Penerapan Analisis Konjoin untuk Menentukan Preferensi Konsumen terhadap Kriteria Hotel Syariah

Ilham Saputra S, Abdul Kudus

Abstract


Abstract. Measuring one's preferences can be done by a variety of techniques and methods based on the person's subjectivity in evaluating their choices, one of them is conjoint analysis. Conjoint analysis is a technique to see the impact of different factors on the overall benefits derived from a good or service. In this research, the data used are primary data obtained through distributing questionnaires with the target population is the academicians of the Islamic University of Bandung who are active in the odd semester of 2019 which is limited to lecturers and students, with the topic of measuring respondents' preferences against the criteria for Islamic hotels. The estimation results of the multiple regression equation with dummy variables obtained from all respondents are:  where  is the prediction of the total score of preference for stimuli,  is worship facilities (mosque),  is a swimming pool and gymnasium separated between men and women,  is the rule prohibiting drunkenness and gambling, and  is a uniform policy to cover aurat for hotel staff. While the total utility value of each factor can be done using the basic model of conjoint analysis as follows: with  is utility,  is there is no worship facility (mosque),  is there is a worship facility (mosque),  there is no separate swimming pool and gymnasium between men and women,  is there a swimming pool and gymnasium separated between men and women,  is there are no rules prohibiting drunkenness and gambling,  is there are rules prohibiting drunkenness and gambling,  is there is no policy in uniform covering aurat for hotel staff, and  there is a policy of covering the genitals of hotel staff in uniform.

Keywords: Preference, Conjoint Analysis, Islamic Hotel.

Abstrak. Mengukur preferensi seseorang dapat dilakukan dengan berbagai macam teknik dan metode yang didasarkan pada subjektifitas orang tersebut dalam mengevaluasi pilihan-pilihannya, salah satunya adalah analisis konjoin. Analisis konjoin merupakan sebuah teknik untuk melihat dampak dari faktor yang berbeda pada manfaat keseluruhan yang diperoleh dari suatu barang atau jasa. Pada penelitian ini, data yang digunakan adalah data primer yang didapat melalui penyebaran kuesioner dengan populasi yang menjadi sasaran adalah sivitas akademika Universitas Islam Bandung yang aktif di semester ganjil tahun 2019 yang terbatas pada dosen dan mahasiswa, dengan topik bahasan mengukur preferensi responden terhadap kriteria hotel syariah. Hasil taksiran persamaan regresi berganda dengan peubah dummy yang diperoleh dari keseluruhan responden adalah:  dengan  adalah prediksi total skor preferensi terhadap stimuli,  adalah fasilitas beribadah (masjid),  adalah kolam renang dan gymnasium terpisah antara laki-laki dan perempuan,  adalah aturan melarang kegiatan mabuk dan berjudi, dan  adalah kebijakan berseragam menutup aurat bagi staf hotel. Sedangkan nilai kegunaan total dari masing-masing faktor dapat dilakukan dengan menggunakan model dasar analisis konjoin sebagai berikut: dengan  adalah utilitas,  adalah tidak ada fasilitas beribadah (masjid),  adalah ada fasilitas beribadah (masjid),  adalah tidak ada kolam renang dan gymnasium terpisah antara laki-laki dan perempuan,  adalah ada kolam renang dan gymnasium terpisah antara laki-laki dan perempuan,  adalah tidak ada aturan melarang kegiatan mabuk dan berjudi,  adalah ada aturan melarang kegiatan mabuk dan berjudi,  adalah tidak ada kebijakan berseragam menutup aurat bagi staf hotel, dan  adalah ada kebijakan berseragam menutup aurat bagi staf hotel.

Kata Kunci: Preferensi, Analisis Konjoin, Hotel Syariah.


Keywords


Preferensi, Analisis Konjoin, Hotel Syariah.

References


Barakah, Ainun. 2018. Utilitas Dalam Perilaku Konsumen Perspektif Keislaman. Junal Studi Keislaman vol.4, No.2, Desember 2018: P-ISSN 2443-2741; E-ISSN 2579-5503.

Basalamah, Anwar. 2011. Hadirnya Kemasan Syariah Dalam Bisnis Perhotelan Di Tanah Air. Binus Business Review: 763-769.

Battour, Mohamed., Moustafa Battor., MuhammadAwais Bhatti. 2013. Islamic Attributes of destination: Construct Development and Measurement Validation, and Their Impact on Tourist Satisfaction. International Journal Of Tourism Research, Int. J Tourism Res. DOI: 10.002/jtr.1947.

Pujiastuti, Atin S. 2009. Pertimbangan Dan Keputusan Yang Mendasari Penggunaan Senjata Api Pada Proses Penangkapan (Studi Terhadap 7 Anggota Reserse POLRI). Depok: Program Studi Kriminologi Universitas Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.23505

Flag Counter     Â