Studi Deskriptif Mengenai School Engagement pada Siswa Kelas XII IPS 3 SMA Negeri “X†Bandung

Rahmadita Oktavia, Umar Yusuf

Abstract


Abstract. SMA Negeri "X" Bandung is one of the SMA Negeri located at Jalan Utsman Bin Affan No.1 Bandung. Based on the data obtained at SMA Negeri "X" Bandung, many students have low achievement, often violating school rules, not doing school tasks, not participating in the learning process, and not participating in school activities (extracurricular), students feel unhappy about teachers, classmates, school, and the learning process in the classroom and the lack of use of strategies in learning. The purpose and purpose of this research is to obtain empirical data about the description of school engagement in grade XII IPS 3 students in SMA Negeri "X" Bandung. This research is a descriptive research. The population of this study were 40 students of class XII IPS 3 SMA Negeri "X" Bandung. The data collection used measuring instrument in the form of scale of school engagement developed by the researcher based on school engagement theory from Fredricks. Data obtained in the form of ordinal data, with data processing using the calculation Percentage (%). Based on the results of data processing, then obtained the result that as many as 26 students have low school engagement, and 14 students have high school engamement.

Keywords: School Engagement, School Level, High School Students

Abstrak. SMA Negeri “X†Bandung merupakan salah satu SMA Negeri yang terletak di Jalan Utsman Bin Affan No.1 Bandung. Berdasarkan data-data yang diperoleh di SMA Negeri “X†Bandung, banyak siswa yang memiliki prestasi rendah, sering melanggar peraturan sekolah, tidak mengerjakan tugas-tugas sekolah, tidak berpartisipasi dalam proses pembelajaran, dan tidak berpartisipasi dalam kegiatan sekolah (ekstrakurikuler), siswa merasa tidak senang terhadap guru, teman sekelas, sekolah, dan proses pembelajaran di kelas serta tidak adanya penggunaan strategi dalam pembelajaran. Maksud dan tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mendapatkan data empiris mengenai gambaran school engagement pada siswa kelas XII IPS 3 di SMA Negeri “X†Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah 40 siswa kelas XII IPS 3 SMA Negeri “X†Bandung. Pengumpulan data menggunakan alat ukur berupa skala school engagement yang dikembangkan oleh peneliti berdasarkan teori school engagement dari Fredricks. Data yang diperoleh berupa data ordinal, dengan pengolahan data menggunakan perhitungan Persentase (%). Berdasarkan hasil pengolahan data, maka didapatkan hasil bahwa sebanyak 26 siswa memiliki school engagement yang rendah, dan 14 siswa memiliki school engamement yang tinggi.

Kata Kunci: School engagement, Tingkat Sekolah, Siswa SMA

 


Keywords


School engagement, Tingkat Sekolah, Siswa SMA

Full Text:

PDF

References


Noor, Hasanuddin. (2009). Psikometri. Bandung:Jauhar Mandiri.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Santrock, John, W. (2002). Life-Span development: Perkembangan Masa Hidup. Edisi ke-5, Jakarta : Penerbit Erlangga.

Zenith.(2015). Keprimaan Ilmu Untuk Kecerdasan Bangsa. Vol 4, No. 1.

Fredricks,Jennifer A. (2004). School Engagement: Potential of the Concept, State of the Evidence, School Engagement. Vol 74, No 1.

Fredricks, J A. Blumenfeld, P. C.& Paris, A.H (2004). School engagement: Potential of the concept, state of the evidence. Review of Educational Research, 74(1), 59-109.

Afrianty, Firda(2015). Studi Deskriptif Schol Engagement Siswa Kelas X, XI Dan XII IPS SMA MUTIARA 2 Bandung

Ema, Evi(2015). School Engagement pada Siswa SMA Pangudi Luhur Van Lith Muntilan. Zenit. Volume 4 Nomor 1 April 2015

Silalahi, D. U. (2015). Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Bandung: Refika Aditama.

Sugiyono, P. D. (2010). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.9474

Flag Counter    Â