HUBUNGAN ANTARA HEALTH BELIEF DENGAN PERILAKU COMPLIANCE PADA REMAJA PENDERITA GASTRITIS KRONIS DI RS HASAN SADIKIN BANDUNG

Lidia Arlini

Abstract


ABSTRAK

Lidia Arlini. 10050010059. HUBUNGAN ANTARA HEALTH BELIEF DENGAN PERILAKU COMPLIANCE PADA REMAJA PENDERITA GASTRITIS KRONIS DI RS HASAN SADIKIN BANDUNG.

Penyakit gastrtis kronis merupakan radang jaringan pada lambung yang timbul akibat infeksi virus atau bakteri Helicobacter pylori yang dikarenakan asupan berlebihan makanan pedas, asam, minuman bersoda, merokok, ataupun dari terapi radiasi. Oleh sebab itu penderita yang terdiagnosis memiliki gastritis kronis hasil pemeriksaan endoskopi, harus mengikuti beberapa prosedur yang diberikan oleh dokter seperti makan teratur, tidak mengkonsumsi makanan pedas, asam, minuman bersoda, menjaga pola makan serta kontrol ke dokter minimal 1 bulan sekali. Ternyata sebagian besar pasien masih tidak mematuhi saran dokter tersebut dengan alasan mereka meyakini bahwa gastritis bukan penyakit yang serius, tidak akan menimbulkan efek negatif, mereka meyakini bahwa tidak ada manfaat dari mematuhi saran dokter. Namun terdapat pasien yang telah mengikuti semua yang direkomendasikan oleh dokter karena mereka meyakini bahwa gastritis merupakan penyakit yang dapat mengancam kesehatan mereka. Adapun tujuan penelitian ini untuk memperoleh data empiris mengenai hubungan antara health belief dengan perilaku compliance pada penderita gastritis kronis di RS hasan Sadikin Bandung. Subjek penelitian berjumlah 21 orang. Metode yang diterapkan ialah korelasional dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh keeratan hubungan antara health belief dengan compliance pada pasien gastritis kronis di RS Hasan Sadikin Bandung ialah  dan α = 0,001. Hal ini menunjukkan hubungan yang cukup berarti antara health belief dengan compliance. Hubungan yang cukup berarti ini memiliki arti bahwa health belief pada pasien penderita gastritis memiliki peran dalam membentuk perilaku patuh atau tidaknya pasien pada anjuran yang direkomendasikan dokter.


Keywords


Health Belief, compliance, gastritis kronis



Flag Counter