Pengaruh Trait Kepribadian Big Five Terhadap Persepsi pada Beban Kerja Kasir Toserba X di Bandung

Shabrina Shabrina, Yuli Aslamawati

Abstract


Abstract. Department store X is one of the biggest commerce company in Bandung. Since last year, one of the branch which located in east Bandung is getting complaint from the customer about the cashier. Based on the interview, cashier think the machine if often broken and affect to their job. Besides, cashier also complaining about their job, they think that their job is overload when its time to closed but the queue still long. This influenced by the perception of the workload. Based on Robbins theory, perception is affected by personality. In this case, cashier personality are variour, there's friendly, panic when get a complain from customer and some cashier who work diligently. This study is using causality methods. Respondent in this research are 27 cashier in department store X. Big five inventory measurement is used in this research as many as 40 items to measure big five personality, while the perception of workload measurement tools using a perceptual scale workload as much as 43 items. Statistical data processing using multiple regression, the result shows that the personality trait extraversion, neuroticism and conscientiousness are influence the cashier perception about the workload, while the personality trait openness and agreeableness not affect the cashier perception about the workload.


Abstrak. Toserba X merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan terbesar di kota Bandung. Salah satu cabang dari Toserba X berada di wilayah Bandung Timur. Selama kurang lebih satu tahun terakhir ini banyak mendapatkan keluhan dari konsumen mengenai pelayanan kasirnya. Berdasarkan hasil wawancara, kasir merasa mesin yang digunakan sering mengalami gangguan sehingga menghambat pekerjaan, kasir pun mengeluhkan bahwa pekerjaan terasa berat ketika Toserba sudah waktunya tutup dan antrian di meja kassa masih panjang. Hal ini dipengaruhi oleh persepsi beban kerja. Menurut teori Robbins bahwa persepsi dipengaruhi oleh kepribadian, dalam hal ini kepribadian beberapa kasir yang menunjukkan sikap ramah, memperlihatkan kepanikan ketika ada konsumen yang komplain, dan ada beberapa kasir yang bekerja dengan teliti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kausalitas. Subjek penelitian adalah seluruh karyawan kasir Toserba X Bandung sebanyak 27 orang. Alat ukur kepribadian big five menggunakan Big Five Inventory (BFI) sebanyak 40 item, sedangkan alat ukur persepsi beban kerja menggunakan skala persepsi beban kerja sebanyak 43 item. Pengolahan data menggunakan statistik multiple regression, diperoleh hasil bahwa pada trait kepribadian extraversion, neuroticism, dan conscientiousness terdapat pengaruh terhadap persepsi beban kerja kasir, sedangkan pada trait kepribadian openness dan agreeableness tidak terdapat pengaruh terhadap persepsi beban kerja kasir.


Keywords


Big Five Personality Trait, Perception Workload, Cashier

References


Aamodt, Michael. G. (1999). Applied Industrial Organization Psychology. Wadsworth, Belmont. Publishing Company.

Hudori, Tb. Nanang (2001). Hubungan Antara Persepsi Terhadap Beban Kerja Dengan Kepuasan Kerja Pada Perawat Ruang di RSU. Dt.II Serang. Skripsi Sarjana, Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung.

John, O. P., & Srivastava, S. (1999). The Big-Five trait taxonomy: History, measurement, and theoretical perspectives. In L. A. Pervin & O. P. John (Eds.), New York: Guilford Press.

Mc crae, R.R. & Costa, P.T (1999). A Five-Factor Theory of Personality. In LA Pervin & O.P.Jhon (eds) handbook of personality, New York: The Guildford Press.

Ramdhani, Neila. (2012). Jurnal Psikologi: Adaptasi Bahasa dan Budaya Inventori Big Five, 39(2), 189-207.

Robbins, Stephen. P. (2006). Perilaku Organisasi Edisi Kesepuluh. Jakarta, PT Indeks Kelompok Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.5956

Flag Counter    Â