Hubungan Antara Self Concept Dengan Health Beleif Pada Penderita Kanker Di Bandung Cancer Society

Imam Hidayat, Sita Rositawati

Abstract


Kanker payudara adalah suatu penyakit di mana terjadi pertumbuhan berlebihan atau perkembangan tidak terkontrol dari sel-sel (jaringan) payudara. Berbagai respon muncul dari setiap penderita dalam menghadapi penyakit kankernya mulai dari tidak percaya bahwa dirinya terkena kanker, merasakan bingung harus bagaimana, bahkan sampai ada yang menolak hasil diagnosa dari dokter. Sebagian penderita kanker payudara di BCS masih kurang memiliki kesadaran mengenai apa yang dilakukan, seperti masih ada penderita yang suka memakan makanan tidak sehat dan mengkonsumsi obat-obatan sembarangan. Mereka menganggap bahwa dari sekian lama pengobatan dan pola hidup sehat yang telah dilakukan, semuanya kurang bermanfaat karena mereka merasakan tidak adanya perubahan terhadap penyakitnya. Di lain sisi, banyak juga penderita merasakan perubahan-perubahan yang terjadi pada dirinya setelah melakukan pengobatan secara teratur dan pola hidup yang sehat. Kesadaran mengenai diri yang diamati, dialami, dan dinilai oleh individu itu sendiri, oleh William H. Fitts, et al (1971) disebut sebagai self concept. Dengan adanya self concept yang dimiliki oleh para penderita dapat mempengaruhi keyakinan mengenai kesehatan/health belief yang dimiliki penderita. Dari hal yang disebutkan di atas, tujuan penulis dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa erat hubungan antara self concept dengan health belief pada penderita kanker payudara di Bandung Cancer Society. Variabel pertama dalam penelitian ini adalah self concept dan diperoleh dengan menggunakan alat ukur Tennessee Self Concept Scale. Variabel kedua adalah health belief. Metoda yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan studi populasi pada penderita kanker payudara di Bandung Cancer Society sebanyak 20 orang. Data yang diperoleh berupa data ordinal. Data diolah menggunakan metode korelasi Rank Spearman untuk mengetahui hubungan antara dua variabel. Hipotesis dalam penelitian ini adalah semakin positif self concept, maka semakin positif health belief yang dimiliki penderita kanker payudara di BCS. Dari hasil pengolahan data dengan menggunakan korelasi Rank Spearman (rs) diperoleh angka korelasi sebesar 0,722 yang artinya terdapat hubungan yang erat antara self concept dengan health belief yang dimiliki penderita kanker payudara di BCS.
Kata Kunci: Self concept, health belief, dan penderita kanker payudara

Keywords


self concept dan health belief

References


DAFTAR PUSTAKA

Ancok, Djamaluddin. 1989. Teknik Skala Pengukuran. Yogyakarta: Pusat Penelitian Kependudukan Universitas Gajah Mada.

Arikunto, Suharsimi. 2000. Manajemen Penelitian. Cetakan Kelima. Jakarta: PT Rineke Cipta.

Bishop, George D. 2002. Health Psychology : IntegratingMind and Body

Brandon, Linda & Feist, Jess. 1997. Health Psychology : An introduction to Behavior & Health.

Dewi, Intan Purnamasari. 2011. Pengaruh Terapi Komunitas terhadap Self Concept pada Residen di LSM Rumah Cemara Bandung. Skripsi. Bandung: Fakultas Psikologi Unisba.

Dimatteo, M Robin & Leslie, R Martin. 200). Health Psychology A Textbook. Boston: Allyn & Bacon.

Fitts, William H., dkk. 1971. The Self Concept and Self Actualization.

Glanz K, Lewis Marcus editor. 2002. Health Behavior & Health Education. 3rd Edition. California: Jossey – Bass Inc.

Kaplan, Robert M. & Dennis P. Saccuzzo. 1993. Phsycological Testing principles, Application, and Issues. California: Brooks/Cole Publishing Company, Pacific Grove.

Ogden, Jane. 1996. Health Psychology A Textbook. Buckingham-Philadelphia: Open University Press.

Rahayu, Makmuroh Sri. 2010. Diktat Kuliah Metodologi Penelitian I. Bandung: Universitas Islam Bandung.

Sarafino, Edward P. dan Timothy W. Smith. 2011. Health Psychology: Biopsychosocial Interaction. 7th Edition. Canada: John Willey & Son, Inc.

Sitepu, Nirwana S.K.. 1995. Analisis Korelasi. Bandung : FMFA Unpad.

Smet, B. 1994. Psikologi Kesehatan. Jakarta: PT. Grasindo.

Taylor, S. E. 1999. Health Psychology. Boston: Mc. Graw Hill.




Flag Counter