Hubungan Adversity Quotient dengan Social Skills pada Siswa Young Entrepreneur Academy Angkatan 29 Bandung

Tresna Suci Lestari, Sita Rositawati

Abstract


Pengusaha memiliki peran penting dalam mengembangkan pertumbuhan sosioekonomi sebuah Negara, seperti menambah sumber APBN Negara, meningkatkan devisa, dan pembuka lahan kerja. Dibanding Negara-negara Asia, Indonesia baru mempunyai sekitar 1,65% pelaku wirausaha dari total penduduk 250 juta jiwa. Salah satu upaya meningkatkan pengusaha di Indonesia dilakukan oleh Disperindag Provinsi Jawa Barat, yaitu dengan membentuk program seratus ribu wirausaha Jawa Barat. Upaya lain dilakukan oleh lembaga non-formal, seperti Young Entrepreneur Academy Bandung, yang berupaya menciptakan pengusaha dengan mental yang kuat dengan dibekali keilmuan dunia entrepreneur agar dapat menciptakan pekerjaan lain bagi orang lain (Job Creator). Didirikan sejak tahun 2007, YEA telah berhasil membentuk 31 angkatan, banyak alumni yang tercatat telah menjadi entrepreneur, meski tidak seluruhnya. Dalam proses pendidikan di YEA, siswa harus berhasil memenuhi sejumlah tantangan melalui kegiatan-kegiatan yang ditetapkan, akan tetapi pada setiap angkatan tidak seluruh siswa berhasil memenuhi tuntutan program yang telah ditetapkan, ada yang bersedia mengulang program atau mundur begitu saja. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris mengenai hubungan adversity quotient dengan social skills pada siswa YEA. Menggunakan konsep adversity quotient dari Stoltz (2005) dan social skills dari Riggio & Reichard (2008). Metode korelasional. Jumlah subjek 37. Pengambilan data menggunakan alat ukur baku Adversity Response Profile–Stolz dan Social Skills Inventory–Riggio. Pengolahan data menggunakan Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukan keeratan yang cukup antara adversity quotient dan social skills di siswa YEA Bandung, dengan nilai r=0.645.


Keywords


entrepreneur, adversity quotient, social skills

References


Amparo, Maureen. 2015. The Level of Adversity Quotient and Social Skills of Student Leaders at De La Salle Lipa. Thesis Psychology Department. University De La Salle Lipa.

Arikunto, Suharsimi. 2000. Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Astamoen, Moko P. 2005. Entrepreneurship (Dalam Perspektif Kondisi Bangsa Indonesia). Jakarta: Alfabeta.

Azwar, Saifuddin. 2003. Sikap Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bisnis Keuangan Kompas. 2016. Menggenjot Jumlah Ideal Pelaku Wirausaha Indonesia. Diambil dari Kompas.com, Ekonomi, Inspirasi.

Disperindag Jabar. 2017. Tentang Wirausaha Baru (WUB). Diambil dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat.

Kasali, Rhenald. 2005. Membidik Pasar Indonesia (Segmentasi, Targeting, Positioning). Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Lee, S.M. & Peterson, S. 2000. Culture, entrepreneurial orientation, and global competitiveness. Journal of World Business, 35: 401–416.

Meredith et al. 2002 . Kewirausahaan: Teori dan Praktek. Jakarta : PPM

Noor, Hasanuddin. 2009. Metode Penelitian. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Riggio, R. E. 1986. Assessment of Basic Social Skills. Journal of Personality and Social Psychology, Vol. 51, No, 3. Hal: 649-660.

& Carney, Dana R. 1989. Social Skills Inventory Manual (2nd ed.).

& Reichard, R. J. 2008. The emotional and social intelligences of effective leadership: An emotional and social skill approach. Journal of Managerial Psychology, Vol. 23 No. 2, Hal:169-185

Segrin, Chris. 1999. Social Skills, Stressful Life Events, and The Development of Psychosocial Problems. Journal of Social and Clinical Psychology; Spring 1999; 18, 1; ProQuest pg.14.

Sugiyono. 2012. Penelitian Kualitatif Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Suryana, 2003. Kewirausahaan: Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat

Spence, Susan H. 2003. Social Skills Training with Children and Young People: Theory, Evidence, and Practice. Child and Adolescent Mental Health. Journal 8 (2), 84-96.

Stoltz, Paul G. 2005. Adversity Quotient : Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Jakarta : PT Grasindo.

Wiki DPR. (2015). Rancangan Undang-undang (RUU) Kewirausahaan Nasional 2015-2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7692

Flag Counter    Â