Pengaruh Pemberian Metode Jolly Phonics Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan yang Kesulitan Membaca pada Siswa Kelas 1 di SD Yayasan Padjajaran

Sarah Amanda Agung Ramadhan, Temi Damayanti Diamhoer

Abstract


Abstract. Education in Indonesia today has some new rules in regards to all schools have to accept whoever students that willing yo register to the school (SD elementary school). School also must accept students that have no ability or skill to read if they have entered age of 6/7 years old. For students at class 1 of elementary school, they are categorized as a first reader that means they expected to have ability to read small sentences avout 3-4 words appropriately.Reading learning that used by the teachers of clas 1 at SD yayasan padjajaran are divided by 2 groups of students that have ability to read and students that have no ability to read. Student who have no ability to read are given a book "membaca praktis" that teachers usually gives it to the kindergarten's students. But teachers feels that it is not quite effective because of many of their students still have lacks of reading ability even they already promoted to the next grade. The other matter is also makes some teachers need to read the exams questions to the students who have no ability to read which will takes some times.Jolly phonics method is a study method that involving visual, auditory and kinesletik of children and helping them to memorize and mastering all the have been got. In this jolly phonics method, method that give some stories with colored picturea in appropriate way.Hypothesis of the reaearch is if we give jolly phonics method then the reading ability of the students will be increased. This reaearch method is using 1 group pretes-posttest design by comparing the result of reading ability before being given by jolly method and with the result of reading ability after being given by jolly phonics method. Based on processing dara using eilcoxon statistical method in getting bu test result of asymp sig (tailed) ie. 0,005 given the result that id less than 5% which means that the null hypothesis is rejected.By using jolly method, there is significant influence on first reading ability for students in class 1 at SD Yayasan Padjajaran.

 

Abstrak. Pada survei nasional, menyatakan bahwa 5,9 % anak di Indonesia tidak/belum siap memasuki kelas 3 dan masih memiliki kemampuan membaca yang sangat rendah. (Berita Sore, 30 Juni 2014).  Anak harus dapat belajar membaca agar dapat membaca untuk belajar (Learner dalam Abdurrahman 2003:200).Pembelajaran membaca yang digunakan guru kelas I di sekolah SD Yayasan Padjajaran adalah siswa dibagi kedalam 2 kelompok siswa yang sudah bisa membaca dan siswa yang belum bisa membaca. Kemudian siswa yang belum bisa membaca diberikan buku “Membaca Praktis†yang biasanya diberikan untuk anak TK (Taman kanak-kanak). Namun hal tersebut dirasakan guru masih belum efektif karena masih banyaknya siswa yang naik ke kelas II masih belum bisa membaca. Hal lain juga dirasakan guru ketika ujian, soal siswa yang belum bisa membaca akan dibacakan satu per satu oleh gurunya dan memakan waktu yang cukup lama. Salah satu yang dapat menunjang keberhasil dalam proses belajar adalah metode. Untuk itu diperlukan alternatif metoda lain, salah satu metodenya adalah metode jolly phonic.Metode Jolly Phonic adalah metode belajar membaca dengan lebih menyenangkan atau dikatakan belajar sambil bermain. Metode Jolly Phonic melibatkan Visual, Auditory dan Kinestetik anak serta membantu anak-anak dalam mengingat dan menguasai apa yang mereka dapatkan. Di dalam pengajaran metode Jolly Phonic memberikan alur cerita dan memberikan beberapa gambar yang berwarna serta tindakan yang sesuai.Tujuan penelitian untuk memperoleh data empirik mengenai pengaruh pemberian metode Jolly Phonic terhadap kemampuan membaca permulaan pada siswa berkesulitan membaca di SD Yayasan Padjajaran. Bidang kajian dalam penelitian ini adalah Psikologi pendidikan. Subyeknya yakni 10 siswa kelas I yang belum bisa membaca. Metode penelitian menggunakan One Grup Pretest-Posttest Design dengan membandingkan hasil membaca sebelum diberikan metode Jolly Phonic dengan hasil membaca setelah diberikannya metode Jolly Phonic. Berdasarkan pengolahan data menggunakan metode statistik Wilcoxon, di dapatkan hasil uji Asymp Sig (Tailed) yakni 0,005 dan hasil tersebut lebih kecil dari 5% yang artinya hipotesis nol ditolak maka ada pengaruh pemberian metode jolly phonic pada kemampuan membaca permulaan siswa kelas I di SD Yayasan Padjajaran. meningkatkan. 


Keywords


studying, jolly phonics method, first reading.

References


Abdurrahman, Mulyono. (2003). Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar, Jakarta : PT. Rineka Cipta

Azizah, Eny. (2013). Peningkatan Hasil Belajar Membaca Permulaan Menggunakan Media Kartu Kata Pada Siswa Kelas 1 SDN Karangsemanding 01 Balung Jember Tahun Ajaran 2013/2014.http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/63902/Eny%20azizah.pdf?sequence=1

Berita sore, 30 Juni 2014. http://beritasore.com/2014/06/30/kemampuan-baca-anak-sd-di-indonesia-masih-rendah/

Bonnie, Dr. (2011). The Scientific Reaserch Evidence.http://jollylearning.co.uk/2011/04/04/synthetic-phonics-the-scientific-research-evidence/

Ekpo. (Tanpa Tahun). Jolly Phonics Strategy And The Esl Pupils Reading Development: A Preliminary Study. http://jolly2.s3.amazonaws.com/Research/Nigeria%20-%20University%20Uyo%20Research.pdf

Ling, Jonathan., & Catling, Jonathan. (2012). Psikologi kognitif, Alih Bahasa : Fajar, Noormalasari. Jakarta: Erlangga

Lloyd, Sue. (2007). The Phonic Handbook. England: Jolly Learning Ltd

Ogbemudia, Magdalene Alasa, Victor. (2014). Jolly Phonic Instructional Strategy: A Panacea To Reading Difficulty In Childhood Education. http://apexjournal.org/jerbs/archive/2014/Jan/fulltext/Ogbemudia%20and%20Alasa.pdf

Papalia, Olds, & Feldman.(2009). Human Development, Jakarta : PT. Salemba Humanika

Santrock, John. (2014). Educational Psychology, Jakarta : PT. Salemba Humanika

T, Aris.(2009). Teori Behavieristik. http://aristwn.staff.iainsalatiga.ac.id/wp-content/uploads/sites/3/2014/09/teori-belajar-behavioristik.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.5977

Flag Counter    Â