Diagram Kendali Exponentially Weighted Moving Average Sign

Debby Alviolinda Nuraviva, Anneke Iswani Achmad, Suliadi Suliadi

Abstract


Abstrak. Salah satu pengembangan dari diagram kendali Shewhart adalah diagram kendali Exponentially Weighted Moving Average (EWMA). Diagram kendali EWMA digunakan untuk mendeteksi pergeseran yang kecil. Menurut Montgomery (2009) pergeseran dikatakan kecil jika besarnya pergeseran ini kurang dari 1.5ðœŽ. Diagram kendali EWMA mengasumsikan datanya berdistribusi normal. Namun pada kenyataannya, banyak data yang berasal dari populasi atau proses yang tidak berdistribusi normal. Dalam penelitian ini, akan dibahas mengenai penerapan diagram kendali EWMA menggunakan pendekatan nonparametrik atau yang dapat disebut dengan EWMA Sign Control Chart menggunakan data pengontrolan tegangan maksimum dari lempengan aluminium di PT. Dirgantara Indonesia. Berdasarkan data tersebut, pada skripsi ini juga akan dilakukan perbandingan antara EWMA Sign Control Chart dan diagram kendali EWMA standar pada data pengontrolan tegangan maksimum dari lempengan aluminium di PT. Dirgantara Indonesia. Hasil menunjukkan bahwa pada kondisi ARL0 yang sama, EWMA Sign Control Chart lebih cepat dalam mendeteksi sinyal tidak terkendali dibandingkan dengan diagram kendali EWMA standar pada proses produksi lempengan aluminium di PT. Dirgantara Indonesia.

Kata Kunci: Diagram Kendali, EWMA Sign Control Chart, Diagram Kendali Exponentially Weighted Moving Average.


Keywords


Diagram Kendali, EWMA Sign Control Chart, Diagram Kendali Exponentially Weighted Moving Average.

Full Text:

PDF

References


Abbasi, S. A. (2010) On The Performance of EWMA Chart in the Presence of Two-Component Measurement Error. Quality Engineering, 22:199-123

Montgomery, D.C. (2009), Introduction to Statistical Quality Control, six edition. New York, John Wiley&Sons,Inc.

Montgomery, D.C., Runger, G.C. (2011), Applied Statistics and Probability for Engineers, 5th ed., John Wiley & Sons, Inc.

Muchlis, D.R (2010). Pengendalian Kualitas Statistika, Bandung. Pustaka Ceria.

Sudjana. (2002). Metode Statistika. Bandung. Tarsito.

Yang. S.F et al. (2011). A New Nonparametric EWMA Sign Control Chart. Expert System with Applications, 6239-6243




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.9049

Flag Counter     Â