Hubungan antara Self-Efficacy dengan Stress pada Mahasiswa yang Sedang Menyusun Skripsi di Universitas Islam Bandung

Galuh Sekar Anindya, Dewi Sartika

Abstract


Abstract. College students have several of responsibilities that they have to finished. One of the demands that they faced is the demand to finishing a final essay. In finishing an essay, most of the college students are facing an obstacles and particular problems. Various obstacles and problems that they faced could lead them to stress. Low self efficacy or their belief of their ability to finish the final essay inside themself also one of the phenomenon that appear from them. The purpose of this research is to obtain the degree of closeness relation between self efficacy and stress level on college student who are creating a final essay at Bandung Islamic University which are 130 in amount. The methods that is used to obtain the data is self efficacy scale that is constructed by self efficacy theory from Albert Bandura (1997), and stress scale that is constructed by stress theory from Sarafino (2008). Data processing was using Rank Spearman correlation test. Based on the data processing, there is a significant negative relation with low correlation between self efficacy with stress (rs=-0.307) on college student who are creating a final essay at Bandung Islamic University. Based on the result, the lower the self efficacy, then the higher stress will be.

Keywords : Self Efficacy, Stress, College Student

 

Abstrak. Mahasiswa memiliki berbagai tanggung jawab yang harus diselesaikan. Salah satu tuntutan yang dihadapi oleh mahasiswa adalah tuntutan dalam menyelesaikan skripsi. Dalam menyelesaikan skripsi, sebagian besar mahasiswa menghadapi hambatan dan permasalahan-permasalahan tertentu. Berbagai hambatan dan permasalahan yang dihadapi oleh mahasiswa ini dapat menyebabkan mahasiswa mengalami stress. Rendahnya self-efficacy atau keyakinan diri mahasiswa terhadap kemampuannya dalam menyelesaikan skripsi yang ada dalam diri mahasiswa juga merupakan gejala yang nampak pada diri mahasiswa tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat derajat keeratan hubungan antara self-efficacy dengan tingkat stress pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi di Universitas Islam Bandung yang berjumlah 130 orang. Metode yang digunakan untuk memperoleh data adalah skala self-efficacy yang disusun berdasarkan teori self-efficacy dari Albert Bandura (1997), dan skala stress yang disusun berdasarkan teori stress dari Sarafino (2008). Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji korelasi Rank Spearman. Berdasarkan hasil pengolahan data, terdapat hubungan negatif yang signifikan dengan korelasi rendah antara self-efficacy dengan stress (rs=-0.307) pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi di Universitas Islam Bandung. Berdasarkan hasil tersebut, maka semakin rendah self-efficacy mahasiswa, maka semakin tinggi stressnya.

Kata Kunci: Self-efficacy, Stress, Mahasiswa


Keywords


Self-efficacy, Stress, Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Alwisol. 2009. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.

Anonim. 2017. Pengertian Skala Likert dan Contoh Cara Hitung Kuesioner. Diambil dari: https://www.diedit.com/skala-likert/

Broto, Henricus Dimas. 2016. Stress Pada Mahasiswa Penulis Skripsi (Jurnal). Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma

Friedman, H. 1998. Encyclopedia of Mental Health. San Diego: Academic Press.

Hadi, Syamsul. 2013. Pengertian dan Contoh Angket atau Kuesioner. Diambil dari: http://www.maribelajarbk.web.id/2014/12/pengertian-dan-contoh-angket-atau-kuesioner.html

Hasfrentia, Yosephin Darista. 2016. Hubungan Antara Self Efficacy dengan Stress Akademik Pada Pelajar SMAN 1 Tuntang (Jurnal). Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana

Hidayat, Anwar. 2012. Purposive Sampling. Diambil dari: https://www.statistikian.com/2017/06/penjelasan-teknik-purposive-sampling.html

Melly. 2008. Hubungan Antara Kreativitas dan Stress pada Mahasiswa Tahun Pertama Jurusan Arsitektur Universitas Indonesia (Jurnal). Jakarta: Universitas Indonesia.

Nurnaini, Kurnia. 2014. Motivasi Berprestasi Mahasiswa Penyandang Tunadaksa (Jurnal). Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Permatasari, Ana. 2014. Hubungan Self Efficacy Dengan Stres Pada Mahasiswa yang Sedang Menyusun Skripsi Di Semester Ganjil 2013/2014, Universitas Esa Unggul (Jurnal). Jakarta: Universitas Esa Unggul.

Rahman, Syahnur. 2011. Faktor-faktor yang Mendasari Stress Pada Lansia (Jurnal). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sarafino, Edward. P, et.al. 2008. Health Psychology. New York: John Wiley & Sons.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sukadiyanto. 2010. Stress dan Cara Menguranginya (Jurnal). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Vea Adrisa Ladia Putri, Bernadette & Agias Fitri S.Psi., M.Psi, Rani. 2013. Hubungan Stres dengan Karakteristik Motivasi Berprestasi pada Siswa Tunarungu yang Bersekolah di Sekolah Inklusi (Jurnal). Jakarta: Binus

Verlitasari, One Kusuma. 2014. Hubungan Antara Self Efficacy Dengan Stress Kerja Pada Karyawan CV. X, Karanganyar Jawa Tengah (Jurnal). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta

Wahyuni, Noor. 2014 Uji Validitas dan Reliabilitas. Diambil dari: http://qmc.binus.ac.id/2014/11/01/u-j-i-v-a-l-i-d-i-t-a-s-d-a-n-u-j-i-r-e-l-i-a-b-i-l-i-t-a-s/

Wicaksono, Khairul Amry. 2015. Hubungan Antara Self Efficacy dan Self Regulation dengan Perencanaan Karir Pada Mahasiswa Semester 8 Universitas Negeri Semarang (Jurnal). Semarang: Universitas Negeri Semarang

Wina, Sanjaya. 2013. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Yusrizal. 2008. Pengujian Validitas Konstruk Dengan Menggunakan Analisis Faktor (Jurnal). Medan: Universitas Negeri Medan




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.9443

Flag Counter    Â