Hubungan School Well-being dengan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas XI MA X

Salma Amanillah, Dewi Rosiana

Abstract


Menurut Suciati & Prasetya (2001), kondisi lingkungan belajar dan upaya pengajar dalam mengajar peserta didik merupakan salah satu yang mempengaruhi motivasi belajar. MA X merupakan MA yang memiliki lingkungan belajar yang baik; ditunjukkan dengan akreditasi sangat baik (A). Hanya saja, akreditasi tersebut tidak sejalan dengan  hasil survey pada 30 siswa kelas XI yang menunjukkan bahwa kebutuhan dasar siswa tidak terpenuhi oleh sekolah yang menunjukkan rendahnya school well-being dan kemudian berdampak pada rendahnya motivasi belajar. Menurut Konu & Rimpela (2002), school well-being merupakan keadaan sekolah yang diperlukan siswa untuk perkembangan dan eksistensinya melalui Having, Loving, Being, dan Health. Sedangkan menurut Wlodkowski (1990) motivasi belajar adalah proses internal yang ada dalam diri seseorang yang memberikan gairah atau semangat dalam belajar, mengandung usaha untuk mencapai tujuan belajar. Penelitian ini merupakan penelitian populasi pada siswa kelas XI dengan responden sebanyak 56 orang yang bertujuan untuk melihat seberapa erat korelasi antara school well-being dengan motivasi belajar. Hasil korelasi menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,614 yang menunjukkan ada hubungan positif yang erat antara school well-being dengan motivasi belajar.

Keywords


school well-being, motivasi belajar, akreditasi

References


Ahmad, Nantiasa Jati.(2010). Penggunaan School Well-being pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Bertaraf Internasional Sebagai Barometer Evaluasi Sekolah. Jurnal. Vol 1. Tempo-Institute

Hidayatishafia, Difa.(2017).Hubungan School Well being & Student Engagement pada Santri di SMP IT Al-Ghifai, Sukabumi.SKRIPSI.Psikologi.Universitas Islam Bandung.

Konu, Anne & Rimpelä. (2002a). Well-being in School : A Conceptual Model. Journal. Vol 17. No 1.Univesity of Tampere

Konu, A.I, dkk.(2002b).Factor Structure of the School Well-being Model.Health Education Research,Vol 17 no. 6 Pages 732-742

Noor, Hasanuddin.(2009).Psikometri Aplikasi dalam Penyusunan Instrumen Pengukuran Perilaku.Jauhar Mandiri

Sitinjak, Charli.2015.Efikasi Diri, Kesejahteraan Psikologis, Kecerdasan Emosi, dan Sikap Siswa : Implikasi Terhadap Kualitas Pendidikan.Psychology Forum UMM

Suciati dan Prasetya Irawan.2001.Teori Belajar dan Motivasi.Jakarta.PAU-PPAI Universitas Terbuka

Sugiono. (2010). Metode Penelitian Administrasi.Alfabeta.Bandung

Sugiono.(2014).Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods).Alfabeta.Bandung

Wlodkowski, Raymod J & Jaynes, Judith H.1990.Eager to Learn :Helping Children Become Motivated and Love Learning.San Fransisco.Jossey-Bass Publishers

Worrel, Judith & Stilwell, William E.(1980).Psychology for Teacher and Students.University of Kentucky




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7365

Flag Counter    Â