Hubungan antara Sikap terhadap Pelaksanaan Penilaian Prestasi Kerja dengan Motivasi Kerja pada Karyawan Marketing di Penerbit Buku Pustaka Lebah Bandung

Anita Purnamasari, Lelywati Idham Suryana

Abstract


Abstract. At Pustaka Lebah, most marketing employees showing work behaviours such as absence due sickness, lack of working spirit—they are not active in approaching new customers and promotion, serving only returning customers, unachieved target call, billing tardiness, finish their job and leave work before workshift ends despite of unachieved target call.  According to employee performance data, most employees around 60% are categorized as adequate.  Where as the publishing house had developed a perfomance appraisal system which was designed in such a way to improve the performance of its employees, such as socialization on intent, purpose, and function of performance appraisal and training of superiors as an assessor.  The purpose of this research is to understand the close relationship between the attitude towards the implementation of performance appraisal and work motivation on marketing employees at Pustaka Lebah Publishing House Bandung, and aspects of performance appraisal affecting work motivation.  Correlational research method is used to discover the relationship between attitude towards performance appraisal variables and work motivation variables.  The measurements used in this research consist of two types, the measurement of attitude towards performance appraisal and work motivation.  The first measurement is arranged by the author according to Rosenberg’s theory of attitude and theories from Donelly, Gibson, and Ivancevich.  The second measurement is based on Kinlaw’s measurement.  The data obtained from this research is an ordinal data.  Data processing is done using Rank Spearmen (rs) correlation test.  According to the calculation obtained a correlation number of (rs) = 0,650.  From the number we have a conclusion that there is a positive relationship between attitude towards implementation of performance appraisal and work motivation on marketing employees in Pustaka Lebah Bandung,  which means more negative attitudes, tends to lesser work motivation.

Keyword: Marketing Employees, Work Performance, Work Motivation.

 

 

Abstrak. Di Pustaka Lebah, beberapa karyawan marketing menampilkan perilaku kerja seperti izin tidak masuk kerja dengan alasan sakit, bekerja seadanya seperti karyawan yang kurang aktif dalam mengunjungi customer baru dan melakukan promosi, hanya mengunjungi customer yang sudah menjadi pelanggan, target call tidak tercapai, melakukan penagihan tidak tepat waktu, menyelesaikan pekerjaan dan pulang sebelum waktunya walaupun target call tidak tercapai Jika dilihat data prestasi kerja karyawan, sebagian besar karyawan sebanyak 60% termasuk dinilai dalam kategori cukup. Padahal Pustaka Lebah telah mengembangkan sistem penilaian prestasi kerja yang didesain sedemikian rupa untuk meningkatkan kinerja karyawannya, seperti dilakukannya sosialisasi tentang maksud, tujuan dan kegunaan penilaian prestasi kerja dan pelatihan bagi atasan sebagai penilai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keeratan hubungan antara sikap terhadap pelaksanaan penilaian prestasi kerja dengan motivasi kerja pada karyawan bagian  marketing di Penerbit Buku Pustaka Lebah Bandung serta aspek-aspek dari penilaian prestasi kerja yang berperan terhadap motivasi kerja. Metode yang digunakan adalah metode penelitian korelasional untuk mengetahui hubungan antara variabel sikap terhadap penilaian prestasi kerja dengan variabel motivasi kerja. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini yang terdiri dari dua macam yaitu alat ukur sikap terhadap penilaian prestasi kerja dan motivasi kerja. Alat ukur sikap terhadap pelaksanaan penilaian prestasi kerja disusun berdasakan teori sikap Rosenbergh dan penilaian prestasi kerja berdasarkan teori Donelly, Gibson dan Ivancevich yang dibuat sendiri oleh penulis. Sedangkan untuk motivasi kerja berdasarkan alat ukur dari Kinlaw. Data yang diperoleh dari penelitian ini berupa data ordinal. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji korelasi Rank Spearman (rs). Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh angka korelasi sebesar (rs) = 0,650. Dari angka korelasi tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara sikap terhadap pelaksanaan penilaian prestasi kerja dengan motivasi kerja pada karyawan marketing Pustaka Lebah Bandung, artinya semakin negatif sikap karyawan terhadap penilaian prestasi kerja maka cenderung semakin rendah motivasi kerjanya.

Kata Kunci : Karyawan Marketing, Prestasi Kerja, Motivasi Kerja


Keywords


Karyawan Marketing, Prestasi Kerja, Motivasi Kerja

References


Arikunto, Suharsimi. 2000. Manajemen Penelitian. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Azwar, Saifuddin. 2007. Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Cascio, Wayne F. 1991. Applied Psychology in Personnel Management. New Jersey: Prentice Hall

Gage, N.L, and Berliner, David C. 1979. Educational Psychology. USA: Rand McNally College Publishing Company

Hasan, Iqbal. 2006. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Idham Suryana, Lelywati & Suryana Sumantri. 2004. Diktat Psikologi Personel. Fakultas Psikologi Unisba

Ivancevich, Gibson & Donelly. 1996. Organisasi, Prilaku, struktur, proses, edisi 8. Bandung: PT Erlangga.

Kurnia, Lia Yulia. Hubungan antara Dimensi-Dimensi Iklim Kerja Aktual dengan Motivasi Kerja pada Karyawan Divisi Pelayanan PT Krakatau Steel di PT Krakatau Information Technology Cilegon. Fakultas Psikologi Unisba.

Novalia Emza, Tien. Hubungan antara Sikap Terhadap Penilaian Prestasi Kerja dengan Motivasi Berprestasi pada Karyawan PT. Gramedia Majalah Jakarta. Fakultas Psikologi Unisba.

Robbins, Stephen. 2003. Perilaku Organisasi alih bahasa Tim Indeks, Jakarta: PT Gramedia

S. P. Hasibuan, Malayu. 2003. Organisasi dan Motivasi Dasar Peningkatan Produktivitas. Jakarta: Bumi Aksara

Siegel, Sidney. 1997. Statistik Nonparametrik untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: PT. Gramedia.

Steers, Richard M & Lyman W. Porter. 1979. Motivation and Work Behavior. Tokyo: Mc Graw Hill Kogakhusa Ltd.

Sudjana. 1991. Statistika untuk Ekonomi dan Niaga, Edisi ke-5, Bandung: Tarsito.

Sugiono. 1999. Statistika untuk penelitian, cetakan kedua, Bandung: CV Alfa Beta.

Sumantri, Suryana. 2001. Diktat Perilaku Organisasi. Universitas Padjajaran.

Wexley, K.N. & Yukl, G.A. 1977. Organizational Behavior and Personnel Psychology. Illinois: Richard D. Irwin Home Wood

Winardi, 2004. Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajemen. Jakarta: Rajawali Pers.

www.team-zone.com




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.6723

Flag Counter    Â