Studi Deskriptif Mengenai Character Strength Pada Siswa yang tidak Melakukan Kenakalan Remaja di SMK X Kota Bandung

Linda Sopiani, Susandari Susandari

Abstract


SMK X Kota Bandung merupakan sekolah swasta yang sebagian besar siswa-siswinya melakukan kenakalan remaja. Walaupun banyak siswa yang melakukan kenakalan remaja di sekolah ini, ada pula siswa yang tidak melakukan kenakalan remaja yang berteman dekat dan ada yang tidak berteman dekat dengan teman yang melakukan kenakalan remaja, siswa yang tidak melakukan kenakalan didukung oleh karakterpositif yaitu Character Strength seperti kebersyukuran, persepektif, kebijaksanaan, harapan, maupun spiritualitas. Character Strength merupakan karakter yang baik yang mengarahkan individu dalam mencapai tujuan, atau trait positif yang terefleksikan dalam pikiran, perasaan, dan tingkah laku (Peterson & Seligman, 2004). Tujuan penelitian ini yaitu memperoleh gambaran Signature Strength siswa-siswi yang tidak melakukan kenakalan remaja di SMK X kota Bandung tahun ajaran 2016-2017. Metode penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif menggunakan alat ukur yang telah baku dari VIA-Youth. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa Signature Strengthyang dimiliki oleh siswa-siswi yang tidak melakukan kenakalan remaja yang berteman dekat dengan teman yang melakukan kenakalan remaja di SMK X kota yaitu Kindness, Bravery, Spirituality, Gratitude, dan Hope. Sedangkan siswa yang tidak melakukan kenakalan remaja dan tidak berteman dekat dengan teman yang melakukan kenakalan remaja di SMK X Kota Bandung memiliki Signature Strength yaitu Hope, Gratitude, Spirituality, Prudence, dan Kindness.


Keywords


Character Strength, Siswa, Kenakalan remaja, Sekolah Menengah Kejuruan

References


Anwar, R,S,. Susandari.(2016). Studi Deskriptif Mengenai Character Strength Pada Siswa Kelas XII SMAIT Miftahul Khoir Bandung. Skripsi Psikologi Fakuktas Psikologi Universitas Islam Bandung.

Compton, W. C. (2005). An Introduction to Positive Psychology. USA: Thomson Wadsworth.

Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik (Panduan bagi Orang Tua dan Guru dalam Memahami Psikologi Anak Usia SD, SMP, dan SMA). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Idrus, M. (2009). Metodologi Penelitian Ilmu Sosial Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Erlangga.

Kartono, K. (2003). Kenakalan Remaja (Patologi sosial 2) Cetakan Ketiga. Bandung: PT Raja Grapindo.

Kurniati, Y,. Susandari. (2015). Hubungan Antara Charavter Strength dengan Penyesuaian Diri Pada Santri Putri kelas Intensif Ponpes Al Basyariyah Kabupaten Bandung. Prosiding Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung. (http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/viewFile/1556/pdf).

Mariana. (2016, Januari 26). On Character Strengths : Kindness. Dipetik Juli 1, 2017, dari Positive Psychology Program: https://positivepsychologyprogram.com/character-strength-kindness/

Nansook Park dan Christopher Peterson. (2009, April 29). ASSESSMENT OF CHARACTER STRENGTHS AMONG YOUTH : THE VALUES IN ACTION INVENT. Dipetik Juli 1, 2017, dari Child Trend: https://www.childtrends.org/wp-content/uploads/2013/05/Child_Trends-2003_03_12_PD_PDConfPetersonPark.pdf

Niemiec, R. (2014, Februari 12). Genetics And Environment Important To Character Strengths. Dipetik April 17, 2017, dari viacharacter: http://www.viacharacter.org/blog/genetics-and-environment-important-to-character-strengths/

Ormrod, J. E. (2009). Psikologi Pendidikan (Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang) (terjemaahan). Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Park, N.& Peterson, C. (2009). Strength of Character in School Handbook of Positive Psychology in School. Oxon: Taylor & Francis.

Peterson, C., & Seligman, M. E. (2004). Character Strengths and Virtues: A Handbook and Classification. New York: Oxford University Press.

Proctor, C., & Linley, P. A. (2013). Research, Applications, and Interventions for Children and Adolescents A Positive Psychology Perspective. New York dan London: Ebook Springer.

Santrock, J. W. (2007). Adolescence, Eleventh edition (terjemaahan). Jakarta: Erlangga.

Sarwono, S. W. (2002). Psikologi Sosial. Jakarta: Balai Pustaka.

Taher, R. A. (2016, Agustus 30). What is the Classification of Character Strengths and Virtues. Dipetik April 17, 2017, dari Positive Psychology Program: https://positivepsychologyprogram.com/classification-character-strengths-virtues#character-strengths-children

viacharacter.org. (2014). VIA Character Strengths In Positive Education (And Children/Youth). Dipetik April 24, 2017, dari www.viacharacter.org: http://www.viacharacter.org/www/Research/VIA-Character-Strengths-in-Positive-Education-and-Children-Youth

Zuriah, N. (2009). Metodologi Penelitian Sosial Pendekatan dan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7573

Flag Counter    Â