Studi Deskriptif Employee Engagement pada Perawat Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung

Indira Aulia Syafira, Oki Mardiawan

Abstract


Permasalahan yang dihadapi RS Mata Cicendo Bandung saat ini adalah sebagian besar perawat ruang rawat inap memiliki sikap yang kurang peduli pada tujuan rumah sakit juga pada pekerjaannya, serta menunjukkan perilaku yang kurang membantu rumah sakit dalam mencapai tujuannya. Seluruh perawat mengetahui visi dan misi rumah sakit, namun perawat belum menunjukkan sikap dan perilaku yang mengarah pada pencapaian tujuan rumah sakit untuk menjadi rumah sakit standar internasional di tahun 2019. Pihak rumah sakit sudah memberikan fasilitas yang menunjuang pekerjaan perawat, kebijakan dari rumah sakit untuk perawat pun sudah merata. Akan tetapi, masih terdapat keluhan dari pasien mengenai cara kerja perawat, juga dari penilaian yang diberikan atasan. Hal ini tentu saja menjadi penghambat bagi rumah sakit untuk mewujudkan visinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran employee engagement pada perawat ruang rawat inap. Metode penelitian yang digunakan adalah studi deskriptif dengan populasi sebanyak 49 orang. Alat ukur yang digunakan disusun berdasarkan teori Macey et al. (2009). Hasil penelitian menunjukkan, 36,7% perawat tergolong kategori employee engagement tinggi dan 63,3% perawat tergolong kategori employee engagement rendah. Maka dapat disimpulkan bahwa employee engagement perawat ruang rawat inap Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung umumnya rendah dengan presentase 63,3%.

Keywords


Employee Engagement, Perawat, RS Mata Cicendo

References


Albrecht, Simon. (2010). Handbook of employee engagement. Perspectives, Issuses, Reasearch and Practice.

Bulkapuram, S.G., Wundavalli, L., Avula, K.S., & Reddy, T. (2015). Employee engagement and its relation to hospital performance in a tertiary care teaching hospital. Journal of hospital administration, 2015, Vol.4, No.1.

Kahn, William A. (1990). Psychological conditions of personal engagement and disengagement at work. The academy of management journal, Vol. 33, No. 4, pp. 692-724.

Macey W.H., Schneider B., Barbera K.M., & Young S.A. (2009).Employee engagement: tools for analysis, practice, and competitive advantage. Wiley-Blackwell Ltd. UK

Schaufeli, W.B., & Bakker, A. (2010). Defining and measuring work engagement: bringing clarity to the concept, in work engagement: A handbook of essential theory and research (eds A.B. Bakker and M.P. Leither), Psychology Press; New York)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7214

Flag Counter    Â