Studi Deskriptif Mengenai Leadership pada Siswa Kelas XII di SMAIT Miftahul Khoir Bandung

Linda Purnamawati, Susandari Susandari

Abstract


Abstract. SMAIT Miftahul Khoir Bandung is a Islamic integrated private high school motivating leadership skills to students. In order to develop students leadership character based on University Illinois USA’s theory there are 7 leadership skills,however not all of students take advantage of theirprogram so they show various level of the skills instead. The purpose program of this research is to get empiricaldata of leadership’s towards grade XII students of SMAIT Miftahul Khoir Bandung. The method in this research was is descriptive  with total subjects 8 students. The measurement was questionnaires based on leadership theory by University Illinois USA,consist  99 valid items with reliability value 0,985 the result shows that Communication skill, Getting Along with Others skill, and Management skill are on the highest category with 100% for each percentage (8 students) and high Understanding-Self skill, Learning To Learn skill, Decision Making skill, and Team Work skill have percentage of 87,5% (7 students), while each medium said skill has percentage of 12,5% (1 student). The highest mean skill is Getting Along with Others skill and the lowest is Decision Making skill. 

 

Abstrak. SMAIT Miftahul Khoir Bandung merupakan sekolah yang memberikan materi kepemimpinan selama tiga tahun kepada siswa. Hal tersebut agar membentuk karakter kepemimpinan pada siswa dan teori yang diacu oleh sekolah adalah kepemimpinan menurut University Illinois USA yang memiliki 7 skills. Kenyataanya tidak semua siswa memanfaatkan kegiatan tersebut  untuk membentuk karakter kepemimpinan. Sehingga skills yang dimunculkan beragam. Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh data empiris gambaran leadership siswa kelas XII SMAIT Miftahul Khoir Bandung. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan jumlah subjek 8 siswa. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner berdasarkan teori kepemimpinan dari University Illinois USA. Berdasarkan norma Croncbach’s Alpha, alat ukur tersebut memiliki 99 item valid dengan nilai reliabilitas 0,985 artinya derajat keterandalannya sangat tinggi. Berdasarkan pengolahan data menggunakan analisis deskriptif dengan statistik presentase dan distribusi frekuensi, diperoleh data bahwa pada Communication skill, Getting Along With Others skill, dan Management skill ada pada kategori tinggi sebanyak 100% (8 siswa) dan Understanding-Self skill,  Learning To Learn skill, Decision Making skill, dan Team Work skill yang tinggi sebanyak 87,5% sedangkan yang sedang sebanyak 12,5%. Berdasarkan mean, skill yang paling berkembang adalah Getting Along With Others skill dan yang kurang berkembang adalah Decision Making skill. 


Keywords


Character Leadership, Miftahul Khoir Bandung, Islamic Integrated School

References


Al-Qur’an al-Karim dan Terjemahnya, Depag, Jakarta

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, Saifuddin. 2002. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dalmeri. 2013. Pendidikan untuk Pengembangan Karakter (Telaah terhadap Gagasan Thomas Lickona dalam Educating for Characer). Al-Ulum volume. 14 nomor 1, Juni 2014, hal 269-288.

Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Undang-Undang No 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.

Djunaedi, A.F., 2005. Filosofi dan Etika Kepemimpian Dalam Islam. UII. Yogyakarta.

Ghalia Indonesia. 2007. Pemimpin dan Kepemimpinan, Jakarta: Ghalia

Indonesia.

Lickona, Thomas. 1992. Educating for Character, How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Bantam Book, New York.

Lickona,Thomas. 2012. Educating for Character: Mendidik untuk Membentuk Karakter, terj. Juma Wadu Wamaungu dan Editor Uyu Wahyuddin dan Suryani, Jakarta: Bumi Aksara.

Nurwahid, Hidayat (2010). Sekolah Islam Terpadu: Konsep Dan Aplikasinya. Jakarta: Syaami Cipta

Hay, Ian., & Neil, Dempster. (__). Student Leadership Development Through General Classroom Activities. Educating: Weaving Research into Practice.

Santoso, Singgih. 2014. Statistik Multivariat Edisi Revisi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Suryabrata, Sumadi. (2010). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Drafindo Persada.

Sugiyono. (2009). Penelitian Kuantitaif dan Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.

Veithzal Rivai. 2003. Kepemimpinan dan Prilaku Organisasi, Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Winkel, W.S. 2007. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Media Abadi

Website:

Anonim. 2002. Kepemimpinan Sejati. Diakses pada tanggal 07 Mei 2016

pada pukul 20.33 WIB dari http://www.sinarharapan.co.id/

Aribowo Prijosaksono dan Roy Sembel, 2002. Kepemimpinan yang Melayani. Diakses pada tanggal 07 Mei 2016 pukul 20:09 WIB dari http://www.sinarharapan.co.id/

Ramadhanie, Intania. 2015. Pengaruh Pelatihan Character Building Terhadap Peningkatan Psychological Well-Being Anak Jalanan Binaan RSPA Yayasan Emas Indonesia Kota Semarang. Diakses pada tanggal 10 November 2016 pada pukul 14.00 WIB dri http://digilib.uns.ac.id/




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.6051

Flag Counter