HUBUNGAN ANTARA SELF-ESTEEM DENGAN PERILAKU COMPULSIVE BUYING PADA REMAJA ANGGOTA HANSAMO

ELVIANA FITRI RANGKUTI, OKI MARDIAWAN

Abstract


Bandung Korea Community (Hansamo) merupakan komunitas pencinta Hallyu (gelombang Korea) yang terdapat di Bandung. Terdapat fenomena-fenomena yang menunjukkan bahwa anggota komunitas Hansamo memiliki penilaian negatif terhadap Self Esteem nya yang berdampak pada perilaku compulsive buying sebagai cara untuk melindungi self-esteemnya dari penilaian negatif tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa erat hubungan antara Self Esteem dengan perilaku Compulsive Buying remaja penggemar hallyu wave yang terdapat pada Bandung Korea Community (Hansamo). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional dengan jumlah subjek sebanyak 60 orang anggota Bandung Korea Community (Hansamo) yang masih aktif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh korelasi dengan nilai sebesar rs = - 0,417 maka terdapat hubungan yang negatif antara Self Esteem dengan compulsive buying remaja penggemar hallyu wave Anggota Bandung Korea Community (Hansamo).

Keywords


self esteem, compulsive buying, remaja, komunitas

References


Bandung Korea Community. http://hansamobandung.wordpress.com/ (Diakses 4 Maret 2014)

Brehm, Sharon; Kassin, Saul (1996). Social Psychology. Third Edition. Houghton Mifflin Company

Ditmar, Helga. (2005). Compulsive Buying – a Growing Concern? An Examination of Gender, Age, and Endorsement of Materialistic Values As Predictors. The British Psychological Society, pp. 96, 467-491

Engel, J., Blackwell, Miniard. (1995). Consumer Behavior. Eight Edt. Florida. The Dryden Press.

Howe, Lori (2002). Self Esteem in girls: Does Physical Education Make a Difference?. Lethbridge, Alberta.

Lina & Rosyid (1997). Perilaku Konsumtif Berdasarkan Locus of Control Pada Remaja Putri. Jurnal Psikologika Ed.4, th. II. Universitas Gadjah Mada..

O’Guinn; Thomas C; Ronald J. Faber. (1989). Compulsive Buying: A Phenomenological Exploration. Journal of Consumer Research.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.986

Flag Counter    Â