Hubungan Teknik Disiplin Orangtua dengan Penyesuaian Akademik pada Siswa Kelas X SMA BPI 1 Bandung

alfi fattah suparba

Abstract


SMA BPI 1 merupakan salah satu sekolah swasta favorit di kota Bandung dan memiliki prestasi di bidang akademik dan non akademik, namun pada kenyataannya banyak siswa yang kurang berpartisipasi dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Banyak siswa yang mengobrol dan tidak memperhatikan guru, dari hasil wawancara  hal tersebut dipengaruhi salah satunya oleh peran orang tua di rumah. Teknik disiplin yang di tetapkan oleh orang tua akan berbeda-beda dan penghayatan anak pun akan berbeda pula. Dari wawancara siswa ada yang menghayati cara pendisiplinan yang keras, yang membuat dirinya tidak ada inisiatif dari dalam diri dan kurang berinteraksi di kelas. Ada juga siswa menghayati orang tua hanya mempersiapkan diri bila dibutuhkan saja dan menjadikan dia kurang dapat memproritaskan sesuatu. Ada juga siswa menghayati cara orang tua mendisiplikan dirinya dengan penjelasan yang jelas dan dirinya merasa diajak berpartisipasi dalam menentukan aturan rumah sehingga membuatnya mengerti apa yang harus dilakukan demi kemajuan dirinya.Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui seberapa besar keeratan hubungan antara penerapan teknik disiplin orangtua dengan penyesuaian akademik siswa kelas X SMA BPI 1 Bandung. Penelitian ini menggunakan teknik sampling pemilihan sampel acak sederhana, diperoleh 105 siswa kelas X. Alat ukur penerapan teknik disiplin yang digunakan adalah angket yang dikonstruksikan berdasarkan teori dari Hurlock (1992) dan Hoffman (1970). Sedangkan alat ukur penyesuaian akademik adalah berupa angket yang dikonstruksikan berdasarkan teori penyesuaian akademik dari Bem. P. Allen (1990). Pengolahan data dilakukan dengan metoda statistik nonparametrik, yaitu uji korelasi Rank Spearman. Berdasarkan pengolahan data, diperoleh hubungan antara penerapan teknik disiplin power assertion dengan penyesuaian akademik dengan rs = -0,747 dengan korelasi tinggi. Sedangkan hubungan antara penerapan teknik disiplin love withdrawl dengan penyesuaian akademik dengan rs = -0,733 dengan korelasi tinggi. Kemudian hubungan antara penerapan teknik disiplin induction dengan penyesuaian akademik diperoleh hasil sebesar rs = 0,759 dengan korelasi tinggi.

Keywords


Teknik disiplin orang tua, Penyesuaian akademik, SMA BPI 1

References


Allen, Bem. P. (1990). Personal Adjusment. New York : Mc Graw-Hill, Inc

Hurlock, Elizabeth B. (1990). Psikologi Perkembangan Anak, Jilid 2 edisi ke enam. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Noor, Hasanuddin. (2009). Psikometri ; Aplikasi dalam Penyusunan Instrumen Perilaku. Bandung : Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung

Santrock, John W. (2007). Remaja, Jilid 1 edisi 11. Alih Bahasa : Benedictine Widyasinta. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Silalahi, Ulber.(2012). Metode Penelitian Sosial. Bandung : Penerbit Refika Aditama

Sugiono. (2013), Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung : Penerbit Alfabeta

Sumber lain :

Afriani, Sisca Friscilia. (2011). Hubungan Dukungan Orang Tua Dengan Penyesuaian Akademik Para Siswa Underrachiever Kelas XI SMA Negeri 11 Bandung. Bandung : Universitas Islam Bandung

Faryani, Ayu. (2009). Hubungan Antara Teknik Disiplin Yang Ditetapkan Pimpinan Pondok Dengan Moral Judgement Remaja Di Pondok Anak Yatim Insan Kamil Mandiri Cimahi. Bandung : Universitas Islam Bandung

Halimah, Lilim, dkk. (2011). Hubungan antara Penerapan Teknik Disiplin Power Assertion dengan Penyesuaian Sosial Remaja di Panti Sosial Asuhan Anak Fajar Harapan Bandung. Bandung : lppm Unisba

Surya, Devi Permata. (2010). Hubungan Antara Persepsi Terhadap Teknik Penerapam Disiplin Dengan Penyesuaian Sosial. (Studi Hubungan antara Persepsi Terhadap teknik Penerapan Disiplin Power Assertion, Love Withdrawl, dan Induction Pada Remaja Putri Usia 15-18 Tahun di Panti Sosial Asuhan Anak Taman Harapan Muhammadiyah Bandung). Bandung : Universitas Islam Bandung

Internet :

Kepriexpose, Redaksi (2014, 10 Februari). “Berdasarkan Prestasi Dan Fasilitas, Inilah Daftar Sekolah Menengah Atas Terbaik Se Indonesiaâ€, http://www.kepriexpose.com (diakses 11 Mei 2014)

Profil SMA BPI 1 Bandung. http://www.smasbpi1bdg.net (diakses 11 Mei 2014)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.908

Flag Counter    Â