Studi Deskriptif Mengenai Self-Regulated Learning pada Siswa Anggota Aktif Betops SMAN 9 Bandung

Wina Lathifah Hilmayanti, Indri Utami S

Abstract


Abstract. The activeness of students in an extracurricular affect the academic performance. There are some researches said that, extracurricular activities that involves much physical activities take students’ energy and make them easily tired in class, so it affects their study performance. But the phenomenon that researchers found in Betops SMAN 9 Bandung, more than a half members achieved top 10 in their class. The purpose of this study is to find self-regulated learning on the active members of Betops SMAN 9 Bandung especially students who have been active for more than 2 semesters which are the class XI and XII. The methods used in this research is the methodology descriptive study. A subject in this study were 26 students of XI and XII extracurricular members of Betops SMAN 9 Bandung. Data collection used is a questionnaire about the 3 phases which are forethought, performance, and self reflection according to the theory of B. J. Zimmerman. Virtue of result of making the third entry phase self-regulated learning, phase forethought has the highest (65,3 %) or a certain number of 17 people students have a high score. The performance or volitional control is a phase that has as many frequency (50 %) between students who have low score (13 people) and high (13 people). While the self reflection has 42,3 % people that have low score (11 people). Based on data processing used calculation median 14 active members of Betops SMAN 9 Bandung have high score and 12 active members Betops SMAN 9 Bandung have low score of self-regulated learning.

 

Abstrak. Keaktifan siswa dalam suatu ekstrakurikuler berpengaruh pada prestasi akademik. Terdapat sejumlah hasil penelitian yang mengatakan bahwa, kegiatan ekstrakurikuler yang banyak melibatkan aktivitas fisik akan menguras tenaga siswa yang kemudian membuat mereka letih, sehingga hal tersebut akan berpengaruh pada psikis mereka dan menghasilkan prestasi yang rendah. Namun fenomena yang peneliti temukan di Betops SMAN 9 Bandung, terdapat lebih dari setengah anggotanyaI mendapatkan ranking 10 besar di kelasnya masing-masing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran self-regulated learning pada siswa anggota ekstrakurikuler kabaret Betops SMAN 9 Bandung khusunya yang telah aktif selama lebih dari 2 semester yaitu kelas XI dan XII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian studi deskriptif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 26 orang siswa kelas XI dan XII anggota ekstrakurikuler kabaret Betops SMAN 9 Bandung. Pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner mengenai fase forethought, fase performance, dan fase self reflection sesuai dengan  teori dari B.J Zimmerman. Berdasarkan dari hasil pengambilan data ketiga fase self-regulated learning,  fase forethought mempunyai frekuensi terbanyak (65,3%) atau sejumlah 17 orang siswa memiliki nilai yang tinggi. Fase performance or volitional control merupakan fase yang mempunyai frekuensi sama banyaknya (50%) antara siswa yang memiliki nilai rendah (13 orang) dengan yang tinggi (13 orang).   Sedangkan  fase self reflection dengan persentase 42,3% merupakan fase rendah dengan frekuensi siswa terbanyak sejumlah 11 orang. Berdasarkan pengolahan data menggunakan perhitungan median terdapat 14 siswa anggota aktif Betops SMAN 9 Bandung dengan skor self-regulated learning tinggi dan 12 siswa anggota aktif Betops SMAN 9 Bandung dengan self-regulated learning rendah.


Keywords


Self-Regulated Learning, Active Students in Extracurricular, Achievement

References


Boekaerts, Monique, 2000. Handbook of Self-Regulation. San Diego: Academic Press.

Nusantara, Jevrie Randy Giovani. (2013). Pengaruh kegiatan ekstrakurikuler dan perilaku belajar terhadap prestasi akademik pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IS di SMAN 7 Semarang.Dalam jurnal penelitian pendidikan ekonomi Universitas Negeri Semarang tahun 2013.

Pintrich, Paul R., De Groot, E. (1990). Motivational and self-regulated learning component of classroom academic performance. Journal of Educational Psychology, 82, 33-40.

Zimmerman, Barry J. (1990). Self-regulated learning and academic achievement an overview. Journal Educational Psychologist. Vol. 25 (1), 3-17.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.6006

Flag Counter    Â