HUBUNGAN LOCUS OF CONTROL DENGAN IMPULSE BUYING PEMBELANJAAN ONLINE

Galuh Mentari Hardanis, Sita Rositawati

Abstract


Abstrak. Kemudahan yang ditawarkan internet seperti akses 24 jam serta kemudahan melakukan transaksi online cenderung membuat konsumen melakukan pembelian yang tidak direncanakan dan lebih didasarkan oleh rasa suka. Pembelian yang lebih didasari emosi tanpa pertimbangan disebut juga dengan impulse buying (pembelian impulsif). Terdapat pengaruh eksternal dan internal yang mempengaruhi pembelian impulsif, yang mana termasuk dalam konsep locus of control. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris mengenai keeratan hubungan antara locus of control dengan impulse buying yang dilakukan pada mahasiswi Unisba yang melakukan pembelian produk fashion secara online. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi korelasional menggunakan teknik purposive sampling pada 100 orang mahasiswi Unisba yang pernah melakukan pembelian produk fashion secara online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin internal locus of control maka semakin rendah impulse buying.

Kata Kunci: Transaksi Online, Impulse Buying, Locus of Control.

 


Keywords


Transaksi Online, Impulse Buying, Locus of Control

References


DAFTAR PUSTAKA

Dameyasani, Aulia Wika and Juneman Abraham. 2013. Impulsive buying, cultural values dimensions and symbolic meaning of money: a study on college students in Indonesia’s capital city and its surrounding. International Journal of Research Studies in Psychology, Vol. 2, No. 4, October 2013, pp. 35-52.

Goh, Y. S., N. Priambodo, and M. D. Shieh. 2012. Online shopping behavior in taiwan and indonesia. The Asian Conference on Media and Mass Communication, pp. 97-107.

Hurlock, E.B. 1996. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Kacen, Jacqueline J., and Julie Anne Lee. 2002. The influence of culture consumer impulsive buying behavior. Journal of Consumer Psychology, Vol. 12(2), pp. 163-176.

Madhavaram, Sreedhar Rao and Debra A. Laverie. 2004. Exploring impulse purchasing on the internet. Advances in Consumer Research, Vol. 31, pp. 59-66.

Mapparie, Andi. 1983. Psikologi Orang Dewasa Bagi Penyesuian dan Pendidikan. Surabaya: Usana Offset Printing.

Mesiranta, Nina. 2009. Consumer online impulsive buying. Finland: University of Tampere. Dissertation, not published.

Park, Joo., Kim and Forney. 2005. A structural model of fashion oriented impulse buying behavior. Journal of Fashion Marketing and Management, Vol. 10(4), pp. 433-446.

Rahayu, Makmuroh Sri. 2011. Metodologi Penelitian I. Bandung: Universitas Islam Bandung.

Rook, D. W. 1987. The buying impulse. Journal of Consumer Research, Vol. 14, pp.189-199.

Rotter, J.B. 1966. Generalized expectancies for internal versus external locus of control of reinforcement. Psychological Monographs: General and Applied, Vol. 80(1), pp. 1-25.

Sugiyono. 2012. Penelitian Kualitatif Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Utami, Fika Ariani dan Sumaryono. 2008. Pembelian impulsif ditinjau dari kontrol diri dan jenis kelamin pada remaja. Jurnal Psikologi Proyeksi, Vol. 3(1), hal. 46-57.

Verplanken, B., and A. Herabadi. 2001. Individual differences in impulse buying tendency: feeling and no thinking. European Journal of Personality, Vol. 15, pp. 71-83.

Weaver, S. T., G.P. Moschis and T. Davis. 2011. Antecedents of materialism and compulsive buying: a life course study in Australia. Australian Marketing Journal, Vol. 19, pp. 247-256.

Widawati, Lisa. 2011. Analisis perilaku impulse buying dan locus of control pada konsumen di Carrefour bandung. Mimbar, Vol XXVII, No.2, Desember 2011, hal. 125-132.

Sumber Lain

E-Commerce. 2014. Data Statistik Mengenai Pertumbuhan Pangsa Pasar E-Commerce di Indonesia Saat Ini. (http://startupbisnis.com/data-statistik-mengenai-pertumbuhan-pangsa-pasar-e-commerce-di-indonesia-saat-ini/) diunduh pada 17 Oktober 2014




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.862

Flag Counter    Â