Studi Deskriptif Mengenai Self Esteem Siswa Berprestasi Pada Geng Sekolah di SMAN 26 Bandung
Abstract
Di SMAN 26 Bandung terdapat 13 siswi berprestasi yang bergabung dengan sebuah geng yang mendaptkan label negatif dilingkungan sekolah. Dengan pola negatif yang dimiliki oleh geng tersebt, 13 siswi ini tidak terpengaruh dengan hal hal tersebut. Dari hasil wawancara dan obesravasi, didaptakan data bahwa 13 siswa tersebut merupakan siswa yan berprestasi baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Siswa siswa tersebut gemar mengikuti kompetisi akademik maupun non akademik dan mendapatkan penghargaan sebagai juara . Dari hasil wawancara diketahui bahwa siswa-siswi tersebut menilai bahwa dirinya memiliki potensi yang bisa dimanfaatkan dan merasa dirinya berharga. Dalam teori psikologi fenomena tersebut dinamakan Self Esteem. Kegunaan penelitian ini untuk memberikan informasi kepada pihak sekolah, siswa sendiri dan orang tua mengenai gambaran self esteem siswa berprestasi yang mengikuti geng sekolah di SMAN 26 Bandung sehingga pihak sekolah dan orang tua mampu memelihara keadaan yang dapat menggugah competence, power, virtue dan significance siswa, yaitu aspek dari Self Esteem. Metode penelitian yang digunakan adalah studi deskriptif dengan subjek sebanyak 13 siswa. Alat ukur penelitian menggunakan kuesioner yang di ukur berdasarkan teori self esteem dari coopersmith. Reliabilitas alat ukur self esteem sebesar 0,743. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebanyak 76,92% siswa berprestasi yang mengikuti geng hits di SMAN 26 Bandung memiliki Self Esteem yang tinggi.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
Branden, N. (1999). Kiat jitu meningkatkan harga diri. Alih Bahasa. Jakarta :
Pustaka Delapratesa.
Coopersmith, Stanley. (1967). The antecendents of self esteem. San Fransisco :
W. H. Freeman and Company
Elida, Prayitno. 2006. Psikologi Perkembangan Remaja. Padang : Angkasa Raya
Noor, Hasanuddin. (2012). Psikometri. Bandung, Jauhar Mandiri. Cetakkan kedua
Hurlock, H,Elizabet. (2010). Psikologi perkembangan, erlangga. Edisi keempat
Santrock,John. ( 2012) psikologi pendidikan, salemba humantika . cetakan kedua
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7650
  Â