Kontribusi Tiga Faktor Determinan Terhadap Intensi Membaca Berita/Informasi di Pikiran Rakyat Online (Studi Pada Pembaca HU. Pikiran Rakyat Usia 30-39 Tahun di Kota Bandung)

Fani Yunisa, Lisa Widawati, Anna Rozana

Abstract


Saat ini perkembangan teknologi semakin canggih dan berdampak pada perkembangan sistem informasi. Saat ini banyak media yang dapat digunakan untuk mendapatkan informasi/berita. Bahkan banyak surat kabar yang dapat diakses secara online. Namun hal itu tidak membuat konsumen beralih begitu saja pada media online, melainkan tetap dengan surat kabar cetak. Salah satunya adalah pembaca HU. Pikiran Rakyat di Kota Bandung. Pembaca menyadari keuntungan yang didapatkan dari membaca Pikiran Rakyat online, mereka mendapatkan saran dari orang terdekat untuk beralih ke media online, dan mereka menyadari kemudahan mengakses situs tersebut. Meskipun begitu, mereka tetap memilih Pikiran Rakyat cetak. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui determinan mana yang paling berkontribusi terhadap intensi membaca Pikiran Rakyat online. Metode yang digunakan adalah kontribusi dengan teknik analisis regresi linier ganda. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 100 responden. Alat ukur disusun berdasarkan teori Ajzen. Hasil penelitian menunjukkan 75% pembaca Harian Umum Pikiran Rakyat memiliki intensi membaca Pikiran Rakyat online yang lemah. Selain itu, faktor yang paling berkontribusi terhadap lemahnya intensi membaca Pikiran Rakyat online adalah determinan perceived behavioral control sebesar 12.74%.

Keywords


Intensi, Determinan Intensi, Membaca, Pikiran Rakyat online

References


Ajzen, I. (2005). Attitude, Personality and Behavior: Second Edition. Berkshire: Open University Pikiran Rakyatess and McGraw-Hill.

Assael, H. (1998). Consumer behavior and marketing action. Ohio: Cincinnati/Southwestern.

Azwar, Saifuddin. (1997). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Champion, Dean J. (1981). Basic Statistic for Social Research. New York: Macmllian Publishing Co.

Deliani, Evy. (2012). Pengaruh Desain Botol Parfum Terhadap Intensi Membeli Pada Remaja. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara.

Efendi, J. (2014). Faktor-Faktor Psikologis Yang Mempengaruhi Intensi Membeli Produk Fashion Tiruan. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri.

Emzir. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Fariza, Adyatia. (2013). Kontribusi Tiga Determinan Intensi Terhadap Intensi Perilaku Membuang Sampah Sembarangan Pada Mahasiswa Unisba Tamansari. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung.

Fishbein, M., & Ajzen, I. (2010). Predicting and Changing Behavior: The Reasoned Action Approach. New York: Taylor & Francis Group.

Ismail, V.Y., & Zain, E. (2008). Peranan Sikap, Norma Subjektif, dan Perceived Behavioral Control Terhadap Intensi Pelajar SLTA Untuk Memilih Fakultas Ekonomi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol. 5, No. 3, 237-257.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2004). Prinsip-Prinsip Pemasaran: Jilid 1. Jakarta: PT Indeks.

Kotler, P., & Keller, K.L. (2012). Marketing Management: Edisi 14. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Marcelino, S. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan HU. Pikiran Rakyat Bandung. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Ekonomi Universitas Pasundan.

Mowen, J.C., & Minor, M. (2002). Perilaku Konsumen: Jilid Dua. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Mulya, Teuku Adhika. (2009). Pengaruh Sikap, Norma Subjektif Dan Perceived Behavioral Control Terhadap Intensi Menggunakan Transjakarta Untuk Pergi Ke Tempat Kerja. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung.

Nardiawati, Juwita Dwi. (2008). Studi Mengenai Intensi Menunda Pengerjaan Skripsi Pada Mahasiswa Yang Mengontrak Skripsi Minimal Dua Semester Di Fakultas Psikologi Unisba. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung.

Nimah, M. Z. (2014).Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Intensi Membeli Oli Top 1. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Noor, Hasanuddin. (2012). Psikometri: Aplikasi Penyusunan Instrumen Pengukuran Perilaku. Bandung: Jauhar Mandiri.

Puspaningrum, Barina Indah. (2010). Analisis Perubahan Media Habit Dalam Mengkonsumsi Media di Era Teknologi Informasi: Studi Kasus Koran dan Media Online. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Rahayu, Makmuroh Sri. (2011). Metodologi Penelitian I. Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung: Tidak diterbitkan.

Ridwan, M. (2013). Analisis Kontribusi Penerimaan Retribusi Parkir Terhadap Realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Jepara. Skripsi (S1) thesis, STIENU Jepara.

Sinurat, Freddi. (2016). Analisis Faktor Yang Dominan Terhadap Kedisiplinan Kerja Karyawan Pada PT. Pikiran Rakyat. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Telkom.

Sitepu, Nirwana S.K. 1995. Analisis Korelasi. Bandung: FMIPA Universitas Padjajaran.

Sudjana. (2005). Metoda Statistika (Edisi Keenam). Bandung: PT Tarsito.

Sugiyono. (2005). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Sumber Internet

Erlangga, Ardyan M. (2015). Senjakala Media Cetak. www.pindai.org/2015/11/23/senjakala-media-cetak/. Diakses 05 Januari 2017 pukul 19.13.

Mahatma, Rhein. (2016). Baidu, BEKRAF & IDA Luncurkan Riset “Studi Konsumsi Media Online. www.startupbisnis.com/baidu-bekraf-ida-luncurkan-riset-studi-konsumsi-media-online/. Diakses 04 Januari 2017 pukul 15.00.

Nielsen. (2014). Nielsen: Konsumsi Media Lebih Tinggi Di Luar Jawa. www.nielsen.com/id/en/Press-room/2014/nielsen-konsumsi-media-lebih-tinggi-di-luar-jawa.html diakses pada 04 Januari 2017 pukul 17.00.

Profil Perusahaan Pikiran Rakyat. www.pikiranrakyat.com/. Diunduh 06 Januari 2017 pukul 17.00.

Rachman, T. (2011). SPS: Pembaca Koran Tinggal 15 Persen. www.republika.co.id/berita/nasional/umum/11/10/21/ltf33z-spspembaca-koran-tinggal-15-persen/. Diakses pada 06 Januari 2017 pukul 17.30.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7632

Flag Counter    Â