Studi Deskriptif Profile Needs pada Wanita yang Mengikuti Olahraga Militer di Komunitas Spartan Komando Bandung

Vebby Febriyanti, Endang Pudjiastuti

Abstract


Abstract. Needs is a construct that represents a power in the part of the brain, the power that governs perception, apperception, understanding, conformation and activity in such a way as to alter an existing and unsatisfactory situation in a particular direction. Sports are physical activities carried out planned for various purposes , including health, fitness, recreation, education, and achievement. One of the sports activities that began to be in great demand in the city of Bandung in 2017 is a military sport activities led by Major Infantry Eka Wira, this community is called the sports community Spartan Command. Everyone who does something must have an inner need to be fulfilled. According to Murray Need not working alone, but always in touch with each other. The purpose of this study is to obtain empirical data about the profile needs of women who do military exercises in Spartan Command Bandung community and see that any needs that dominate in women who follow this military sport. Data processing in this research is descriptive analysis. Data collection is done with using the Psychology test tool that is Tests Edward Personal Preference Schedule (EPPS). Research respondents were female members who participated in military sports in the Spartan Commando community from the beginning up to now, amounting to 10 people. The results showed that dominating needs were n Exhibition, n Autonomy, n Change in high category. Low needs are n Heterosexuality, n Affiliation, n Succorance.

Keywords : Profile Needs, Military Sports, Edward Personal Preference Schedule (EPPS)

 

Abstrak. Needs adalah suatu konstruk yang mewakili suatu daya pada bagian otak, kekuatan yang mengatur persepsi, apersepsi, pemahaman, konasi dan kegiatan sedemikian rupa untuk mengubah situasi yang ada dan yang tidak memuaskan ke arah tertentu. Olahraga adalah aktivitas fisik yang dilakukan secara terencana untuk berbagai tujuan, antara lain mendapatkan kesehatan, kebugaran, rekreasi, pendidikan, dan prestasi. Salah satu kegiatan olahraga yang mulai banyak diminati di Kota Bandung ditahun 2017 ini adalah kegiatan olahraga militer yang dipimpin langsung oleh Mayor Infanteri Eka Wira, komunitas ini disebut komunitas olahraga Spartan Komando. Setiap orang yang melakukan sesuatu tentunya memiliki kebutuhan dalam dirinya untuk dipenuhi. Menurut Murray Need tidak bekerja sendiri-sendiri, melainkan selalu berhubungan satu sama lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiric mengenai profile needs pada wanita yang melakukan olahraga militer di komunitas Spartan KomandoBandung dan melihat bahwa needs apa saja yang mendominasi pada wanita yang mengikuti olahraga militer ini.Pengolahan data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan alat tes Psikologi yaitu Tes Edward Personal Preference Schedule (EPPS). Responden penelitian adalah anggota wanita yang mengikuti olahraga militer dikomunitas Spartan Komando dari awal terbentuk sampai dengan sekarang yaitu berjumlah 10 orang. Hasil penelitian menunjukkan needs yang mendominasi adalah n Exhibition, n Autonomy, n Change dalam kategori tinggi. Needs yang rendah yaitu n Heterosexuality, n Affiliation , n Succorance.

Kata Kunci : Profile Needs, Olahraga Militer, Edward Personal Preference Schedule (EPPS)


Keywords


Profile Needs, Olahraga Militer, Edward Personal Preference Schedule (EPPS)

Full Text:

PDF

References


Alwisol. (2009). Psikologi Kepribadian edisi revisi. Malang: UMM Press.

Arikunto, S. (2009). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Atkinson, R. &. (1993). Pengantar Pikologi Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Depdiknas. (2004). Undang - Undang Republik Indonesia Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pusat Data dan Informasi Pendidikan .

Edwards. (1954). Edwards Personal Preference Schedule . New York: The Psycological Corporation.

Hall, C. S., & Gardner, L. (1993). Teori-Teori Holistik (Organisme-Fenomenologis),. Yogyakarta: Kanisius.

Herdansyah, H. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu Psikologi. Jakarta Selatan: Salemba Humanika.

Marnat, G. G. (2009). Handbook of Psychological Assesment. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Noor, Hasanuddin. (2009). Psikometri: Aplikasi dalam Penyusunan Instrumen Perlaku. Bandung : Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung

Saraswati, S. (2009). Cara Mudah Menyusun Proposal, Skripsi, Tesis, Desertasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sumintardja, E. (2012). Edwards Personal Preferences Schedule. Bandung.

Sumber penelitian :

Agustien, F. (2011). Motivasi Wanita Mengikuti Senam Aerobik Di Sanggar Senam Ceria Sidoarjo .

Amalia, D., & Pudjiastuti, E. (2016). Studi Deskriptif Mengenai Profile Kebutuhan pada Remaja Cabe-Cabean di Kota Bandung .

Asri C.A. (2012). Studi Deskriptif Mengenai Profile Kebutuhan Siswa Pelaku Bullying di SLTP X .

Astuti, P. M. (2017, Maret 9). Olahraga Yag Paling Disukai Wanita. Daily .

Fauziah. (2013). Pengaruh Motivasi, Pelatihan Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Nadira Prima Semarang .

Nurani, T. A. (2012). Gambaran Profile Needs Pada Mahasiswa Kos Di Jatinangor yang Melakukan Premarital Intercourse .

Risman, M. (2012). Studi Tentang Profile Kebutuhan Pada Komunitas Vespa RAT's Scooter Di Cimahi Tahun 2012 .

Ristendi. (2014). Studi Tentang Profil Needs Pendiri Klub Motor Vespa Maniac Independent Teams Scooters (MITS) dalam Konunitas Vespa RATS’s Scooters Di Kabupaten Bandung Barat.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.9405

Flag Counter    Â