014 in online media, Detik.com and Tempo.co, meet all the elements of the objectivity of news according to Westerstahl’s theory.

Keyword(s): Objectivity, Presidential Election News 2014, Content Analysis.

ABSTRAK

 

Objektivitas mengenai berita Pemilu Presiden sangatlah penting. Ditambah bahwa berita mengenai Pemilu Presiden RI banyak menarik minat masyarakat. Media menyebutnya sebagai “Pesta Demokrasiâ€. Media massa yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah Media Online. Standar objektivitas memiliki nilai yang sangat luas, sering kali digunakan untuk penyelesaian yang menyangkut perlakuan yang tidak adil. Untuk menganalisis digunakan teori Objektivitas menurut Westerstahl yang meliputi empat kategori (Kebenaran, Relevansi, Berimbang, dan Netralitas) dengan jumlah sampel 10 yang dikaji melalui dua media (Tempo.co dan Detik.com). Hasil kajian menunjukkan bahwa berita mengenai Pemilu Presiden RI 2014 dalam media online Tempo.co dan Detik.com memenuhi semua unsur objektivitas berita menurut Westerstahl, yaitu aspek kebenaran, relevansi, berimbang dan netralitas.

Kata Kunci: Objektivitas, Berita Pemilu Presiden RI 2014, Analisis Isi.


References


Anggoro, A. Sapto. 2012. Detikcom: Legenda Media Online. Yogyakarta: MocoMedia.

Barus, Sedia Willing. 2010. Jurnalistik: Petunjuk Teknik Menulis Berita. Jakarta: Erlangga.

Cangara, Hafied. 2009. Komunikasi Politik: Konsep, Teori, dan Strategi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Fuady, Muhammad E.:Surat Kabar Digital Sebgaia Media Konvergensi di Era Digital.†dalam Jurnal MediaTor. Fikom Unisba. Volume 3, Nomor 1, 2002 (hal. 55-61)

Liliweri, Alo. 2011. Komunikasi: Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mcquail, Dennis. 2011. Teori Komunkasi Massa. Jakarta: Salemba Humanika.

_____________. 2012. Teori Komunkasi Massa. Jakarta: Salemba Humanika.

Romli, Asep Syamsul M. 2012. Jurnalistik Online: Panduan Praktis Mengelola Media Online. Bandung: Nuansa Cendekia.

Santana, Septiawan. 2005. Jurnalisme Kontemporer. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Yuniati, Yenni & Rachmiatie, Atie. “Komitmen Wartawan Terhadap Jurnalistik Publik.†dalam Jurnal Mimbar. Fikom Unisba. Volume XXII, Nomor 1, Januari-Maret 2006 (hal. 52-92)

Sumadiria, AS Haris. 2008. Jurnalistik Indonesia Menulis Berita dan Feature. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Suryawati, Indah. 2011. Jurnalistik Suatu Pengantar. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Yunus, Syafirudin. 2010. Junalistik Terapan. Bogor: Ghalia Indonesia.

Zaenuddin, H. M. 2011. The Journalist. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Sumber lain:

http://m.kompasiana.com/ post/read/573468/1 (diunduh pada tanggal 8 Februari 2014 pukul 20:15)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.118

Flag Counter   Â