Hubungan Antara Hardiness dengan Coping Strategy Pada Siswa yang bekerja Part time di SMK Al-Falah Kota Bandung

Aulia Puspita Sarie

Abstract


Siswa yang memiliki dua tanggung jawab yaitu sebagai pelajar dan pegawai ini mempunyai tuntutan yang berbeda-beda, tuntutan ini memberikan dampak negatif pada siswa yang bekerja part time serta mengalami perubahan dalam kehidupannya yang membuat siswa yang bekerja part time dalam kondisi stres. Siswa yang bekerja part time memiliki karakteristik kepribadian yang menjadikan kekuatan dasar untuk menemukan kapasitas dalam menghadapi stres atas tekanan yang dihadapi berkaitan dengan kedua tanggung jawab tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara hardiness dengan coping strategy pada siswa yang bekerja part time di SMK Al-Falah Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi. Subjek penelitian sebanyak 72 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan alat ukur berupa skala hardiness yang didasarkan pada teori hardiness dari Kobasa dan Maddi (2005) dan Ways of Coping dari Lazarus dan Folkman (1984). Hasil uji Reliabilitas yaitu sangat tinggi (Hardiness= 0,926  dan Coping Strategy= 0,940). Analisis statistik menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang cukup berarti antara hardiness dengan coping strategy (x2= 13,757 dan C = 0,407). Sebanyak 71% (51 siswa yang bekerja part time) memiliki hardiness yang tinggi dan sebanyak 29% (21 siswa yang bekerja part time) memiliki hardiness yang rendah. Sebanyak 54% (39 siswa yang bekerja part time) menggunakan coping strategy yang bepusat pada masalah dan 46% (33 siswa yang bekerja part timemenggunakan coping strategy yang berpusat pada emosi.


Keywords


Hardiness;Coping strategy;siswa SMK

References


Daftar Pustaka

Bissonnette, Michelle. (1998). Optimism, Hardiness and Resiliency: A Review of the Literature. Prepared for the Child and Family Partnership Project.

Folkman, Lazarus. (1986). Dynamics of a Stressful Encounter : Cognitive Appraisal, Coping and Encounter Outcomes. Journal of a Personality and Social Psychology,50(5), 992-1003.

Gunarsa, Singgih D dan Gunarsa, Y.S.D. (1991). Psikologi Praktis: Anak, Remaja dan Keluarga. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.

Hurlock, Elizabeth B. (1990). Psikologi Perkembangan Anak (6th ed). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Indah Sari, Rani. (2013). Hardiness dengan Problem Focused Coping Pada Wanita Karir. Jurnal Online Psikologi, 01(02).

Kobasa, S.C. (1979). Stressful Life Events, Personality and Health: An Inquiry Into Hardiness. Journal of a Personality and Social Psychology,37, 1-15

Lazarus, Richard S. & Folkman, Susan. (1984). Stress, Appraisal and Coping. New York : Springer Pusblishing Company.

Maddi, S.R dan Kobasa, S.C (2005). The Story of Hardiness: Twenty Years of Theorizing, Research and Practice. Consulting Psychology Journal Practice and Research,54(3), 175-185.

Mahmud, M. D. (1990). Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Terapan Edisi I. Yogyakarta: BPFE.

Santrock, John W. (2002). Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Siegel, Sidney. (1992). Statistik Nonparametrik Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Cetakan Kelima. Jakarta: PT. Gramedia.

Smet, (1994). Psikologi Kesehatan. Jakarta: Grasindo.

Sugiyono. (2009). Statistika untuk Penelitian. Cetakan Kesepuluh. Bandung : CV ALFABETA.

Suharsimi, Arikunto. (2003). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sumber lain :

Nur Hamidah Ihsan, Ritmi. (2011). Studi Perbandingan Hardiness Pasien Kanker Payudara yang Bergabung dengan yang tidak Bergabung dalam Bandung Cancer Society. Skripsi. Bandung: Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung.

Sukma Utami, Dinda. (2007). Hubungan Antara Tingkat Kecemasan dengan Coping Strategy Pada Mahasiswa yang telah Mengontrak Skripsi Lebih dari Dua Kali di Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung. Skripsi. Bandung: Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung

Dahlan, Khairullah. (2007). Hubungan Antara Dukungan Suami dengan Coping Strategy Pada Perawat Wanita di Rumah Sakit Jiwa Bandung. Skripsi. Bandung: Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung

Internet :

Disdik, Minat siswa terhadap SMK semakin meningkat (2012, 2 Maret). Lensa Indonesia.http://m.lensaindonesia.com (diakses a 21 Februari 2014)

Permendikbud Nomor 70 Tahun 2013, Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (Jakarta : 2013). https://kusdiyono.files.wordpress.com (diakses 21 Februari 2014)

Profil SMK Al-Falah Kota Bandung. http://www.kankasep.wordpress.com (diakses 2 Mei 2014)




Flag Counter