Studi Deskriptif Intensi Merokok pada Perawat di Rumah Sakit X Bandung

St Sherra Zulfa Anida, Ria Dewi Eryani

Abstract


Merokok dapat dikatakan menjadi salah satu masalah kesehatan yang ada di Indonesia. Salah satu peran yang memegang peranan paling penting dalam upaya penanggulangan jumlah rokok adalah pelaku kesehatan. Namun mereka seolah mengabaikan hal tersebut dengan tetap menampilkan perilaku merokok. Berdasarkan hasil wawancara ditemukan masih ada perawat yang merokok di Rumah Sakit X Bandung, walaupun sesungguhnya sudah tugas mereka menjadi pelopor gaya hidup sehat. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh data secara kuantitatif mengenai intensi merokok pada perawat di RS X Bandung dan untuk mengetahui peranan aspek attitude toward behavior, subjective norm, perceived behavior control terhadap intensi merokok. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan metode analisis deskriptif dan multiple regression. Hasil penelitian menunjukkan (1) Perawat yang memiliki intensi merokok yang kuat berjumlah 17 orang (85%), (2) Perawat yang memiliki intensi merokok yang lemah berjumlah 3 orang (15%), (3) Attitude Toward Behavior merupakan aspek pembentuk intensi yang memiliki kontribusi paling besar yaitu 0.6488 terhadap derajat kekuatan intensi merokok pada perawat sebesar 42.1%  Aspek yang memberikan kontribusi kedua terbesar adalah aspek perceived behavioral control yaitu sebesar 0.6188 derajat kekuatan intensi merokok dengan hasil R2 (R- Square) sebesar 38.3%.


Keywords


Intensi, merokok, perawat

References


Ajzen, Icek. 2005. Attitude, Personality and Behavior. Miton Keynes: Open University Press.

Ajzen, Icek. 2002. Constructing a TpB Questionnare: Conceptual and Methodological Considerations

Devitaran, Lanni (2015) Intensi Berhenti Merokok Pada Mahasiswa Perokok Di Universitas Padjadjaran, Jatinangor (Skripsi)

Glanz, Keren, Barbara K Rimer, Frances and Marcus Lewis. 2002. Health Behavior and Health Education Theory and Research and Practice, 3th. Canada: JohnWiley & Sons inc.

Infodatin Pusat data dan kesehatan kementrian RI Perilaku merokok masyarakat Indonesia (Berdasarkan riskesdas 2007 dan 2011)

Rafinda, Kania. (2016) Studi Deskriptif Intensi Merokok pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Unisba. Bandung: Univesitas Islam Bandung (Skripsi)

Rismaya Saragih & Eka Danta Jaya Ginting. (2014). Hubungan Sikap, Norma Subjektif, dan Perceived Behavioral Control dengan Intensi Melanjutkan Program Magister Psikologi Profesi di Fakultas Psikologi USU (Skripsi)

Sagitania. (2014) Hubungan antara Sikap, Norma Subjektif dan Perceived Behavioral Control dengan Intensi Merokok pada Siswa SMP di Kota Bandung.

Sarafino, Edward P & Smith, Timothy W. (2011). Health psychology Biopsychososial Interaction (7rd ed). New York: Jones Wiley & Sonc.Inc




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7347

Flag Counter    Â