Hubungan Antara Work Family Conflict dengan Marital Satisfaction (Studi Korelasi Pada Perawat yang Sudah Menikah di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Dustira Cimahi)

Dito Frizky Nofrizal, Suci Nugraha

Abstract


Jam kerja perawat wanita sebagai tenaga medis yang dituntut melayani pasien secara optimal dibagi menjadi tiga shift per hari. Situasi ini berpotensi menimbulkan ketegangan dikarenakan konflik antara tuntutan rumah tangga dan pekerjaan. Keadaan ini biasa disebut Work Family Conflict. Work Family Conflict adalah tekanan atau ketidakseimbangan peran antara peran dipekerjaan dengan peran didalam keluarga (Greenhaus & Beutell, 1985). Dari hasil penelitian sebelumnya dan hasil pengamatan orang-orang yang mengalami Work Family Conflict menjadikan Kepuasan perkawinan yang beragam. Kepuasan perkawinan adalah perasaan subjektif yang dimiliki oleh suami atau istri terhadap perkawinannya atau terhadap aspek-aspek yang ada di dalam perkawinan itu sendiri yang berada dalam suatu kontinum dari yang sangat puas sampai yang tidak puas (Olson & Fowers, 1983). Tujuan dari penelitian, melihat hubungan Work Family Conflict  dengan  Marital Satisfaction pada perawat wanita yang sudah menikah. Penelitian ini dilakukan kepada 53 orang perawat yang sudah menikah di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Dustira Cimahi dengan menggunakan metode korelasional. Penelitian ini menggunakan alat ukur Carlson et al. Work Family Conflict Scale dan ENRICH Marital Satisfaction Scale. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan negatif yang cukup erat antara Work Family Conflict dengan Marital Satisfaction (rs = -0.577).


Keywords


Work Family Conflict; Marital Satisfaction; Perawat Wanita

References


Anwar, Fahlevi. (2017). Hubungan antara Beban Kerja dengan Work-Family Conflict pada Perawat Wanita yang sudah menikah di ruang rawat inap Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung. Universitas Islam Bandung. Bandung.

Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta : Rineka Cipta.

Fauziah, Syifa. (2012). Gambaran Persepsi Masyarakat Tentang Peran Perawat Puskesmas Di Kelurahan Bintara Kota Bekasi Tahun 2012. Universitas Indonesia. Depok.

International Labour Office. Tren Tenaga Kerja dan Sosial di Indonesia. Jakarta. 2015.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Profil Kesehatan Indonesia 2015. 2016

Larasati, A. (2012). Kepuasan Perkawinan pada Istri Ditinjau dari Keterlibatan Suami dalam Menghadapi Tuntutan Ekonomi dan Pembagian Peran dalam Rumah Tangga. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan Vol. 1, No. 03, Desember 2012.

Marini, L., & Julinda.(2008). Gambaran Kepuasan Pernikahan Istri pada Pasangan Commuter Marriage. Skripsi: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Paputungan, Faradilla. (2010). Kepuasan Suami yang Memiliki Istri Berkarir. Universitas Brawijaya, Malang.

Vrismaya, Anggun. (2016). Hubungan Kepuasan Perkawinan dengan Subjective Well-Being Suami yang memiliki Istri TKW Di desa Bogor-Indramayu. Universitas Islam Bandung. Bandung

W. Matlin, Margaret. (2004). Psychology Of Woman. Canada: Thomson Wadsworth.

Web Rumah Sakit Dustira (http://rsdustira.com)

Diunduh pada 19 Oktober 2016




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7447

Flag Counter    Â