Penerapan Uji Jonckheere Terpstra Untuk Menguji Hipotesis Alternatif Berurut Pada k Sampel bebas menggunakan Software Minitab

Gina Ghifari Shofa, Siti Sunendiari, Abdul Kudus

Abstract


Statistika merupakan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan data. Salah satu cara untuk memperoleh atau mengumpulkan data adalah dengan mengadakan penelitian langsung ke lapangan atau percobaan di laboratorium terhadap obyek penelitian yang kemudian hasilnya dicatat untuk dianalisis. Dalam melakukan sebuah penelitian atau percobaan, dibutuhkan sebuah desain eksperimen. Salah satu desain eksperimen yang umum digunakan dalam penelitian ilmiah adalah one-way layout. Desain eksperimental ini memudahkan dalam menguji hipotesis statistik yang mempunyai kelompok kontrol dan perlakuan (Juneau, 2006). Pada statistika nonparametrik salah satu metode untuk menganalisis data dalam k sampel saling bebas adalah uji Jonckheere Terpstra. Dalam skripsi ini, uji Jonckheere Terpstra dilakukan untuk tiga buah sampel dimana diperhatikan apakah median dari kelompok satu, dua, dan tiga tersebut berurutan (ordered) atau tidak. Perhitungannya selain manual juga menggunakan software. Peneliti dalam hal ini, menggunakan software Minitab untuk melakukan pengujian Jonckheere Terpstra.

Keywords


Nonparametrik, k sampel bebas, Jonckheere Terpstra

References


Daniel, W.W. (1998). Statistik Nonparametrik Terapan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Fadhlih, A. (2011). Efek Pemberian Infusa Bawang Putih Terhadap Penurunan Gula Darah Puasa Pada Tikus Jantan Yang Diinduksi Aloksan. Bandung: Skripsi Universitas Islam Bandung.

Hollander, M., Wolfe, A.D. (1999). Nonparametric Statistical Methods. New York: A wiley-Interscience Publication.

Jonckheere, A.R., (1954). A Distribution Free k-Sampel Test Againts Ordered Alternatives, Journal of Biometrika. 41, hal. 133-145.

Juneau, P. (2006). Nonparametric Inference for Ordered Alternatives in a One-Way Layout Using the SAS System, pp 1.

Karyana, Y., Yanti, T.S., Wachidah, L. (2011). Statistika Nonparametrik. Bandung: Universitas Islam Bandung.

Siegel, S. (1997). Statistika Nonparametrik Untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: PT Tarsito Bandung.




Flag Counter