STUDI DESKRIPTIF MENGENAI SUBJECTIVE WELL-BEING PADA GURU WANITA DI PAUD YAYASAN RANCAGE

Andri Kardhika Erwin, Endang Pudjiastuti

Abstract


Yayasan Rancage merupakan suatu yayasan independent yang bergerak dalam bidang pendidikan. Yayasan Rancage memiliki 6 buah sekolah PAUD dimana berpusat di Sumedang, dan 5 sekolah tersebar hingga kawasan Garut. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi guru PAUD di Yayasan Rancage dengan honor yang diterima jauh dibawah upah minimum regional (UMR) Kabupaten Sumedang, ditambah lagi mereka harus menghadapi kendala dalam hal akses menuju sekolah tempat mereka mengajar sehari-hari karena jauhnya jarak tempuh yang berada di pelosok daerah. Para guru wanita di PAUD Yayasan Rancage ini sering mendapatkan tawaran untuk mengajar disekolah milik yayasan lain dengan honor yang jauh lebih besar, namun mereka menolak dan tetap bertahan untuk terus mengajar di sekolah PAUD yang berada dibawah naungan Yayasan Rancage. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran subjective well-being pada guru wanita di PAUD Yayasan Rancage. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah dua puluh tiga orang guru PAUD wanita di Yayasan Pendidikan Rancage. Alat ukur subjective well-being dalam penelitian ini disusun oleh peneliti berdasarkan teori dari Ed Diener. Hasil penelitian menunjukan bahwa 21 orang (91%) guru wanita di PAUD Yayasan Rancage memiliki subjective well-being tinggi, dan 2 orang (9%) tergolong memiliki subjective well-being rendah. Para guru wanita di PAUD Yayasan Rancage sebagian besar merasakan kepuasan terhadap kehidupannya secara umum maupun pekerjaannya sebagai guru, merasakan banyaknya afek positif dan sedikitnya afek negatif.

Keywords


Subjective Well-Being, Guru Wanita, PAUD Yayasan Rancage



DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.529

Flag Counter    Â