Hubungan Self Efficacy dalam Mata Pelajaran Fisika dan Kecemasan Ujian Fisika Pada Siswa Gifted di Kelas Akselerasi SMA Negeri 3 bandung

Silmi Ekawati

Abstract


SILMI EKAWATI, Hubungan antara Self Efficaccy dalam mata pelajaran Fisika dengan kecemasan ujian Fisika pada siswa gifted di kelas akselerasi SMAN 3 Bandung.

Latar belakang masalah ini adalah banyaknya siswa gifted di kelas akselerasi SMA Negeri 3 Bandung memiliki Self Efficacy yang rendah dalam mata pelajaran Fisika, yakni pelajaran yang memiliki tingkat kesulitan yang sangat kompleks. Faktor guru pun dikeluhkan oleh siswa, hal yang diterangkan oleh guru mata pelajaran Fisika terkadang sulit dipahami. Walaupun siswa telah berusaha mengikuti bimbingan belajar, siswa masih merasa tidak yakin akan apa yang telah dipelajari sebelumnya di sekolah maupun di bimbingan belajar dapat membantunya dalam mengerjakan soal ujian Fisika. Terlebih lagi siswa memiliki pengalaman selalu mendapat nilai di bawah KKM (76,00) dan mengikuti remidial,  sehingga siswa cemas ketika akan menghadapi ujian Fisika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa kuat hubungan Self Efficacy dalam mata pelajaran Fisika dengan kecemasan ujian Fisika. Metoda yang digunakan dalam penelitian ini adalah metoda korelasi. Variabel pertama dalam penelitian ini adalah Self Efficacy dengan menkontruksikan alat ukur berdasarkan konsep teori dari Albert Bandura, variabel kedua adalah kecemasan ujian dengan memodifikasi alat ukur berdasarkan konsep teori Jerrel C. Cassady. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner yang terdiri dari 40 pernyataan di variabel pertama dan 36 pernyataan di variabel kedua. Hipotesis yang diajukan adalah semakin rendah Self Efficacy dalam mata pelajaran Fisika, maka semakin tinggi kecemasan ujian Fisika. Berdasarkan hasill pengolahan data dengan korelasi rank Spearman, diperoleh nilai korelasi sebesar -0.454. Atinya semakin rendah self efficacy maka semakin tinggi kecemasan ujian Fisika.

 

Kata kunci : Self Efficacy, kecemasan ujian, Fisika, gifted, akselerasi


Keywords


Self Efficacy; Kecemasan Ujian; Fisika; Gifted; Akselerasi

References


Ari, Galuh. Hubungan Antara Self Efficacy Dengan Kecemasan Pada Mahasiswa Psikologi Yang Mengontrak Skripsi Lebih Dari Dua Kali Di Universitas Islam Bandung, 2013

Arikunto, Suharsimi. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Andhayani, Shely. Hubungan Antara Self Efficacy Dengan Motivasi Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung, 2006

Bandura, Albert. 1997. Psychological Review Vol 84 No.2, 191-215 : Self Efficacy Toward a Unifiying Theory of Behavioral Change.

Bandura, A. 1994. Self-efficacy. In V. S. Ramachaudran (Ed.),

Encyclopedia of human behavior (Vol. 4, pp. 71-81). New York: Academic Press. (Reprinted in H.Friedman [Ed.], Encyclopedia of mental health. San Diego: Academic Press, 1998).

Barrow, Jennifer. 2013. Universal Journal and Educatinal Research : Anxiety, Self-Efficacy, and College Exam Grades. Huntington : Horizon.

Cassady, Jarrel C and Johnsosn, Ronald E. 2001. Cognitive Test Anxiety and Academic Performance. New York and London : Academy Press.

Cubukcu, Feryal. 2008. Journal of Theory and Practice in Education : A Study on The Corelation Between Self Efficacy and Foreign Language Learning Anxiety.

Danim, Sudarwan. 2007. Metode Penelitian untuk Ilmu-ilmu Perilaku. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Graziano. M, Anthony. 2000. Research Methods A Process Of Inquiry 4th Edition. London : Allyn & Bacon.

Nugraha, P Ahmad. 2007. Kecerdasan Emosi dan Efikasi diri Pelajaran Matematika. Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Nurhasnah. Forum Diklat Volume 13 No. 03 : Hubungan Efikasi Diri dan Indkes Prestasi Keberhasilan Belajar.

Ormrod, Jeanne Ellis. 2008. Educational Psychology Developing Learners. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Renzuli, Joseph. The Three-Ring Conception of Giftedness: A Developmental Model For Promoting Creative Productivity.

Renzuli, J. 2012. Reexamining the Role of Gifted Education and Talent Development for the 21st Century: A Four-Part Theoretical Approach. Sage.

Santrock, John W. 2011. Educatinal Psychology, 2nd Edition. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Schunk, D. H. (1991). Self-efficacy and academic motivation. Educational Psychologist, 26, 207-231.

Shea, Peter. 2010. Learning presence: Towards a theory of self-efficacy, self-regulation, and the development of a communities of inquiry in online and blended learning environments. United States, New York : Elsevier.

Silalahi, Ulber. 2012. Metode Penelitian Sosial. Bandung : PT Refika Aditama.

Spielberger. D, Charles. 1966. Anxiety and Behavior. New York and London : Academy Press.

Zajacova, Anna. 2005. Research in Higher Education Vol. 64, No.6 : Self Efficacy, Stress, Academic Succes in College. Sprenger Science and Bussines Media Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.913

Flag Counter    Â