Studi Deskriptif Mengenai Character Strength Pada Remaja Putri yang Menjadi Relawan di Rumah Pelangi Bandung

Vienna caesarintia Septianti, Eni Nuraeni Nugrahawati

Abstract


Rumah Pelangi merupakan salah satu Rumah Belajar Anak Jalanan yang didirikan oleh beberapa remaja. Remaja tersebut memiliki tujuan untuk membentuk akhlaqul karimah untuk anak jalanan melalui pembelajaran yang dilaksanakan tiga hari dalam satu minggu. Dalam perannya sebagai relawan banyak permasalahan yang dihadapi. Cara yang dilakukan relawan dalam menghadapi permasalah tersebut berkaitan dengan karakteristik yang terdapat didalam diri yang disebut dengan Character Strength. Character Strength merupakan karakter baik yang mengarahkan individu pada pencapaian kebajikan (virtue), atau trait positif yang terefleksi dalam pikiran, perasaan, dan tingkah laku (Park, Peterson & Seligman, 2004). Tujuan penelitian ini untuk memperoleh data empirik mengenai profil Character Strength dan data Signature Strength (kekuatan khas) yang dimiliki oleh remaja yang menjadi relawan di Rumah Pelangi Bandung. Metode penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif dengan menggunakan alat ukur skala psikologi yang telah baku dari Values in Action Youth (VIA-Youth). Hasil penelitian ini menggambarkan terdapat lima kekuatan karakter khas yang dimiliki oleh remaja putri yang menjadi relawan di Rumah Pelangi Bandung. Kekuatan karakter yang khas adalah Kebaikan hati (Kindness), Kecintaan untuk belajar (Love of learning), Vitalitas (Vitality), Memaafkan dan Murah Hati (Forgiveness and Mercy), dan Keterbukaan pikiran (Open – Mindedness).


Keywords


Character Strength, Remaja, Relawan

References


Arikunto, S. (2009). Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

Azwar, S. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Bahri, S. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Compton, William C.(2005). An Introduction to Positive Psychology. USA: Thomson Wadsworth.

Noor, Hasanuddin. (2009). Psikometri Aplikasi Dalam Penyusunan Instrument Pengukuran Perilaku. Bandung : Jauhar Mandiri.

Permata, Yuanita Carolina (2016). Studi Deskripti Mengenai Kekuatan Karakter Pada Relawan "Gmb - Lapas Anak Berbagi" Di Lembaga Pembinaan Khusus (Lpka) Bandung. Prosiding Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung. ISSN: 2460-6448. (http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/viewFile/3211/pdf)

Peterson, C & Seligman, M.E.P. (2004). Character Strength and virtues: A handbook and classification. New York : Oxford University Press, Inc.

Santrock, John W. (2002). Life Span Development: Perkembangan Masa Hidup (5th ed.) Jakarta: Penerbit Erlangga

Seligman, M. (2002). Authentic Happiness: Menciptakan kebahagiaan dengan psikologi positif. (Eva Yulia Nukman, Trans.). Jakarta: PT Mizan Pustaka.

Sugiyono. (2001). Cara mudah menyusun: Skripsi, tesis, dan disertasi. Bandung: Alfabeta

Tadireja, Tukiran & Mustafidah, Hidayati. (2014). Penelitian Kuantitatif (Sebuah Pengantar). Bandung : Alfabeta

Niemiec, Ryan.(2014).Genetics And Environment Important To Character Strengths.Diunduh pada tanggal 17 April 2017. (http://www.viacharacter.org/blog/genetics-and-environment-important-to-character-strengths/)

VIA Institute On Character.(2016).VIA Character Strengths In Positive Education.Diunduh 25 April 2017.(http://www.viacharacter.org/www/Research/VIA-Character-Strengths-in-Positive-Education-and-Children-Youth)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7613

Flag Counter    Â