Pengalaman Flow pada Tattoo Artist di Paguyuban Tattoo Bandung

AF Mirza Firmansyah, Dewi Rosiana

Abstract


Aktivitas mentato merupakan pengalaman proses kreatif yang dilakukan oleh tattoo artist dengan membutuhkan kemampuan khusus untuk menggunakan mesin tato, pemilihan jarum, dll. Untuk menjadi tattoo artist professional, diperlukan proses yang panjang dan tidak mudah. Proses mentato memiliki banyak resiko seperti cedera fisik hingga penyakit yang sangat serius. Selain itu, media yang digunakan adalah tubuh manusia dan sifatnya permanen sehingga tidak boleh ada kesalahan sedikitpun dalam pengerjaannya. Oleh karena itu tattoo artist perlu berhati-hati dalam mentato, sesuai dengan SOP dan teliti. Dalam kegiatan mentato, tattoo artist merasakan kenikmatan, tertantang untuk membuat karya yang lebih baik lagi, lupa waktu, berkonsentrasi, dan tidak menghiraukan hal lainnya. Hal tersebut mengindikasikan pengalaman flow dalam aktivitas mentato. Penelitian ini merupakan studi deskriptif dengan 12 orang tattoo artist di Paguyuban Tattoo Bandung sebagai responden yang bertujuan untuk memperoleh data mengenai gambaran pengalaman flow pada tattoo artist dalam aktivitas mentato. Alat ukur yang digunakan ialah Flow State Scale (FSS) yang telah ditranslasi dan diadaptasi. Hasil penelitian menemukan bahwa 11 dari 12 subjek penelitian mengalami pengalaman flow dan satu orang mengalami worry dengan mengalami empat dari sembilan dimensi pengalaman flow. Dimensi yang seluruhnya dialami oleh subjek adalah clear goals, unambiguous feedback, dan transformation of time. Untuk menumbuhkan pengalaman flow subjek yang belum mengalami flow intens disarankan menyelesaikan desain tato yang sesuai dengan kemampuannya, selain itu individu fokus dalam kegiatannya agar dimensi lainnya dapat muncul.


Keywords


Flow, Tattoo Artist

References


Cox, R. H.. (2002). Sport Psychology : Concept and Application Fifth Edition. New York: Mcgraaw Hill

Csikszentmihalyi, M. (1975). Beyond boredom and anxiety. San Fransisco: Jossey-Bass

_____ . (1990). Flow: The psychological of optimal experince. New York: Harper & Row.

_____ . (1997). Finding flow: The psychology of engagement with everyday life. New York: Basic Book.

_____ . & Csikszentmihalyi, L. (Eds.). (1988). Optimal experience: Psychological studies of flow in consciousness. New York: Cambridge University Press.

Jackson, S. A., & Marsh, H. W. (1996). Development and validation of a scale to measure optimal experience: The Flow Scale. Journal of Sport & Exercise Psychology, 18, 17-35

_____ . S. A.. (1998). Psychological Correlate of Flow in Sport. Journal of sport & exercise psychology, 20, 358-378.

Kofsoh, D. (2009). Hadis-Hadis tentang Tato: Telaah Ma’ani al Quran dan al Hadis mengenai Tato. Fakultas Ushuluddin, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Olong, HAK. (2006). Tato. Yogyakarta: LKiS

Tenenbaum, G., Fogarty, G., & Jackson, S. (1999). The Flow Experience : A rasch analysis of jackson’s flow state scale. Journal Of Outcome Measurement, 3(3), 278 - 294




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7450

Flag Counter    Â