Studi Deskriptif Kepuasan Kerja Pegawai Direktorat Sumber Daya Manusia PT Pos Indonesia (Persero) Pusat

Dewanti Farah Dwiputri, Ali Mubarak

Abstract


Staff Ditektorat SDM PT Pos Indonesia (Persero)  Pusat merupakan orang-orang yang terpilih untuk ditempatkan di Kantor Pusat. Namun fenomena yang terjadi dimana sebelumnya mereka adalah orang yang berprestasi, tidak muncul di Kantor Pusat. Mereka mengeluhkan mengenai tidak adanya penghargaan maupun apresiasi jika mereka mencapai target, kebijakan promosi dan pembagian bonus yang dirasa tidak adil, dan tidak adanya pengawasan maupun aturan yang ditegakan oleh perusahaan yang merupakan ciri ketidakpuasan. Hal tersebut berdampak pada tidak terpenuhinya target, keterlambatan dan meninggalkan tempat kerja tanpa izin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran profil mengenai kepuasan kerja karyawan Direktorat SDM PT Pos Indonesia (Persero) . Metoda yang digunakan adalah metoda deskriptif. Subjek penelitian adalah 45 orang staff Direktorat SDM. Pengukuran dilakukan berdasarkan teori Herzberg mengenai two factor theory dengan menggunakan aspek hygiene factor dan motivator factor dengan tingkat kepercayaan 95% dan koefisien reliabilitas 0,753 untuk hygiene factor dan 0,746 untuk motivator factor. Berdasar hasil pengolahan data, didapat 18 orang berada pada kondisi hygiene factor tinggi motivator factor tinggi, 16 orang di kondisi hygiene factor tinggi motivator factor rendah, 2 orang di kondisi hygiene factor rendah motivator factor tinggi dan 9 orang di kondisi hygiene factor rendah motivator factor rendah.


Keywords


Pos Indonesia, Kepuasan Kerja, Herzberg Two Factor Theory

References


As’ad, Moh. (2004). Seri ilmu sumber daya manusia psikologi industri. Yogyakarta: Liberty

Davis, Keith., Newstrom, John W. (1985). Perilaku dalam organisasi. Jakarta: Erlangga

Dike, Sesilia. (2011). Faktor-faktor penyebab karyawan pt. panarub industry mengundurkan diri. http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/2011-2-00009-PL%202.pdf (diakses Januari 2017)

Gibson, James L., et al. (2012). Organizations Behavior, Structure, Process. New York : Mc Graw Hill

Ghozali, Alvian. (2012). Pengaruh kepemimpinan terhadap kepuasan kerja dan produktivitas kerja karyawan pada pt. Taspen (persero) cabang yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id/7518/3/BAB%202-09409131010.pdf. (diakses Januari 2017)

Kreitner, Robert., Kinicki Angelo. (2014). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat

Luthans, Fred. (2011). Organizational behavior: an evidence-based approach. New York: McGraff-Hill Irwin.

Noor, Hasanuddin. (2012). Psikometri: aplikasi dalam penyusunan instrumen pengukuran perilaku. Bandung: Jauhar Mandiri.

Novelia, Gerda Ricke. (2011). Pengaruh kepuasan kerja terhadap komitmen karyawan (studi pada perusahaan mcdonald di yogyakarta). http://e-journal.uajy.ac.id/1576/ (diakses Januari 2017)

Novia, Altry. (2013). Respon masyarakat pengguna jalan terhadap peran satuan polisi pamong praja. http://digilib.unila.ac.id/924/10/BAB%20III.pdf (diakses Januari 2017)

Pos Indonesia Online. http://posindonesia.co.id (diakses November 2016)

Robbins, Stephen P., Judge, Timothy A. (2013). Organizational Behavior. New Jersey: Pearson

Shalatina, Novi Idris. 2016. Hubungan Employee Engagement dengan Kepuasan Kerja pada Karyawan Gudang PT. X (Skripsi). Bandung: Universitas Islam Bandung

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supangat, Andi. 2014. Statistika dalam kajian desjriptif, inferensi dan nonparametrik. Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri

Wirasaputra, Vina Dwiputri. 2015. Studi deskriptif mengenai kepuasan kerja karyawan bagian access and service operation kantor witel jabar tengah pt. Telekomunikasi indonesia (Skripsi). Bandung: Universitas Islam Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7378

Flag Counter    Â