Hubungan Hardiness dengan Coping Strategy Pada Ibu Anak Penderita Leukemia Tipe All (Acute Lymphoblastic Leukemia) di Bandung

Lulita Oktavia Lukman Putri, Eneng Nurlaili Wangi

Abstract


Leukemia merupakan kanker yang menyerang sel darah dalam sumsum tulang, dimana pertumbuhan sel darah putih menjadi tidak normal. Memiliki Anak penderita Leukemia menimbulkan stres pada ibu yang merupakan figure attachment  bagi anak dan  bertanggung jawab terhadap perkembangan anak. Hasil wawancara pada Ibu Anak penderita leukemia ada yang mampu menghadapi stress (hardiness) dan ada pula yang tidak, sehingga reaksi Coping yang digunakan ibu berbeda-beda, karena dipengaruhi dari bagaimana cara ibu menilai sumber stress. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keeratan Hardiness dengan Coping strategy pada ibu anak penderita Leukemia Tipe ALL (Acute Lymphoblastic Leukemia) di Bandung. Subjek  penelitian  sebanyak 100 orang menggunakan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan alat ukur Hardiness yang diturunkan dari aspek-aspek Hardiness Kobasa dan dari Alat Ukur Baku teori Coping Strategy dari Lazarus dan Folkman yang diadaptasi sesuai dengan keadaan subjek. Berdasarkan pengolahan data uji statistik dengan  menggunakan Koefisien kontingensi dan Chi Kuadrat, menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang  tinggi antara Hardiness dengan Coping Strategy C=0,611.


Keywords


Hardiness; Coping Strategy; Leukemia

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta : Rineka Cipta

Carver, C.S., Scheir, M.F., & Wientraub, J.K. 1989. Assessing Coping Strategies: A Theoritically Based Approach. Journal of Personality and Social Psychology, Vol. 56, No. 2, 267 – 283

Kobasa,S.C (1979). Stresful Life Events, Personality, and Health: An Inquiry Into Hardiness. Journal of Personality and Social Psychology. Vol 37,1-11.

Lazarus, Richard S; Folkman, Susan (1984). Stres, appraisal and Coping. New York-springer publishing company.

Maddi, S. R., Kobasa, S. C. (2002). The Story of Hardiness. Twenty Years of Theorizing Research and Practice. Consulting Psychology Journal Practice and Research, 54(3), 175-185.

________ (2005). The story of Hardiness: twenty years of theorizing, Research and Practice. Counsulting Psychology Journal Practice and Research, 54(3), 175-185.

________ (2013). Hardiness: Turning Stressful Circumstances into Resilient Growth. New York: Springer Dordrecht Heidelberg.

________ (2013). Personal Hardiness as the Basic for Resilience. New York: Springer Dordrecht Heidelberg.

________ (2006). Hardiness: The Courage to Grow from Stresses. USA : University of California.

Noor, Hasanuddin 2012. Psikometri Aplikasi Dalam Penyusunan Instrumen Pengukuran Perilaku. Cetakan kedua. Jauhar Mandiri.

Sarafino, E.P. (2006). Health Psychology : Biopsychosocial Interactions. Fifth Edition.USA : John Wiley & Sons.

Sugiyono. (2010). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabet

Weiten., Hammer., & Dunn. (2012). Psychology and Contemporary Life : Human Adjustment. United States : Wadsworth Cengage Learnig




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7243

Flag Counter    Â