Studi Deskriptif Mengenai Self Esteem pada Siswi Kelas I Korban School Bullying di SMAN I MGA Kabupaten Bandung

Neni Nur'aeni Solihah, Endang Pudjiastuti

Abstract


Abstract. One of the schools found on bullying action that SMAN 1 MGA Kabupaten Bandung. Some seniors SMAN 1 MGA Kabupaten Bandung make bullying action to juniors, the consequence is junior who are being bullied are feeling anxious and uncomfortable when they are in the school, so they are want to stop going to school. Bullying actions of the senior affecting the self-esteem of the student victims of bullying. According to Coopersmith (1967: 4-5) self esteem is a personal judgement of worthiness that is expressed in the attitudes the individual holds towards himself. The purpose of this research is to be able to obtain empirical data on the Self Esteem School Students Grades 1 Victims of Bullying in SMAN 1 MGA Kabupaten Bandung. The method used in this research is descriptive study method. Subjects were grade 1 student bullying victims totaling 13 people. Data were collected using a measuring instrument based on the self esteem theory from Coopersmith. The results of retrieval and processing of data obtained four aspects of self esteem. aspect of Power, Significance, and competence for all respondents have a low yield. As for the aspects of Virtue as many as 6 people (46.2%) had high yield and 7 (53.8%) had a low yield. In keseleruhan entire grade 1 student victims of bullying at SMAN 1 MGA Bandung Regency has a low self esteem. 

 

Abstrak. Salah satu sekolah yang terdapat aksi bullying yaitu SMAN 1 MGA Kabupaten Bandung. Beberapa senior SMAN 1 MGA Kabupaten Bandung melakukan aksi bullying kepada siswi kelas 1, akibatnya para siswi kelas 1 yang menjadi korban bullying tersebut merasa cemas dan tidak nyaman berada di sekolah, sehingga mereka ingin berhenti dari sekolah tersebut. Aksi bullying dari para senior mempengaruhi self esteem para siswi korban bullying. Menurut Coopersmith (1967: 4-5),self esteem adalah bagaimana penilaian dan evaluasi individu terhadap dirinya yang semua tercermin pada  sikap menerima atau menolak dan indikasi besarnya kepercayaan individu terhadap kemampuan, keberartian, kesuksesan dan keberhargaan dirinya sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat memperoleh data empirik mengenai mengenai  Self Esteem Siswi Kelas 1 Korban School Bullying  di SMAN 1 MGA Kabupaten Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi deksriptif. Subjek penelitian adalah siswi kelas 1 korban bullying yang berjumlah 13 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan alat ukur self esteem berdasarkan teori Coopersmith. Dari hasil pengambilan dan pengolahan data diperoleh 4 aspek self esteem. Dari aspek Power, Significance,  dan competence untuk seluruh responden memiliki hasil yang rendah. Sedangkan untuk aspek Virtue  sebanyak 6 orang (46,2%) memiliki hasil tinggi dan 7 orang (53,8%) memiliki hasil rendah. Secara keseleruhan seluruh siswi kelas 1 korban bullying di SMAN 1 MGA Kabupaten Bandung memiliki self esteem yang rendah.


Keywords


Self Esteem, Bullying, Aspects of Self Esteem

References


Arikunto, Suharsimi. 2000. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta. Barton, Elizabeth A,. 2004. Bullying Preventive Tips and Stategies for School Leaders and Classroom Teachers. California: A SAGE Publications Company.

Burns, R. B. 1979. The Self Concept, Theory, Measurement, Development, and Behavior. New York: Longman Inc.

Coopersmith, Stanley. 1967. The Atencendents of Self Esteem. University of California San Fransisco: Davis N. H. Freeman & Company.

Coloroso, Barbara. 2007. Stop Bullying Memutus Rantai Kekerasan Anak Dari Prasekolah Hingga SMU. Jakarta: PT Serimbi Ilmu Semesta.

Echols, John M. & Hassan Shadily. 2000. Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Noor, H. (2009). Psikometri. Bandung : Jauhar mandiri

Meilysa, Yuyun. 2009. Hubungan Self Esteem dengan Prestasi Belajar Pada Remaja Keluarga Bercerai di SMP Nasional Bandung. Skripsi: Universitas Islam Bandung.

Robert M. Kaplan & Dennis P. Saccuzzo. 1993. Phsycological Testing principles, Application, and Issues. California: Brooks/Cole Publishing Company, Pacific Grove.

Rohmah D. , Dini. 2007. Hubungan Antara Self Esteem dengan Orientasi Masa Depan Area Pekerjaan Pada MahasiswaPsikologi Angkatan 2002 Universitas Islam Bandung. Skripsi: Universitas Islam Bandung.

Syahbanu, Novia. 2008. Hubungan Antara Persepsi Terhadap Peran Teman Sebaya dengan Self Esteem Remaja di Panti Asuhan Putri Muhammadiyah Bandung. Sripsi: Universitas Islam Bandung.

Sejiwa (Yayasan Seamai Jiwa Amini). 2008. Bullying Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak. Jakarta: PT Grasindo




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.4454

Flag Counter    Â