Penerapan Diagram Kendali Mixed EWMA-CUSUM dengan Modified Fast Initial Response dan Headstart pada Pengendalian Kualitas Produk

Elia Rizki Prihatini, Lisnur Wachidah, Suliadi Suliadi

Abstract


Abstrak. Pengendalian kualitas statistik digunakan untuk meyelidiki secara cepat terjadinya pergeseran rata-rata yang dapat menyebabkan proses produksi menjadi out of control. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menyelidiki pergeseran rata-rata adalah menggunakan diagram kendali, diagram kendali pertama yang dikenal cukup populer adalah Shewhart. Namun diagram kendali tersebut kurang efektif dalam mendeteksi pergeseran rata-rata yang kecil  sehingga dikembangkan diagram kendali Cumulative-Sum (CUSUM) dan Exponentially Weighted Moving Average (EWMA). Kemudian untuk meningkatkan kemampuan deteksi dari diagram kendali, maka CUSUM dan EWMA digabung menjadi diagram kendali baru yaitu mixed EWMA-CUSUM (MEC) dengan menggunakan dua fitur tambahan yaitu headstart dan fast initial response (FIR). Dalam penelitian ini, akan dibahas mengenai penerapan diagram kendali mixed EWMA-CUSUM dengan modified fast initial response dan headsart (MECFIRHS) pada pengendalian kualitas produk. Data yang digunakan adalah data sekunder mengenai karakteristik mutu tebal kayu lapis yang diproduksi PT. XYZ Jakarta. Penerapan pada pengamatan proses produksi kayu lapis menunjukan hasil bahwa proses dalam keadaan terkendali.

Kata Kunci: EWMA, CUSUM, mixed EWMA-CUSUM, headstart, fast initial response.


Keywords


EWMA, CUSUM, mixed EWMA-CUSUM, headstart, fast initial response.

Full Text:

PDF

References


Ajadi, J. O., Muhammad Riaz, dan Khalid Al-Ghamdi. (2015). On Increasing The Sensitivity Of Mixed EWMA-CUSUM Control Charts For Location Parameter. Journal of Applied Statistics. DOI: 10.1080/02664763.1094453.

Haq. A., Jennifer Brown, dan Elena Moltchanova. (2014). Improved Fast Initial Response Features for Exponentially Weighted Moving Average and Cumulativ Sum Control Charts. Qual. Reliab. Eng. Int. 30 (5), pp. 697-710.

Montgomery, D. C. (2009). Introduction to Statisstical Quality Control 6th Edition. New York: Wiley.

Montgomerry, D. C. (2011). Applied Statictics and Probability for Engineers Fifth Edition. New York: Wiley.

Muchlis, R. D. (2010). Pengendalian Kualitas Statistika. Bandung: Pustaka Ceria.

Siegel, Sidney. (1997). Statistika Non-Parametrik untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Steiner. S. H. (1999). EWMA Control Charts with Time Varying Control Limits and Fast Initial Response. J. Qual. Technol. 31 (1), pp. 75-86.

Sudjana. (2002). Metode Statistika. Bandung. Tarsito.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.9737

Flag Counter     Â